Berita

Seputar Kanwil DJPb

Pembinaan dan Supervisi KPPN Tahuna Semester II 2021

Tim Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara kembali melaksanakan pembinaan dan supervisi dengan menyambangi KPPN Tahuna dari tanggal 1 s.d. 4 November 2021. Kegiatan yang dilakukan dengan sistem on the spot tersebut, didahului sebelumnya dengan pembinaan metode on desk dengan melakukan evaluasi atas sejumlah data dan dokumen kinerja KPPN Tahuna.

Pelaksanaan pembinaan dan supervisi didahului oleh entry meeting antara tim pembinaan yang dipimpin oleh Maryono selaku Kepala Bidang SKKI dengan para pejabat pengawas KPPN Tahuna yang dipimpin oleh Kepala Subbag Umum, Erwinsyah, yang merangkap juga sebagai Plt. Kepala KPPN Tahuna.

Selanjutnya tim pembinaan mulai melakukan pelaksanaan supervisi, observasi, dan evaluasi atas sejumlah komponen kinerja sebagai diatur dalam PER-24/PB/2019. Selain itu, dilakukan juga konsultasi dan konfirmasi langsung kepada sejumlah pejabat/pegawai KPPN Tahuna terkait unsur-unsur komponen kinerja yang belum optimal dan perlu dibenahi. Konsultasi digunakan juga sebagai sarana untuk mengetahui secara langsung perkembangan kinerja dan permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi KPPN.

Terdapat 6 (enam) komponen kinerja KPPN berdasarkan PER-24/PB/2019 yang menjadi fokus supervisi oleh tim pembinaan antara lain 1). Efektifitas dan Akuntabilitas Pelaksanaan APBN, 2). Pengelolaan Perbendaharaan Negara, 3). Representasi Kementerian Keuangan di Daerah, 4). Tugas Khusus Perbendaharaan Lainnya (Special Mission) 5). Tata Kelola Internal, serta 6). Inovasi dan Prestasi. Setiap komponen tersebut memiliki bobot penilaian tersendiri. Nantinya hasil dari monitoring dan evaluasi masing-masing komponen dinilai berdasarkan kinerjanya dan tertuang dalam Kertas Kerja Penilaian.

Seluruh hasil pembinaan dan supervisi disampaikan secara komprehensif pada saat pelaksanaan ekspose di hari terakhir bersama-sama dengan seluruh pejabat/pegawai KPPN Tahuna. Selain menyampaikan catatan temuan permasalahan, ketua tim pembinaan juga meneruskan sejumlah pesan-pesan dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara yang belum sempat hadir pada kesempatan kali ini.

Adanya pelaksanaan pembinaan dan supervisi yang dilakukan secara berkala ini, diharapkan dapat membantu KPPN dalam meningkatkan kinerja layanannya serta mendorong pelaksanaan tugas dan fungsi di KPPN dapat terus terjaga sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Bravo KPPN Tahuna…

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara Manado
Gedung Keuangan Negara Manado Lt. 3 Jl. Bethesda No.8 Manado 95114
Call Center: 14090
Tel: 0431-848444 Fax: 0431-848666

IKUTI KAMI

Search