Visi Misi

Visi Misi Direktorat Pengelolaan Kas Negara

1. VISI


Visi Direktorat Pengelolaan Kas Negara disusun untuk memberi arah yang akan ditempuh dan dapat mengartikulasikan sosok organisasi secara utuh mencakup seluruh fungsi treasury yang ada dan dapat diterjemahkan dan dipahami oleh seluruh elemen dengan mudah sekaligus menginspirasisehingga mampu direalisasikan dengan baik menuju peningkatan kualitas pelayanan publik dan good governance

Visi Direktorat Pengelolaan Kas Negara yaitu :

“Menjadi pengelola kas negara yang profesional, modern dan akuntabel”


2. MISI


Untuk mewujudkan visinya, Direktorat Pengelolaan Kas Negara menjalankan misi yang sejalan dengan tugas dan fungsi yang meliputi: 

1. Mewujudkan sistem penerimaan dan pengeluaran negara yang andal dan pruden

Sebagai fund manager pemerintah melalui perencanaan kas, penempatan dan minimalisasi cost of fund sehingga pemanfaatan kas dapat lebih optimal dan menguntungkan keuangan negara. Ke depan, penerapan all-electronic treasury secara penuh dan terintegrasi akan menjadi prioritas. Penatausahaan penerimaan negara diselenggarakan melalui sistem yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan kewajiban penyetoran penerimaan negara. Sistem tersebut juga harus mampu mewujudkan terciptanya akuntabilitas penerimaan negara dan mendukung terselenggaranya pengelolaan kas yang optimal. Serta mewujudkan sistem pengeluaran negara yang mampu menyalurkan dana APBN secara cepat, tepat, akurat dan akuntabel sehingga dapat mendorong penyerapan anggaran yang optimal.

2. Mewujudkan pengelolaan kas yang profesional, optimal dan akurat

Optimalisasi idle cash yang dapat menghasilkan tingkat penerimaan negara yang optimal, penatausahaan penerimaan negara yang efektif dan akuntabel, serta sentralisasi kas melalui penerapan Treasury Single Account (TSA) dan Treasury Notional Pooling (TNP), sehingga dapat menyajikan informasi posisi kas negara secara akurat dan tepat waktu.

3. Mewujudkan manajemen penyediaan dana yang memadai dan tepat waktu 

Penguatan dan fokus pada pengelolaan kas (Cash Management) yang optimal dilakukan melalui perencanaan kas yang efektif sehingga dapat menghindarkan terjadinya cash mismatch, dapat menjamin ketersediaan kas secara akurat dan tepat waktu

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Direktorat Pengelolaan Kas Negara
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 2 dan 3 - Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-3449230

IKUTI KAMI

Search