Berita

Seputar Kanwil DJPb

Rakorda Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun 2021

Kegiatan Rakorda Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2021 dengan mengundang seluruh satker di lingkup wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua. Rakorda Pelaksanaan Anggaran tersebut dilaksanakan dengan mekanisme hybrid yaitu mengundang online seluruh satker yang ada di Provinsi Papua melalui aplikasi zoom meeting (dimana sebagian satker yang tidak dapat bergabung pada aplikasi zoom meeting secara langsung dapat menyimak melalui Youtube Kanwil DJPb Provinsi Papua) dan mengundang perwakilan satker Ditpamobvit Polda Papua yang mendapatkan penghargaan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik kategori Pagu Besar (> 50 Miliar Rp) untuk menghadiri rapat tersebut secara offline di RR Kanwil DJPb Papua. Dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua, Burhani AS, pelaksanaan kegiatan dengan menetapkan prokes secara ketat.

Kegiatan Rakorda PA diselenggarakan dengan tujuan untuk:

  1. Menyampaikan Kinerja APBN dan APBD lingkup Provinsi Papua s.d. Semester I 2021 dalam upaya meningkatkan kesejahteraaan masyarakat Papua pada khususnya. Hasil kinerja tersebut disampaikan secara Triwulanan dengan nama “APBN Torang”.
  2. Cross check hasil monitoring dan evaluasi indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) satker selama Semester I 2021;
  3. Membahas permasalahan-permasalahan spesifik yang dihadapi satker terkait kinerja pelaksanaan anggaran terkait IKPA, Revisi DIPA, Hibah dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) ;
  4. Mengapresiasi satker-satker yang memiliki nilai IKPA terbaik dan nilai IKPA terbaik kepada KPPN sebagai Kuasa BUN di Daerah untuk Semester I tahun 2021 dengan memberikan piagam penghargaan; dan
  5. Merumuskan rekomendasi bersama yang bersifat teknis aplikatif berdasarkan permasalahan-permasalahan yang telah teridentifikasi dalam rangka peningkatan nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) periode selanjutnya.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Rakorda PA dimaksud antara lain:

  1. Satuan Kerja diharapkan dapat memahami bagaimana mekanisme penilaian dari pelaksananaan IKPA tahun 2021 dengan lebih komprehensif terutama untuk indikator Konfirmasi Capaian Output yang memiliki bobot tertinggi yaitu 17%.
  2. Satuan Kerja dapat memahami terkait aturan revisi anggaran tahun 2021 dengan lebih baik terutama dokumen persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan revisi sesuai kewenangan berdasarkan PMK 208/PMK.02/2020.
  3. Satuan kerja dapat memahami langkah-langkah serta tata cara yang harus dilakukan dalam mengadministrasikan hibah langsung yang diterima dengan mengingat kata kunci yaitu 3R1P (penetapan Register, pembukaan Rekening, Revisi DIPA dan terakhir Pengesahan hibah tersebut).
  4. Satuan kerja dalam penggunaan KKP harus lebih memahami konsep dari Kartu kredit yaitu untuk meminimalkan transaksi yang dibayarkan secara tunai dan mengurangi uang menganggur (idle cash) yang dipegang dalam rekening bendahara maupun dalam brankas.
  5. Piagam penghargaan yang telah diberikan kepada satker-satker terbaik dalam kinerja pelaksanaan anggaran semester I tahun 2021 lingkup Kanwil DJPb Provinsi Papua dapat menjadi trigger bagi satker-satker lainnya untuk berkinerja lebih baik pada pelaksanaan anggaran periode selanjutnya.

 

(Tim Media Kanwil DJPb Papua)

Kontributor: Bidang PPA I

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search