Berita

Seputar Kanwil DJPb

EVALUASI & BIMTEK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TINGKAT UAPPA-W TAHUN 2021  SERTA PEMBERIAN APRESIASI ATAS LAPORAN KEUANGAN TINGKAT UAPPA-W TAHUN 2020  PADA KANWIL DJPB PROVINSI JAWA BARAT

 

 Dalam rangka memberikan pemahaman, pengetahuan, dan update informasi dalam penyusunan laporan keuangan kepada petugas akuntansi dan pelaporan keuangan pada tingkat UAPPA-W sehingga diharapkan penyajian Laporan Keuangan tahun 2021dapat lebih baik dan berkualitas, pada hari Kamis tanggal 2 September 2021, Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Evaluasi & Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Tahun 2021  serta Pemberian Apresiasi Atas Laporan Keuangan Tingkat   UAPPA-W Tahun 2020. Kegiatan ini diselenggarakan masih dalam keadaan Pandemi COVID-19, meskipun sudah ada penurunan level PPKM dalam menghadapi akibat pandemi COVID-19 di kota Bandung dari level 4 ke level 3. Dengan pertimbangan tersebut maka kegiatan bimtek dan pemberian apresiasi ini dilakukan secara hibrid (gabungan offline dan online). Kendati dilakukan secara hibrid diharapkan secara kualitas, substansi, dan tujuan yang ingin diraih sepenuhnya dapat tercapai sehingga kita semua dapat terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas laporan keuangan yang transparan dan akuntabel. Adapun kegiatan Pemberian Apresiasi atas Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Tahun 2020 dilakukan secara offline agar penyerahan apresiasi dapat dilakukan secara langsung dan bersama-sama kepada para Kepala Satuan Kerja selaku Penanggung Jawab UAPPA-W, sehingga lebih terasa momennya. Meskipun demikian kita semua diharapkan tetap disiplin, tidak kendor dan saling menjaga dan mengingatkan dalam menerapkan protokol kesehatan tidak hanya dalam kegiatan ini tetapi juga aktivitas kerja dan pelayanan lainnya sehingga kita semua terhindar dari penularan COVID-19. 

Acara dimulai dengan sambutan ketua penyelenggara Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Bapak Abdul Rahman yang mengatakan bahwa pelaksanaan bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penyusunan LKKL tingkat UAPPAW tahun 2021 di Provinsi Jawa Barat, dengan mengambil tema ”Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan Untuk Pertanggungjawaban APBN 2021 yang Transparan dan Akuntabel ”. Bimtek ini  diikuti oleh para pejabat/petugas pada 70 UAPPAW yang mengkoordinir/mengkompilasi  akuntasi dan pelaporan dari 1168 satker/UAKPA di  48 Kementerian Negara/Lembaga yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat.  Dilanjutkan keynote speech sekaligus membuka acara Bapak Dedi Sopandi selaku Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, beliau mengatakan walaupun laporan keuangan tahun 2020 disusun dalam kondisi pandemi COVID-19, atas strategi dan kebijakan luar biasa penanganan pandemi COVID-19 dan penyelamatan perekonomian dari dampak pandemi COVID-19, proses bisnis pencatatan dan penyajian laporan keuangan transaksi selama tahun 2020 tidak diperlakukan khusus sebagai pencatatan dan penyajian luar biasa, demikian juga untuk proses audit oleh BPK. Secara garis besar berdasarkan hasil telaah atas laporan keuangan Tingkat UAPPA-W tahun 2020 masih terdapat hal-hal yang menjadi evaluasi/catatan yang perlu mendapat perhatian bersama yaitu terkait Data Laporan dan Penyusunan Laporan Keuangan. Perlu adanya Langkah-Langkah perbaikan terhadap masalah di atas, dan peningkatan atas kualitas Laporan Keuangan. Namun terlepas dari  catatan atau permasalahan yang ada dalam penyajian dan pengungkapan Laporan Keuangan tahun 2020, bapak Dedi Sopandi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Kepala satuan Kerja Selaku Penanggung Jawab UAPPA-W yang telah menyelesaikan Laporan Keuangannya secara tepat waktu dan cukup berkualitas, karena seperti diketahui bahwa Laporan Keuangan UAPPA-W sebagai bagian dari Laporan Keuangan Tingkat Kementerian Negara/Lembaga dimana LKKL tahun 2020 telah memperoleh opini WTP dari BPK. 

Pada acara tersebut, Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi/penghargaan kepada UAPPA-W yang telah melaksanakan laporan keuangan terbaik di tahun 2020. Pada kesempatan ini juga dipilih UAPPA-W dalam beberapa kategori yang nilainya masuk 3 (tiga) besar terbaik dalam penyusunan Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W tahun 2020 untuk mendapatkan apresiasi/penghargaan.  Apresiasi ini  dibagi atas 5 kategori, yaitu

  1. UAPPA-W dengan jumlah satker sampai dengan 5 UAKPA
  2. UAPPA-W dengan jumlah satker 6 sampai dengan 10 UAKPA
  3. UAPPA-W dengan jumlah satker 11 sampai dengan 20 UAKPA
  4. UAPPA-W dengan jumlah satker 21 sampai dengan 30 UAKPA
  5. UAPPA-W dengan jumlah satker 31 UAKPAatau lebih

Termasuk pula diberikan apresiasi/penghargaan kepada UAPPA-W terbaik yang telah melakukan rekonsiliasi laporan keuangan semester I tahun 2021 secara akurat dan tepat waktu. Untuk pemberian Apresiasi Pelaksanaan Rekonsiliasi semester I tahun 2021, tidak semua kategori ada pemenangannya, hal ini disebabkan tidak terpenuhinya keriteria pemberian apresiasi yakni ADK Laporan Keuangan   yang di UPLOAD ke Aplikasi EREKON&LK hanya satu kali sampai terbitnya Berita Acara Rekonsiliasi. (BAR) atau BAR siap DownLoad, yaitu berisi data yang akurat dan dilakukan secara tepat waktu. 

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan bimtek ini tim dari bidang PAPK yaitu Wayekto Kepala Seksi PSAPP, Tika Danti staf bidang PAPK dan moderator Achmad Tausan Purnomo Kepala Seksi ASPLK. Adapun materi yang dipaparkan Pengantar Penyusunan Laporan Keuangan dan Evaluasi Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Uappa-W Lingkup Kanwil Djpb Jawa Barat Tahun 2020 Dan Semester I Tahun 2021.

Dengan diadakannya bimtek ini merupakan salah satu upaya dari Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat untuk mengomunikasikan terkait penyusunan Laporan Keuangan agar implementasinya di tingkat satker dan UAPPA-W dapat berjalan dengan baik. Pemberian apresiasi ini sebagai penyemangat bagi UAPPAW dalam mengkoordinasikan satker-satker di wilayahnya dan diharapkan para pengelola dan penyusun laporan keuangan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia, menjaring dan menyelesaikan permasalahan yang ditemukan pada Laporan Keuangan 2020 dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan tahun 2021. Acara berlangsung dengan hangat terlihat dari antusias para peserta memberikan berbagai pertanyaan serta diskusi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search