Berita

Seputar Kanwil DJPb

UMi Sebagai Salah Satu Solusi Pemulihan Ekonomi Nasional

Ternate – Untuk memulihkan dampak Pandemi COVID-19, Pemerintah sudah mengeluarkan program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional). Salah satu program dari PEN ialah melalui pembiayaan UMi (Ultra Mikro) yang ditujukan untuk memperkuat UMKM di Indonesia pada umumnya dan Maluku Utara khususnya. Agar informasi tentang UMi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) selaku coordinated fund pembiayaan UMi bersama dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Maluku Utara mengadakan acara Monev Penyaluran dan Sosialisasi Program Pembiayaan UMi di Ternate pada tanggal 5 Agustus 2020.

Acara ini mengundang Dr. Achmad Hatari, SE.,M.Si (Wakil Ketua Komisi XI DPR RI), Direktur Utama PIP, Perwakilan PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai Lembaga Penyalur UMi di Maluku Utara, perwakilan instansi vertikal Kemenkeu, perwakilan mahasiswa serta perwakilan UMKM di Ternate. Acara ini diselenggarakan setelah mendapat rekomendasi dari Gugus Tugas COVID-19 Maluku Utara dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 yang cukup ketat.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Maluku Utara menyampaikan perkembangan penyaluran UMi di Maluku Utara dan mengusulkan adanya program bagi mahasiswa untuk berlatih berwirausaha sejak dini. Acara ini memperlihatkan peran Kanwil sebagai instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk UMKM dengan penuh integritas sejalan dengan program Kanwil untuk mewujudkan Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi)-WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Achmad Hatari melalui media daring zoom menyatakan bahwa kendala yang dihadapi ialah masih terbatasnya UMKM mendapatkan informasi terkait UMi di Maluku Utara yang secara geografis merupakan daerah kepulauan. Beliau juga menyarankan PIP untuk meningkatkan jumlah debitur UMi bekerjasama dengan Lembaga Penyalur. Menanggapi hal tersebut, Ririn Kadariyah selaku Dirut PIP menyampaikan bahwa PIP akan memperhatikan penyaluran UMi di Maluku Utara termasuk upayanya untuk meningkatkan jumlah debitur.

Dalam acara tersebut juga diserahkan penyaluran UMI secara simbolis kepada UMKM yang disalurkan melalui PT pegadaian dan PT PNM. Sedangkan untuk meningkatkan pendapatan UMKM di masa New Normal, Gregoria Mandias selaku konsultan analisis pembiayaan menyarankan untuk meningkatkan pemasaran melalui media social internet dan membuat packing product yang menarik konsumen.

Sedangkan Perwakilan PT Pegadaian dan PT PNM mengemukakan bahwa akan selalu mendukung program pembiayaan UMi ini dan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Sebagai penutup  Pihak PIP menyarankan untuk melibatkan peran mahasiswa dalam membantu memasarkan produk UMKM karena masih banyak UMKM yang belum familiar menggunakan media sosial internet dan pemasaran melalui toko online

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara  Kementerian Keuangan RI
Jalan Jati Lurus Nomor 254 Ternate  97716
Tel: 0921-3111178 Fax: 0921-3111179

IKUTI KAMI

Search