Jalan Sungai Selan No.91 Pangkalpinang - Kode Pos : 33135

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Bersama Gubernur Provinsi Bangka Belitung Meresmikan Fresh Office Dan Pojok Umkm

Kamis, 21 April 2022, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut meresmikan konsep ruang layanan baru di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung. Konsep front office baru ini memiliki konsep fresh office dengan standar kesetaraan antara yg melayani dengan yang dilayani. Terdapat juga beberapa titik ruangan dengan fungsi yang spesifik, misalnya Ruang Kolaborasi Kemenkeu Satu.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Edih Mulyadi menjelaskan dalam sambutannya, “Ruang Kolaborasi Kemenkeu Satu ini nantinya berfungsi bagi kami jajaran Kementerian Keuangan untuk berkolaborasi melaksanakan tugas fungsi kami. Selain itu, ada yg berbeda dari layout ruang layanan baru kami yaitu ada pojok UMKM, yang kami dedikasikan untuk mendukung pemberdayaan UMKM di daerah. Harapannya kami dapat turut mempromosikan produk-produk UMKM, informasi pembiayaan dan lain-lain terkait pemberayaan UMKM kepada mitra kerja kami.”

Dalam acara ini hadir pula Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi dan Kota Pangkalpinang, Para pimpinan cabang perbankan penyalur KUR, Pimpinan Cabang Pegadaian dan PT. PNM sebagai penyalur Umi, Para Pejabat Administrator lingkup Kementerian Keuangan di Prov. Kep. Bangka Belitung dan Para Kuasa Pengguna Anggaran Kementerian/Lembaga lainnya.

“Menteri Keuangan  menginstruksikan  seluruh unit Kemenkeu untuk ikut melakukan pemberdayaan terhadap UMKM, untuk itu kami siap bekerja sama dengan semua pihak seperti pemda, BUMN, BI dan NGO mendukung UMKM untuk maju dan naik kelas.” kata Edih Mulyadi.

“Masing-masing unit eselon I di Kementerian Keuangan juga sudah memberikan dukungan berupa fasilitas atau kemudahan bagi UMKM, sesuai dengan tugasnya. Misalnya, DJP melalui fasilitas kemudahan pajak, DJKN melalui kegiatan lelang produk UMKM, DJBC melalui fasilitasi ekspor produk UMKM ke luar negeri dan DJPb melalui fasilitasi pembiayaan UMKM berupa penyaluran Pembiayaan UMi dan supporting penyaluran KUR.” jelas Edih lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bapak Erzaldi Rosman menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung atas inisiasinya untuk membina UMKM.

“Saya mengucapkan terima kasih atas inisiasi ini kepada DJPb yang sangat bagus untuk membina UMKM ini. DJPb juga memberi semangat kepada saya karena langsung datang kepada saya untuk minta ikut terjun membina UMKM. Sangat jarang ada instansi pengelola anggaran yang mau terjun membina langsung UMKM bahkan bank saja jarang ada yang mau. Karena memang membina UMKM ini butuh hati. Kita tidak bisa membiarkan mereka bergerak sendiri.” Jelas Erzaldi dalam sambutannya.

“Banyak pelaku UMKM yang terjerat pinjaman dengan bunga yang tinggi dari pinjaman koperasi-koperasi pasar. Padahal, banyak skema-skema pembiayaan yang diatur Kementerian Keuangan sehingga sudah menjadi peran kita untuk mendampingi UMKM agar mengetahui informasi tersebut.” tambah Erzaldi.

Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung mengajak seluruh peserta mendukung produk lokal dengan terus membelinya. Karena mengabaikan pembelian produk lokal sama dengan mendukung pengangguran semakin tinggi. Di Kepulauan Bangka Belitung sendiri ada 180 ribu UMKM. Secara rinci menurut data tahun 2021, ada 177.198 usaha Mikro, 2.900 usaha Kecil, dan 86 usaha Menengah di Kepulauan Bangka Belitung. Sehingga, ada sekitar 14.500 tenaga kerja di usaha Kecil dan 1.720 tenaga kerja di usaha Menengah. Jika ditotal, sektor UMKM minimal menyerap 193.418 tenaga kerja di Kepulauan Bangka Belitung. Kalau setiap tenaga kerja menafkahi satu istri dan dua anak, maka minimal ada 773.672 atau 53% penduduk Babel yang hidup dari sektor UMKM.

Pada akhir sambutannya, Erzaldi juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kemenkeu yang lain dan harapannya ke depan,

“Kami juga berterima kasih terhadap pihak Ditjen Bea Cukai yang sudah memberikan pelatihan ekspor kepada para UMKM di Bangka Belitung. Ekspor dapat memperluas jangkauan pasar UMKM sampai tingkat global. Semoga sinergi yang baik ini selalu terjalin agar dapat dirasakan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pembangunan dan ekonomi Bangka Belitung.”

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai simbolis peresmian ruang layanan baru Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung dengan konsep fresh office  dan room tour pengenalan pojok UMKM serta Dialog UMKM antara Gubernur, Kepala Kanwil DJPb Bangka Belitung, para penyalur KUR/Umi dan stakeholder terkait lainnya.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung
Jl. Sungai Selan No. 91, Kota Pangkalpinang
Call Center: 0812-7345-2957
Tel: (0717) 433405 Fax: (0717) 435802

IKUTI KAMI

Search