Berita

Seputar Kanwil DJPb

Focus Group Discussion “Earmark Penanggulangan Covid-19, Belanja Daerah, dan DAK Fisik dan Dana Desa (DFDD)”

Pangkalpinang, 05 Oktober 2021. Dalam rangka akselerasi belanja pemerintah daerah dan monitoring evaluasi dana transfer di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung mengadakan Focus Group Discussion dengan tema “Earmark Penanggulangan Covid-19, Belanja Daerah, dan DAK Fisik dan Dana Desa (DFDD)”. Focus Group Discussion interaktif ini dihadiri oleh Badan Keuangan Daerah serta Dinas yang menangani Dana Desa dari delapan Pemerintah Daerah. Bertindak sebagai narasumber yaitu Kepala Bidang Pelaksanaan Anggaran II (PPA II) Bapak Andi Permadi dan Ibu Sri Hidayah Iman.

Tujuan dari penyelenggaraan Focus Group Discussion untuk menginventarisir kendala dan permasalahan serta mempercepat penyaluran anggaran Tahun 2021 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kepala Bidang PPA II, Andi Permadi mengapresiasi sinergi yang terjalin antara Badan Keuangan Daerah, Aparat Pengendalian Internal Pemerintah, OPD Pengelola DAK Fisik, DPMD dan KPPN dalam penyaluran hingga triwulan III. Hingga triwulan III 2021, realisasi Earmark Penanggulangan Covid-19 mencapai 28M atau 27%. Sementara Realisasi TKDD Mencapi 4,798T atau mencapai 71%. Realisasi DAK Fisik mencapai 307,6M atau 38% sementara Dana Desa telah mencapai 265,7M atau 79%. Seluruh kabupaten telah melakukan penyaluran Non Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga bulan September 2021 dan BLT senilai Rp 84,36M atau 26% dari pagu.

Kepala Bidang PPA II, Andi Permadi, menyampaikan bahwa monitoring dan evaluasi harus terus dilakukan agar penyaluran TKDD dapat mencapai target realisasi. Pak Andi menghimbau agar pemerintah daerah apabila menemui kendala dalam penyaluran TKDD dapat segera menyampaikan kepada KPPN  atau Kanwil agar dapat dicari bersama solusinya. Beliau juga menghimbau agar pengajuan dokumen persyaratan DAK Fisik dan Dana Desa dari jauh-jauh hari untuk menghindari kesalahan teknis pada aplikasi karena padatnya permintaan.

Paparan dilanjutkan diskusi interaktif yang dipandu oleh Ibu Sri Hidayah Iman. Tidak lama setelah diskusi dimulai, Pak Hardadi menanggapi terkait dengan penyaluran BLT Dana Desa. Beliau mengatakan bahwa  kedepannya sesuai dengan peraturan, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bangka Belitung  akan melakukan koordinasi lebih lanjut ke kabupaten/kota.  Tanggapan selanjutnya disampaikan oleh Bu Made dari KPPN Tanjung Pandan yang menambahkan bahwa Belitung dan Belitung Timur telah melakukan realisasi data Earmark 8% dan sudah melakukan proses input laporan realisasi. Selain itu ada 7 desa yang sudah hampir selesai dalam penyaluran Dana Desa. Penyaluran Dana Desa dapat selesai dengan cepat berkat koordinasi dan adanya media komunikasi antar DPMD, BPPRD, BPKPD dan KPPN.

Terdapat beberapa permasalahan dalam menangani Earmark Penanggulangan Covid-19. Belanja Daerah dan DFDD adalah kesalahan perencanaan penganggaran sehingga perlu menunggu APBD Perubahan, sebagian OPD masih dalam pengadaan barang dan jasa,  kegiatan ada yang diampu kegiatan lain, adanya refocusing sehingga kegiatan tidak dapat di lakukan, dan ada kegiatan yang belum memiliki payung hukum.

Pada akhir sesi diskusi, Bu Sri Hidayah menyimpulkan bahwa potensi permasalahan yang akan dihadapi di sisa TA 2021 perlu dipetakan dan dimitigasi. Kemudian penyaluran dana tidak lepas dari sinergi dan komunikasi. Untuk memperlancar komunikasi maka diperlukan wadah komunikasi dan apabila ada kendala diharapkan untuk segera disampaikan agar dapat dicari solusinya bersama. Apabila diperlukan maka dapat dilakukan benchmarking agar penyaluran dapat terlaksana dengan optimal.

Comments powered by CComment

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung
Jl. Sungai Selan No. 91, Kota Pangkalpinang
Call Center: 0812-7345-2957
Tel: (0717) 433405 Fax: (0717) 435802

IKUTI KAMI

Search