Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sukses WBBM, KPPN Bitung dan KPPN Manado

Kamis (18/11), KPPN Bitung dan KPPN Manado menghadapi penilaian dalam rangka meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) oleh Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara memberikan dukungannya dengan menyelenggarakan 2 kali latihan pemaparan materi dari masing-masing KPPN pada Rabu (10/11) dan Rabu (17/11) dengan didampingi tim Kepatuhan Internal (KI) Sekretariat Direktorat Jenderal Perbendaharaan.  Dalam latihan diberikan kesempatan paparan selama 20 menit dan kemudian tim KI dan kanwil memberikan masukan-masukan terkait template materi, susunan paparan, manajemen waktu, kekompakan dan teknik-teknik jawaban atas pertanyaan TPN.

Penilaian KPPN Bitung, dilaksanakan oleh Tim I Kemenpan-RB pada pukul 09.00 WITA. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara, Ibu Ratih Hapsasi Kusumawardhani membuka dengan menyampaikan keunggulan KPPN Bitung. Kanwil DJPb memberikan apresiasi kepada KPPN Bitung karena telah membangun kerjasama yang baik dengan pemda untuk menyampaikan program pemerintah serta kecepatan penyaluran Dak Fisik dan Dana Desa, dimana KPPN Bitung sebagai penyalur pertama Dak Fisik dan Dana Desa. Sebagai pendukung mengatasi masalah aplikasi-aplikasi khususnya satker-satker yang jauh, KPPN Bitung memiliki Inovasi Criwit yang mendapatkan apresiasi nasional dimana inovasi ini membantu satker dapat menyelesaikan kendala secara cepat dengan sistem remote dan pelatihan dengan praktek langsung. Selain itu KPPN Bitung telah memperoleh ISO 9001:2015 dan merupakan satker pertama yang memperolehnya di wilayah kerja KPPN Bitung.

Pada sesi paparan, Kepala KPPN Bitung, Bapak Triyanto memaparkan secara terstruktur profil kantor, prestasi kerja, inovasi-inovasi yang telah dikembangkan seperti criwit, ngopi sore, kerling, embrio dan dari beberapa inovasi telah direplikasi oleh satker-satker di wilayah kerja KPPN Bitung. Seluruh pertanyaan TPN dapat dijawab dengan melibatkan pejabat/pegawai secara bergantian dan saling menguatkan.

Selanjutnya, KPPN Manado dinilai oleh Tim III pada pukul 14.00 WITA.  Tak lupa, Kepala Kanwil DJPb Sulut, menyampaikan kata sambutan bahwa KPPN Manado dengan karakter tipe A1 provinsi  dan keterbatasan SDM dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada dengan peningkatan kompetensi pegawai maupun PPNPN melalui pelatihan-pelatihan. Kepala Kanwil mengapresiasi pendampingan BLUD yang telah dilaksanakan selama ini dimana hanya beberapa KPPN yang melakukan hal itu. Selain itu, KPPN Manado memiliki keunggulan dalam melaksanakan OTP SAKTI tercepat di seluruh Indonesia. Dalam kolaborasi, KPPN Manado memiliki hubungan yang baik dengan pemerintah provinsi dan ditunjuk sebagai anggota tim peningkatan kerja Provinsi Sulawesi Utara.

Pada sesi paparan, Kepala KPPN Manado, Bapak Asyep Syaefudin memaparkan sarana prasarana KPPN Manado, kinerja kantor, penyaluran APBN termasuk DAK Fisik dan Dana Desa, transformasi atas inovasi-inovasi yang sudah dilaksanakan, sinergi dengan masyarakat baik yang berhubungan dengan tugas fungsi maupun non tugas fungsi, serta keunggulan-keunggulan KPPN Manado.

Setelah paparan, terdapat catatan-catatan yang harus dipenuhi KPPN Manado dan KPPN Bitung dimana catatan tersebut dilengkapi dengan bukti dukung sebagai bagian dari penilaian akhir dalam rapat pleno penetapan instansi yang memperoleh predikat WBBM. Dengan rasa optimis, KPPN Manado dan KPPN Bitung dapat memperoleh predikat WBBM pada tahun ini.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara Manado
Gedung Keuangan Negara Manado Lt. 3 Jl. Bethesda No.8 Manado 95114
Call Center: 14090
Tel: 0431-848444 Fax: 0431-848666

IKUTI KAMI

Search