SAFIK

SAFIK

Sistem Informasi DAK Fisik

 

SAFIK adalah Inovasi yang digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap penyaluran DAK Fisik. Inovasi ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk tugas dan fungsi Bidang PPA II Kanwil DJPb Provinsi Jambi sebagai Pembina KPPN sebagai penyalur DAK Fisik. Inovasi ini membantu pemantauan penyaluran DAK Fisik sehingga dapat dengan cepat dan mudah mengetahui sejauh mana perkembangan penyaluran DAK Fisik oleh KPPN tanpa perlu harus bolak-balik memeriksa di OM SPAN.

Inovasi ini tergabung dalam kategori tata kelola pemerintahan karena mendukung dan mempermudah proses monitoring serta proses identifikasi masalah yang terjadi pada penyaluran DAK Fisik. Selain itu aplikasi ini juga mampu mendeteksi bagaimana Pemda yang terlambat menyalurkan ataupun terjadi kejanggalan pada proses perekaman data kontrak ataupun data SP2D BUD pada Aplikasi OM SPAN. Aplikasi ini juga dapat secara langsung memantau berapa banyak data SP2D BUD yang belum diinput oleh Pemda ataupun yang masih dalam proses pemeriksaan oleh APIP sehingga membantu pelaksanaan proses monitoring pada level kanwil dan membantu KPPN memberikan respon yang tepat agar penyaluran DAK Fisik semakin cepat dan efektif.

Penerapan Aplikasi ini dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun seterusnya namun dapat terjadi penyesuaian sesuai perkembangan kebutuhan organisasi dan dataset yang tersedia.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search