Berita

Seputar Kanwil DJPb

Berbagi Pengalaman Mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, mendorong agar unit-unit di Kementerian Keuangan bisa mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM). “Korupsi adalah musuh yang sangat nyata, tantangan yang bisa menghancurkan negara. Kita tidak perlu musuh dari luar, musuh dari dalam diri kita sendiri justru yang biasanya paling bisa meruntuhkan bangsa”, tutur Sri Mulyani (https://nasional.kontan.co.id/ tgl. 3 Desember 2019).

Unit kerja lingkup Kanwil DJPb Prov. Papua Barat yaitu KPPN Manokwari dan Sorong termasuk dalam unit kerja Ditjen Perbendaharaan yang akan mengikuti penilaian Pembangunan ZI tingkat nasional setelah lolos penilaian berjenjang di internal Kementerian Keuangan serta lolos clearance berdasarkan data dari Inspektorat Bidang Investigasi yang berarti tidak terdapat kasus fraud dan/atau yang terindikasi fraud. Sebagai bentuk pendampingan dan pembinaan kepada KPPN Manokwari dan Sorong dalam menghadapi penilaian nasional dimaksud, Kanwil DJPb Prov. Papua Barat bekerja sama dengan KPPN Fakfak sebagai unit kerja yang telah memperoleh predikat WBK, melaksanakan kegiatan Berbagi Pengalaman Menghadapi Penilaian Nasional Zona Integritas pada hari Senin, 23 Agustus 2021. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada Kepala KPPN Fakfak memaparkan pengalaman dan kiat-kiat ketika mengikuti penilaian ZI tingkat nasional pada tahun 2020.

Kepala KPPN Fakfak memaparkan beberapa kiat dalam menghadapi wawancara dengan Tim Penilai Nasiona, antara lain:

  • Perlunya latihan menjawab pertanyaan dan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan selama wawancara.
  • Mencari informasi seputar wawancara, misalnya titik fokus pertanyaan dari pewawancara.
  • Dapat menjelaskan nilai tambah kantor dalam mengikuti Pembangunan ZI menuju WBK.
  • Membicarakan isu-isu nasional dan keterkaitan isu nasional tersebut dengan unit kerja.
  • Jawaban wawancara dapat didelegasikan kepada para kepala seksi (dengan persetujuan dari kepala kantor terlebih dahulu).

Selain persiapan wawancara, hal-hal pendukung yang dapat dipersiapkan dalam menghadapi wawancara antara lain:

  • Mengatur dan merapikan tata ruang dan properti ruangan wawancara dan ruangan lain.
  • Mengatur posisi kamera, speaker, dan pencahayaan serta menyiapkan timer pada saat wawancara untuk memberikan aba-aba/kode sehingga waktu penyampaian materi selesai sesuai dengan alokasi yang diberikan.
  • Menjaga kestabilan koneksi internet (menyiapkan jaringan cadangan jika perlu).
  • Menjaga kestabilan pasokan listrik selama wawancara berlangsung.

Kepala Kanwil DJPb Prov. Papua Barat dalam penutupannya menyampaikan bahwa pentingnya persiapan dalam menghadapi penilaian nasional ini, sehingga diharapkan KPPN Manokwari dan Sorong dapat mengikuti kiat-kiat yang disampaikan oleh Kepala KPPN Fakfak dalam menyiapkan setiap aspek yang dibutuhkan pada saat penilaian nanti. Pelaksanaan Pembangunan ZI menuju WBK bukan hanya dijadikan ajang untuk mengejar nilai saja, tetapi bagaimana nilai-nilai tersebut bisa terinternalisasi kepada semua pihak dalam unit kerja kita.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Kanwil DJPb Provinsi Papua Barat
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Keuangan Negara (GKN) Manokwari LT. II, Jl. Brigjen Marinir (purn) Abraham O. Atururi. Komplek Perkantoran Gubernur Arfai, Manokwari, Papua Barat 98135
Telepon / Faksimile : 0986-2214130

IKUTI KAMI

 

 

 

       

 

 

            

Search