Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kanwil DJPb Provinsi Papua Selenggarakan Sosialisasi Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional di Bidang Perbendaharaan

Dalam rangka pelaksanaan Penilaian Angka Kredit (PAK) Pejabat Fungsional di Bidang Perbendaharaan, Kanwil DJPb Provinsi Papua menyelenggarakan sosialisasi PAK Jabatan Fungsional (JF) di Bidang Perbendaharaan. Sosialisasi dilaksanakan pada hari Senin, 12 Juli 2021, secara daring melalui ZOOM meeting mengingat pandemi Covid-19 masih menyelimuti. Sosialisasi diikuti oleh Sekretaris dan anggota Tim Penilai Instansi lintas kementerian/lembaga dengan total jumlah peserta lebih dari 40 peserta.

Acara tersebut dibuka oleh Bapak Burhani, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua selaku Ketua Tim Penilai Instansi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan kegiatan dimaksudkan agar tim penilai memiliki persepsi yang sama dan mampu mengimplementasikan pengelolaan jabatan fungsional, serta mampu menunaikan seluruh tahapan PAK bagi Jafung Analis Pengelolaan Keuangan APBN (APK APBN) sesuai dengan regulasi dan timeframe yang telah ditetapkan. Beliau menaruh harapan bahwa melalui pengelolaan/ pembinaan Jafung di bidang Perbendaharaan ini, para pejabat fungsional mampu menjalankan tugasnya dengan optimal, memberikan kompetensi dan kapasitasnya untuk mendukung pengelolaan keuangan negara secara lebih baik.

Acara yang dipandu oleh Kabid SKKI Kanwil DJPb Provinsi Papua, Muhammad Palid Siregar tersebut menghadirkan narasumber dari Seksi Supervisi Proses Bisnis Kanwil DJPb Provinsi Papua. Pada kesempatan tersebut, Kabid SKKI menyampaikan bahwa kegiatan penilaian angka kredit bagi Jafung APK APBN ini sangat penting dalam rangka memperkuat dan mengukur kapasitas dan kompetensi para pejabat fungsional pengelola keuangan APBN yang ada di wilayah Provinsi Papua. Oleh sebab itu, beliau melihat peran penting Tim Anggota Penilai untuk menindaklanjuti dan melaksanakan hasil sosialisasi secara optimal sesuai dengan tahapan, regulasi, serta tetap menjaga integritas.

Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan tentang proses bisnis dan internalisasi Aplikasi E-Jafung. Melalui aplikasi E-Jafung ini pengelolaan Jabatan Fungsional dapat dilakukan dengan cermat, teliti, terhindar dari segala duplikasi, dan dapat memfasilitasi semua proses untuk pengelolaan jafung, mulai dari proses pendaftaran, penyusunan formasi, pengangkatan,  penyusunan angka kredit sampai dengan penghitungan besaran AK untuk syarat kenaikan pangkat.

 

Tim Media Kanwil DJPb Papua

Kontributor :  Bidang SKKI 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search