Berita

Seputar Kanwil DJPb

Investor Individu Sulut Diajak Investasi Pada STOO8

 

Pada masa pandemi Covid-19 ini Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menerbitkan Green Sukuk Ritel Sukuk Tabungan Seri ST008.

Hal ini diungkapkan Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Utara Ratih Hapsari Kusumawardani melalui salah satu pegawainya Jonny Erlan Wijaya. “Ini merupakan rangkaian dari instrumen Surat Berharga Negara Ritel sebagai salah satu bentuk investasi yang ditujukan kepada investor individu di dalam negeri,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, melalui investasi pada Sukuk Tabungan seri ST008, masyarakat memiliki peran ganda yang nyata bagi pengelolaan APBN, yaitu dari sisi pembiayaan melalui dana yang diinvestasikan pada Sukuk Tabungan seri ST008 serta dari sisi penerimaan melalui pembayaran pajak atas imbal hasil ST008.

“Demikian yang disampaikan Kakanwil Ditjen dalam sambutannya pada kegiatan edukasi dan sosialisasi Green Sukuk Ritel Sukuk Tabungan seri ST008 yang diselenggarakan oleh DJPPR secara daring melalui webinar Jumat (12/11) lalu,” paparnya.

Dia menambahkan, Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara turut mendukung sumber pembiayaan pemerintah berbasis syariah. Hasil penjualan Sukuk Tabungan akan digunakan untuk membiayai proyek ramah lingkungan. “Dengan investasi minimal Rp1 juta, dalam 2 tahun mendatang anda akan menjadi pemilik aset hijau negara di sektor transportasi berkelanjutan dan ketahanan terhadap perubahan iklim yang memberikan dampak bagi bumi dan sesama,” tandasnya.

Hadir sebagai narasumber antara lain pejabat dari DJPPR Kementerian Keuangan dan pemimpin peer to peer lending (P2PL). Diketahui, keunggulan sukuk selain bisa membantu negara memiliki kondisi finansial yang lebih baik, juga memberikan banyak manfaat/keunggulan untuk masyarakat, di antaranya dapat dimiliki investor ritel dengan nilai rendah serta mudah untuk dicairkan, tingkat keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Tahun ini Pemerintah melalui DJPPR Kementerian Keuangan menerbitkan Green Sukuk Ritel–Sukuk Tabungan (ST) seri ST008 dengan masa penawaran yang dimulai dari 1 November 2021 hingga 17 November 2021. SBSN retail ini tidak dapat diperdagangkan (non-tradable), kepemilikannya tidak dapat dialihkan dan tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo kecuali pada periode early redemption. Untuk berinvestasi masyarakat dapat memesan melalui aplikasi atau platform investasi P2PL yang terdaftar resmi di OJK, antara lain Investree, Bareksa, dan sebagainya.

 

Berita telah diterbitkan pada https://manadopost.jawapos.com tanggal 13 November 2021

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara Manado
Gedung Keuangan Negara Manado Lt. 3 Jl. Bethesda No.8 Manado 95114
Call Center: 14090
Tel: 0431-848444 Fax: 0431-848666

IKUTI KAMI

Search