Berita

Seputar Kanwil DJPb

DJPb Sumsel dalam Sepekan (Juli 2021)

Monday Morning Briefing, 26 Juli 2021

26 Juli 2021 diselenggarakan kegiatan diikuti seluruh pegawai Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Selatan secara hybrid. Kegiatan diisi oleh Bidang PPA I yang mengangkat tema Survive di Masa Pandemi. Diceritakan kisah penebang pohon dan kapaknya. Penebang pohon di awal pekerjaannya berhasil menumbangkan 8 pohon dalam sehari dan hal ini membuat majikannya terkagum. Namun di hari hari selanjutnya penebang kesulitan melakukan pekerjaan dan jumlah pohon yang dapat ditebang kian menurun. Dia berpikir bahwa ia telah kehilangan kekuatan , ia merasa malu dan putus asa. Majikannya pun bertanya kapan terakhir kali ia menyempatkan mengasah kapaknya. Dan ternyata telah lama sekali kapaknya tidak diasah, penebang hanya sibuk bekerja.

Seperti si penebang pohon yang setiap hari hanya memikir untuk kerja menebang pohon saja tanpa memikirkan pembaruan pada peralatan apalagi refreshing, kita pun kadang setiap hari dari pagi hingga malam hari, seolah terjebak dalam rutinitas terpola. Sibuk sehingga seringkali melupakan sisi lain dari kehidupan kita yang sama pentingnya, yaitu istirahat sejenak mengasah dan mengisi hal-hal baru untuk menambah pengetahuan, menambah wawasan, dan spiritual. Ini adalah prinsip sederhana tentang produktivitas.

Di masa pandemi yang sulit ini, kita boleh beristirahat, tapi bukan berarti berhenti. Istirahat adalah jeda untuk perjalanan yang lebih jauh lagi. Tidak ada alasan wfh atau wfo, kita harus survive dengan segala nya. Prosesnya , kepatuhan saat menjalankan wfh, beri dukungan sepenuhnya kepada kanwil. Penebang yg kehilangan kecakapan dan kekuatan karena tidak melakukan recharge. Sesi mengasah dengan belajar dan berlatih. Tidak hanya work hard tapi juga butuh istirahat. Syukuri dan berikan yang terbaik. Satu satunya yg membuat kita terhambat tidak punya semangat adalah diri kita sendiri. Survive kita juga tentang bagaimana tanggung jawab sebagai pegawai

Hidup tiada mungkin tanpa perjuangan tanpa pengorbanan mulia adanya. Berpegangan tangan satu dalam cinta DJPb Sumsel.

Jumat, 30 Juli 2021

Board Meeting dilaksanakan dengan agenda pembahasan Rencana Kegiatan Kerja bulan Agustus 2021 tiap bidang dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan minggu berkenaan. Dilakukan pembahasan dan penyesuain agenda yang telah disusun dengan beberapa kegiatan besar diantaranya rencana pelaksanaan finalisasi RPA, Penyusunan Laporan Kebijakan Fiskal Regional, Pelaksanaan Rapat Koordinasi Wilayah, dan Pelaksanaan Capacity Building yang rencananya akan dilakukan di bulan Agustus.

29 Juli 2021

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Sumatera Selatan mempublikasikan kinerja dan fakta (KiTa) APBN lingkup Sumatera Selatan per triwulan II 2021. Kegiatan dilakukan secara daring dihadiri insan media Sumatera Selatan dari media cetak dan online.

Sampai dengan triwulan II tahun anggaran 2021 ini, APBN terus bekerja keras merespon pandemi Covid-19 dan dampaknya yang masih melanda. APBN berperan responsif dan antisipatif menghadapi perkembangan kasus Covid-19. APBN berupaya dapat terus memberikan dukungan optimal bagi kesejateraan masyakat secara merata.

Respon APBN misalnya terlihat dari fokus penggunaan APBN pada program penanganan kesehatan serta perlindungan sosial untuk masyarakat miskin. Pemerintah melalui kementerian keuangan menambah alokasi penanganan sektor kesehatan menjadi Rp214,95 triliun. Sektor perlindungan sosial bertambah menjadi Rp187,84 triliun. Total penambahan kedua sektor tersebut sebesar Rp55,21 triliun.

Kementerian keuangan juga mengupayakan percepatan penyaluran dana desa dan BLT Desa. Upaya tersebut antara lain dengan mereformulasi aturan mengenai pengelolaan dana desa melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 69/PMK.07/2021. Perubahan itu diantaranya mengubah ketentuan dokumen persyaratan peraturan desa tentang APBD Desa. Awalnya dokumen tersebut merupakan syarat penyaluran tahap pertama, sekarang menjadi syarat penyaluran tahap kedua.

Saluran Pengaduan

Lapor
SIPANDU
WISE
Telepon

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Keuangan Negara Palembang Lt.2 Jalan Kapten A. Rivai No. 2-4 Palembang
Tel: 0711-356534

IKUTI KAMI

Search