Profil

Sejarah Kanwil DJPb

Sejarah

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau disingkat dengan KPPN merupakan ujung tombak pelayanan publik yang menjalankan fungsi sebagai Bendahara Umum Negara. KPPN Atambua adalah instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada dalam Wilayah Kerja Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

KPPN Atambua secara resmi beroperasi sejak tanggal 1 September 2003. Pada saat itu masih bernama Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) di bawah Direktorat Jenderal Anggaran (DJA). Latar belakang pembentukan KPPN Atambua karena semakin besarnya volume kerja KPPN Kupang selaku KPPN Induk, sehingga diperlukan pembentukan kantor baru untuk 17 mendekatkan pelayanan pada masyarakat dan mendukung perkembangan perekonomian di daerah.

Saat pertama kali beroperasi, KPPN Atambua menempati gedung kantor pinjaman dari Pemerintah Daerah Kab. Belu di Jalan Basuki Rahmat, samping Gedung DPRD Kabupaten Belu. Kantor tersebut cukup sempit dan tidak memadai untuk mendukung pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat. Akhirnya setelah 3 tahun beroperasi, tepatnya pada tahun 2006 KPPN Atambua telah memiliki gedung kantor sendiri di Jalan Diponegoro yang lebih memadai untuk aktifitas pekerjaan dan memiliki ruangan kantor yang lebih besar dari sebelumnya. Peresmian kantor pada tanggal 30 September 2006 dillakukan secara langsung oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan saat itu, Bapak Mulia P. Nasution.

Seiring dengan reformasi birokrasi di Departemen Keuangan maka terhitung 5 Oktober 2009 KPPN Atambua mulai menerapkan sistem kerja/SOP KPPN Percontohan. Penerapan SOP KPPN Percontohan in diharapkan akan meningkatkan pelayanan publik oleh KPPN, khususnya terkait dengan pencairan dana APBN yang dapat diproses cepat, tepat, serta tanpa biaya (no cost).

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search