KOMPAKAN Kedelapan

 

 

 

 

 

Kupang [15/06/2020]
Di hari Senin pagi, AKSI SASANDO (Aktifitas Motivasi Saling Sapa dan Do'a) kembali dilaksanakan dengan Bidang PPA I sebagai UIC. Ini merupakan AKSI SASANDO pertama yang diikuti oleh pegawai yang sedang melaksanakan Working From Homebase (WFHb) selain yang WFH dan WFO.
Fransiskus Xaverius Kaki ditunjuk sebagai MC pada hari ini dan Netty Lomi sebagai pembaca Do'a, sementara cerita motivasi oleh I Nyoman Wirjana yang berkisah tentang perjalanan seorang bocah yang mendaki gunung bersama ayahnya, lalu ia mendengar gema suara yang ia teriakkan. Gema yang memantul dan berteriak juga kepada dirinya. Pesan dari cerita ini adalah suara gema itu seperti kehidupan, karena kehidupan memberi umpan balik terhadap apa yang pernah kita kerjakan. Jika baik yang kita berikan akan baik pula yang akan kita terima, begitu juga sebaliknya.

Pesan perubahan oleh Change Agent Kanwil DJPb Prov. NTT, Jamaluddin Ambo Dai di kutip dari motivator terkenal Merry Riana, "Kekurangan terbesar dari seseorang manakala dia tidak tahu apa yang jadi kelebihannya".
Lalu dilanjutkan arahan dari Kepala Kanwil DJPb Prov. NTT, Lydia Kurniawati Christyana yang menyampaikan bahwa "Kita sebagai Manusia ciptaan Tuhan yang paling tinggi/sempurna, haruslah memiliki daya cipta. Itulah yang membedakan kita dengan makhluk lainnya." AKSI SASANDO tutup dengan menyanyikan lagu Mars Perbendaharaan yang dipimpin oleh Kepala Seksi Bidang PPA I D, Pudjiono.

Di hari yang sama, diadakan Rapat Pimpinan Terbatas (Rapimtas) Ditjen Perbendaharaan Tahun 2020 dengan konsep video conference yang diikuti oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan, seluruh Pejabat Eselon II DJPb, dan perwakilan pejabat eselon III Kantor Pusat DJPb dan Kanwil.
Rapimtas sebagai sarana knowledge sharing antar pimpinan DJPb, mengangkat beberapa isu strategis dalam masa pandemi COVID-19 antara lain PMK nomor 64/PMK.05/2020 tentang Penempatan Dana pada Bank Peserta Dalam Rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), PMK nomor 65/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin untuk kredit/pembiayaan UMKM dalam rangka mendukung PEN, PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, Transfer Dana antar BLU, Perkembangan Program Kartu Pra Kerja, Tindak Lanjut Hasil Temuan BPK, Perkembangan Redesain Sistem Pengaggaran dan SAKTI, dan Implementasi SE-22/MK.1/2020 tentang Sistem Kerja Kementerian Keuangan pada Masa Transisi Dalam Tatanan Normal Baru.

Kupang [17/06/2020]
Dilaksanakan kegiatan Gugus Kendali Mutu melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting yang diikuti oleh seluruh Pegawai Kanwil DJPb Prov. NTT. Narasumber dalam GKM kali ini adalah Kepala Seksi PPA II A, Safaat Tri Widodo, dengan materi "Program Pemulihan Ekonomi Nasional Pada UMKM". Pemaparan materi dilakukan oleh narasumber dari Surabaya karena sedang menjalani Work From Homebase.

Materi sesi kedua disampaikan oleh Change Agent Kanwil DJPb Prov NTT, Jamaluddin Ambo Dai, sebagai implementasi Program Kerja Duta Transformasi, yang menguraikan hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Kementrian Keuangan dari Kemenpan RB yang menunjukkan bahwa nilai RB dan AKIP Kemenkeu Tahun 2019 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini tentunya tidak lepas dari dukungan, perjuangan dan semangat untuk berubah dari seluruh jajaran unit eselon 1 di Kemenkeu.

Kupang [18/6/2020]
Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana mengikuti Rapat Paripurna ke-5 DPRD Provinsi NTT dalam rangka Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi NTT Tahun Anggaran 2019 yang dilaksanakan secara virtual menggunakan media Video Conference.
Penyerahan LHP BPK RI ini dilakukan secara virtual oleh anggota VI BPK RI Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A., CSFA melalui Kepala BPK Perwakilan Provinsi NTT, Ir. Adi Sudibyo, M.M kepada Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Ketua DPRD NTT, Emilia J. Nomleni.
Berdasarkan penilaian BPK RI, Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi NTT Tahun Anggaran 2019 mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan ini merupakan opini WTP Pemerintah Provinsi NTT yang ke-5 kali secara berturut-turut, yang juga harus diikuti dengan peningkatan indikator kesejahteraan masyarakat guna terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur.
Selamat kepada Pemerintah Daerah Provinsi NTT atas diraihnya Opini WTP 5 kali berturut-turut atas LKPD TA 2015-2019 dari BPK RI.

Kupang [18/6/2020]
Sebuah diskusi ringan yang live di Instagram dengan tema-tema menarik yang sedang trending. Tyflo Insta Talk Edisi ke-2 ini mengusung tema “The Story of Work From Homebase (WFHb)” dengan narasumber Kepala Kanwil DJPb Prov NTT, Lydia Kurniawati Christyana.
Untuk menggali kisah di balik WFHb, dihadirkan pula narasumber yang sedang melaksanakan WFHb yaitu Kepala Seksi PPA I B, Edy Suyanto (Banyuwangi) dan Kepala Seksi PPA II A, Safaat Tri Widodo (Surabaya). Tyflo Insta Talk Edisi ke-2 ini dipandu oleh host Kepala Bidang PAPK, Jamaludin Ambo Dai yang juga adalah Change Agent Kanwil DJPb Prov NTT.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search