Berita

Seputar Kanwil DJPb

Realisasi Program Padat Karya Tunai Mei 2021

Salam Mitra Perbendaharan KPPN Ambon
Pengangguran menjadi salah satu hal yang harus mendapat perhatian sungguh-sungguh oleh pemerintah. Terlebih di masa pandemi ini, angka pengangguran di Indonesia berpeluang untuk terus meningkat. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menekan angka pengangguran, antara lain dengan melaksanakan program Padat Karya Tunai (PKT). 

Pada tahun 2021, pemerintah telah memperluas anggaran program PKT hingga mencapai 30 triliun rupiah. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk menanggulangi dampak Pandemi COVID-19. 

Program PKT utamanya meliputi pembangunan infrastruktur kerakyatan yang mendukung produktivitas masyarakat pedesaan seperti peningkatan irigasi kecil, perbaikan jalan lingkungan, rumah subsidi, penanganan kawasan kumuh, peningkatan kualitas air minum dan sanitasi. 

Melalui program PKT yang dijalankan, maka tenaga kerja lokal proyek pun dapat terserap, termasuk penyediaan bahan baku proyek. Hal tersebut bertujuan agar aktivitas perekonomian sekitar proyek bergeliat dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain untuk meningkatkan infrastruktur di daerah, PKT juga bertujuan mendistribusikan anggaran hingga pelosok negeri. Harapannya, melalui dilaksanakannya proyek dengan bahan baku dan tenaga kerja dari warga setempat, kesejahteraan masyarakat lokal dapat terus meningkat.

Untuk mengetahui realisasi dari program PKT sampai dengan 11 Mei 2021, yuk simak infografis berikut.

Data: Direktorat Pelaksanaan Anggaran, DJPb

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search