Berita

Seputar Kanwil DJPb

Stakeholder’s Day : “Semangat Melayani di Masa Pandemi”

Sebagaimana kita ketahui dan rasakan bersama bahwa hingga saat ini, Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Namun, hal tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk kita semua pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan bersama-sama mengawal APBN sebagai bentuk pelayanan kita kepada masyarakat. Untuk itu, pada acara yang berlangsung selama 2 hari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung menyelenggarakan Stakeholder’s Day dengan metode hybrid (secara luring dan daring) pada hari Selasa dan Rabu tanggal 15 – 16 September 2021 dengan mengangkat tema “Semangat Melayani Dimasa Pandemi”.

Para tamu undangan yang hadir secara langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat merupakan satuan kerja mitra Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung yang berlokasi masih di sekitar Pulau Bangka. Sedangkan, peserta lainnya yang hadir secara daring merupakan satuan kerja mitra Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung yang berlokasi di Pulau Belitung. Para tamu undangan yang hadir secara langsung dibatasi jumlahnya dengan tujuan tidak memicu kerumunan, tamu undangan yang hadir secara langsung menempati tempat duduk dengan jarak yang cukup sehingga tidak berdempetan dan sebelum memasuki ruangan acara, para tamu di cek terlebih dahulu suhu badannya dan diminta untuk mencuci tangan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung,  Fahma Sari Fatma. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung harus terus bersinergi dan berkolaborasi untuk sama-sama membangun Indonesia. Ada pepatah mengatakan, “di situ bumi di pijak maka disitu langit dijunjung”, karena kita di berada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini maka kita diamanahkan untuk ikut serta berperan membangun bumi serumpun sebalai ini menjadi provinsi yang lebih maju dan lebih baik. Pandemi ini memang belum berakhir namun sudah banyak daerah yang kurva penularannya sudah menurun. Pandemi ini telah mengajarkan kepada kami di Kementerian Keuangan bahwa dengan segala keterbatasan yang ada, kami harus tetap bekerja lebih optimal karena di masa pandemi seperti ini APBN harus bekerja lebih keras supaya roda perekenomian yang mungkin mengalami penurunan namun tidak terjun bebas. Pandemi juga mengajarkan kita untuk beradaptasi dengan cara-cara kerja baru yang tadinya dilakukan secara offline namun harus beralih menjadi online atau menggunakan media perantara elektronik. Kendala mungkin selalu ada namun mari kita upayakan untuk dapat melalui kendala tersebut sehingga tugas dan tanggung jawab kita tetap dapat kita tunaikan dengan baik.

Dalam sambutannya, Fahma Sari Fatma juga menjelaskan hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada layanan Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung tahun 2021 ini yang mendapatkan nilai indeks 4,78 dari target yang diberikan kantor pusat sebesar 4,60. Besarnya hasil survey tersebut, telah memberikan semangat kepada kami di Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung untuk membuktikan bahwa nilai tersebut bukan hanya sekedar angka, bahwa kami memang layak mendapatkan nilai tersebut dan senantiasa berupaya untuk memperbaiki layanan kami dan memberikan yang terbaik kepada para stakeholder.

Pada kegiatan Stakeholder’s Day kali ini, acara inti diisi dengan pemaparan pertama terkait Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung yang disampaikan oleh Kepala Bidang Supervisi KPPN dan Kepatuhan Internal, Frida Zuliaty dan pemaparan kedua terkait Overview Layanan Unggulan Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran, Ingelia Puspita dan Kepala Seksi Pembina Pelaksanaan Anggaran I A, Suryani.

Pada paparan materi yang pertama, Frida Zuliaty memperkenalkan beberapa inovasi unggulan Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung, yaitu KOVIAH (Konsultansi Via WA Ajah), NAMBANG TIMAH (Menambah Ilmu Anggaran Secara Virtual Dari Rumah), dan WARUNG AOK (Wahana Mengarungi Akuntansi OK). Dengan adanya berbagai inovasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan layanan para stakeholder tehadap layanan Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung.

Salah satu tamu undangan, Ayu Sukmadewi, dari Lapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang menyampaikan bahwa, “inovasi Kanwil DJPb Bangka Belitung sangat dirasakan manfaatnya, terutama untuk inovasi Warung AOK yang pernah saya gunakan saat sebelum pandemi. Saya sangat terbantu oleh petugas layanan dalam memberikan pemahaman dan solusi terkait permasalahan seputar laporan keuangan dan pertanggungjawaban APBN yang waktu itu saya alami. Selain petugas yang ramah, tempat dan desain WARUNG AOK juga sangat nyaman.”

Dalam kesempatan acara Stakeholder’s Day kali ini, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran, Ingelia Puspita juga memperkenalkan Duta Revisi Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung, Deicha Afifa Chairunnisa kepada para tamu undangan. Dengan adanya Duta Revisi ini tidak hanya menjadi icon layanan Kanwil namun juga dapat meningkatkan layanan prima kepada para stakeholder terkait konsultansi permasalahan revisi anggaran.

Dalam rangka menggelorakan visi dan misi Direktorat Jenderal Perbendaharaan, para tamu undangan juga diajak untuk bersama-sama menyerukkan jargon Direktorat Jenderal Perbendaharaan, yaitu DJPb : HANDAL! yang mempunyai arti harmonis, amanah, digital, akuntabel, dan loyal yang dipimpin oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung secara langsung.

Setelah pemaparan beberapa materi, untuk membangkitkan semangat dan antusiasme para tamu undangan diajak untuk mengerjakan sebuah kuis. Salah satu tamu undangan yang berasal dari Kanwil Kementerian Agama Prov. Kep. Bangka Belitung, Firman Wahyudi mengaku senang dan antusias dengan diadakannya acara tersebut. “Sudah lama sekali semenjak pandemi tidak pernah ada kegiatan seru dan menyenangkan seperti ini, saya senang dapat hadir di acara ini secara langsung yang tentunya tetap menerapkan protocol kesehatan dengan ketat. Saya mewakili segenap jajaran satuan kerja di bawah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kep. Bangka Belitung yang berjumlah lebih dari 30 satuan kerja merasa sangat puas terhadap layanan yang diberikan Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung terutama terkait dengan layanan pengajuan revisi DIPA anggaran. Petugas pemberi layanan sangat sigap dan ramah dalam memberikan konsultansi dari setiap permasalahan yang yang kami alami dan layanan revisi anggaran yang kami terima selama ini juga sesuai dengan norma waktu yang ditetapkan, yaitu tidak pernah lebih dari 1 hari kerja.”

Dalam rangkaian kegiatan Stakeholder’s Day kali ini, Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung juga memohon dukungan sebesar-besarnya kepada seluruh satuan kerja untuk turut serta menyukseskan penilaian zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) yang sedang dilaksanakan oleh Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung di tingkat nasional. Semoga layanan terbaik yang sudah diberikan Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung kepada stakeholder dapat dibuktikan dengan predikat WBK yang diberikan oleh Kemenpan RB tahun 2021 ini.

Comments powered by CComment

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung
Jl. Sungai Selan No. 91, Kota Pangkalpinang
Call Center: 0812-7345-2957
Tel: (0717) 433405 Fax: (0717) 435802

IKUTI KAMI

Search