Pedoman Uraian SPM

Tabel Jenis SPM, Uraian dan Lampiran

No.

Jenis Dokumen

Uraian SPM

Contoh Uraian

Jenis
SPM

Lampiran

 SPM Uang Persediaan (UP)

1

SPM-UP Rupiah Murni

Penyediaan Uang Persediaan Rupiah Murni Satker …………. Tahun Anggaran 20….

Penyediaan Uang Persediaan Rupiah Murni Satker Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh Tahun Anggaran 2022.

311

  1. Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account;
  2. Surat Pernyataan dari KPA (Lamp. XIV PMK-190);
  3. Surat Persetujuan UP dari KPPN 

2

SPM-UP PNBP

Penyediaan Uang Persediaan PNBP Satker …………. Tahun Anggaran 20….

Penyediaan Uang Persediaan PNBP Satker Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh Tahun Anggaran 2022.

311

  1. Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account;
  2. Surat Pernyataan dari KPA (Lamp. XIV PMK-190);
  3. Bukti Setor yang telah dikonfirmasi oleh KPPN;
  4. Daftar Perhitungan MP (Lamp. XVII PMK-190).

 SPM Tambahan Uang Persediaan (TUP)

3

SPM-TUP Rupiah Murni

Penyediaan Tambahan Uang Persediaan Rupiah Murni Satker …………. Tahun Anggaran 20….

Penyediaan Tambahan Uang Persediaan Rupiah Murni Satker Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh Tahun Anggaran 2022

321

  1. Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account;
  2. Surat Persetujuan TUP dari KPPN;

4

SPM-TUP PNBP

Penyediaan Tambahan Uang Persediaan PNBP Satker …………. Tahun Anggaran 20….

Penyediaan Tambahan Uang Persediaan PNBP  Satker Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh Tahun Anggaran 2022

321

  1. Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account;
  2. Surat Persetujuan TUP dari KPPN;

 SPM Penggantian Uang Persediaan (GUP)

5

SPM-GUP Tunai RM

Penggantian Uang Persediaan Rupiah Murni  untuk Keperluan Belanja …. (Barang/Modal/ Lain-lain)

Penggantian Uang Persediaan Rupiah Murni untuk Keperluan Belanja Barang/Modal/Lain-lain (Pilih salah satu)

312

Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account

6

SPM-GUP Tunai PNBP

Penggantian Uang Persediaan PNBP untuk Keperluan Belanja …. (Barang/Modal/Lain-lain)

Penggantian Uang Persediaan PNBP untuk Keperluan Belanja Barang/Modal/Lain-lain (pilih salah satu)

312

Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account

7

SPM-GUP KKP

Penggantian Uang Persediaan KKP untuk Keperluan Belanja …. (Barang/Modal/Lain-lain)

Penggantian Uang Persediaan KKP untuk Keperluan Belanja Barang/Modal/Lain-lain (pilih salah satu)

317

Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account;

8

SPM-GUP Nihil (TA Berjalan)

Penggantian Uang Persediaan Rupiah Murni/PNBP untuk Keperluan Belanja …. (Barang/Modal/Lain-lain)

Penggantian Uang Persediaan Rupiah Murni/ PNBP untuk Keperluan Belanja Barang/Modal/Lain-lain (pilih salah satu)

313

  1. Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account; 
  2. Bukti Penerimaan Negara yg disahkan KPA (khusus GUP Nihil Akhir Tahun)

9

SPM-GUP Nihil Lintas Tahun (Januari TA berikutnya)

Penggantian Uang Persediaan Rupiah Murni/ PNBP untuk Keperluan Belanja …. (Barang/Modal/Lain-lain) sebagai pengesahan atas pertanggungjawaban UP Tunai Tahun Anggaran …

Penggantian Uang Persediaan Rupiah Murni/ PNBP untuk Keperluan Belanja Barang/Modal/Lain-lain (pilih salah satu) sebagai pengesahan atas pertanggungjawaban UP Tunai Tahun Anggaran 2022

313

  1. Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account ;
  2. Bukti Penerimaan Negara yg disahkan KPA (khusus GUP Nihil Akhir Tahun)

 SPM Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan (PTUP)

10

SPM-PTUP (TA Berjalan)

Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan Rupiah Murni/ PNBP untuk Keperluan Belanja …. (Barang/Modal/Lain-lain)

Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan Rupiah Murni/PNBP untuk Keperluan Belanja Barang/Modal/Lain-lain (pilih salah satu)

322

  1. Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account 
  2. Bukti Penerimaan Negara Pengembalian Sisa TUP dan Nota Konfirmasi Penerimaan dari KPPN (sesuai ketentuan Pasal 61 ayat (8) PMK 190/PMK.05/2012);
  3. Bukti Penerimaan Negara yang disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (khusus PTUP di akhir tahun anggaran);
  4. Surat Pernyataan KPA perihal adanya penggunaan yang tidak sesuai dengan rencana TUP.

11

SPM-PTUP Lintas Tahun (Nihil TUP diajukan bulan Januari TA Berikutnya)

Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan Rupiah Murni/ PNBP Keperluan Belanja …. (Barang/Modal/Lain-lain) sebagai pengesahan atas pertanggungjawaban TUP Tunai Tahun Anggaran …

Pertanggungjawaban Tambahan Uang Persediaan Rupiah Murni/PNBP  Keperluan Belanja Barang/Modal/Lain-lain (pilih salah satu) sebagai pengesahan atas pertanggungjawaban TUP Tunai Tahun Anggaran 2022

322

  1. Lampiran SPM berupa Detail Charts of Account 
  2. Bukti Penerimaan Negara yg disahkan KPA (khusus PTUP Nihil Akhir Tahun)

 SPM Langsung Belanja Pegawai (SPM LS Akun 51)

12

SPM-LS Gaji Induk

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Gaji Induk Bulan … Tahun … untuk … Pegawai / ... Jiwa

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Gaji Induk Bulan Januari Tahun 2022 untuk 25 Pegawai / 45 Jiwa

211

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Gaji Induk (Halaman Luar Daftar Gaji/Rekap Daftar Gaji);
  4. Daftar Perubahan Data Pegawai;
  5. SSP.

13

SPM-LS Gaji Susulan

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Gaji Susulan Bulan … Tahun … untuk … Pegawai / … Jiwa

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Gaji Susulan Bulan Januari Tahun 2022 untuk 25 Pegawai / 45 Jiwa

223

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Gaji Susulan (Halaman Luar Daftar Gaji/Rekap Daftar Gaji);
  4. SSP.

14

SPM-LS Gaji Terusan

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Gaji Terusan ke-… untuk Bulan …… Tahun …….  a.n. …… Meninggal Dunia tanggal …..

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Gaji Terusan ke-1 untuk Bulan Maret  Tahun 2022  a.n. Ismail bin Mail Meninggal Dunia Tanggal 14-02-2022.

223

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Gaji Terusan (Halaman Luar Daftar Gaji/Rekap Daftar Gaji);
  4. SSP.

15

SPM-LS Kekurangan Gaji

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Kekurangan Gaji Bulan … Tahun … untuk … Pegawai / … Jiwa

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Kekurangan Gaji Bulan Februari  Tahun 2022 untuk 2 Pegawai / 4 Jiwa

222

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Gaji Terusan (Halaman Luar Daftar Gaji/Rekap Daftar Gaji);
  4. SSP.

16

SPM-LS Uang Makan PNS

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Uang Makan Bulan … Tahun … untuk … Pegawai

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Uang Makan Bulan Januari Tahun 2022 untuk 10 Pegawai

221

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Nominatif Pembayaran Uang Makan dari Aplikasi GPP);
  4. SSP.

17

SPM Uang Lembur dan Uang Makan Lembur PNS / POLRI

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bulan … Tahun … berdasarkan SPK Lembur Nomor … Tanggal … untuk … Pegawai

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Uang Lembur dan Uang Makan Lembur Bulan Januari Tahun 2022 berdasarkan SPK Lembur Nomor SPKL-212/01/2022 Tanggal 01-01-2022 untuk 10 Pegawai.

221

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Nominatif dari Aplikasi GPP);
  4. SSP.

18

SPM-LS Tunj. Kinerja PNS

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Tunjangan Kinerja Bulan … Tahun … untuk … Pegawai

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Tunjangan Kinerja Bulan Januari Tahun 2022 untuk 25 Pegawai

221

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Nominatif Pembayaran Tunjangan Kinerja;
  4. Rekapitulasi Daftar Pembayaran Tunjangan Kinerja (sesuai Lampiran PMK No. 80/PMK.05/2017 Format A); 
  5. SSP.

19

SPM-LS Kekurangan Tunjangan Kinerja

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Kekurangan Tunjangan Kinerja Bulan … Tahun … untuk … Pegawai

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Kekurangan Tunjangan Kinerja Bulan Januari Tahun 2022 untuk 10 Pegawai

221

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Nominatif Pembayaran Kekurangan Tunjangan Kinerja;
  4. Rekapitulasi Daftar Pembayaran Kekurangan Tunjangan Kinerja (sesuai Lampiran PMK No. 80/PMK.05/2017 Format B); 
  5.  SSP.

20

SPM-LS Selisih Tunjangan Kinerja (dengan Tunjangan Profesi Guru)

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Selisih Tunjangan Kinerja Bulan … Tahun … untuk … Pegawai

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Selisih Tunjangan Kinerja Bulan Januari Tahun 2022 untuk 10 Pegawai

221

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Nominatif Pembayaran Selisih Tunjangan Kinerja;
  4. Rekapitulasi Daftar Pembayaran Selisih Tunjangan Kinerja (sesuai Lampiran PMK No. 80/PMK.05/2017 Format C); 
  5. SSP.

21

SPM-LS Tunjangan Profesi Guru/ Dosen/ Uang Kehormatan Professor

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Tunjangan Profesi … Bulan … Tahun … untuk … Pegawai sesuai SK Nomor ... Tanggal ...

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Tunjangan Profesi Guru Bulan Januari Tahun 2022 untuk 10 Pegawai sesuai SK Kepala Kantor Kemenag Kab. Aceh Besar  Nomor 1 Tanggal 2 Januari 2022

221

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Perhitungan Pembayaran Tunjangan Profesi Guru/ Dosen /Uang Kehormatan Professor (sesuai Format Lampiran I PMK No. 164/PMK.05/2010);
  4. SPTJM dari Kuasa Pengguna Anggaran (sesuai Format Lampiran II PMK No 164/PMK.05/2010);
  5. SSP.

22

SPM  Uang Kehormatan / PPNPN/ Vakasi dan Honor lainnya Jenis Belanja 51

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Honorarium /PPNPN/ Uang Kehormatan/ lainnya*) Bulan … Tahun … untuk … pegawai berdasarkan SK Nomor… Tanggal

Pembayaran Belanja Pegawai berupa Uang Kehormatan Anggota KPU Kabupaten Pidie Jaya Bulan Februari Tahun  2022 untuk 5 Pegawai berdasarkan SK Nomor 1 tahun 2022 tanggal 30 Januari 2022

221

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Pembayaran Penghasilan PPNPN / Daftar Nominatif Lainnya;
  4. SPTJM dari KPA/PPK sesuai format pada Lampiran Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-8/PB/2019 (Hanya untuk pembayaran Penghasilan PPNPN Induk);
  5. SSP.

 SPM LANGSUNG NON BELANJA PEGAWAI (SPM LS NON 51)

23

SPM-LS ke Bendahara (Honor Rutin Bulanan)

Pembayaran Belanja ….  (Barang/ Modal/ Lain-lain) berupa Honorarium ..... bulan ..... sesuai …. (SK/SPrin) No …. Tanggal ….

Pembayaran Belanja Barang berupa Honorarium  Pengelola Keuangan bulan Januari sesuai SK Kepala KPPN Banda Aceh No. 02/XX/2022 Tanggal 2 Januari 2022

231

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Surat Keputusan (Saat pembayaran pertama kali/ ada perubahan);
  4. SSP.

24

SPM-LS ke Bendahara (Honor Tidak Rutin)

Pembayaran Belanja Barang/ Belanja Modal berupa Honorarium … berdasarkan SK … Nomor … Tanggal …

Pembayaran Belanja Modal berupa Honorarium TimPokja Paket Pengadaan Gedung berdasarkan SK Kepala KPPN Banda Aceh Nomor KEP-2/ KPN.0101/ 2022 tanggal 3 Januari 2022

231

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Surat Keputusan (Saat pembayaran pertama kali/ ada perubahan);
  4. SSP.

25

SPM-LS ke Bendahara (Perjalanan Dinas)

Pembayaran Belanja Barang/ Belanja Modal berupa perjalanan dinas berdasarkan Surat Tugas/ SPD) Nomor … Tanggal …

Pembayaran Belanja Barang berupa perjalanan dinas kegiatan Pembinaan Satker berdasarkan Surat Tugas Kepala KPPN Banda Aceh Nomor ST-1/KPN.0101/2022 tanggal 2 Januari 2022

231

  1. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  2. Surat Tugas

26

SPM Penghasilan PPNPN Jenis Belanja 52 (Belanja Barang)

Pembayaran Belanja Barang Berupa Penghasilan PPNPN Induk/ Susulan*) Bulan … Tahun … untuk … pegawai berdasarkan SK Nomor … Tanggal …

Pembayaran Belanja Barang Berupa Penghasilan PPNPN Induk Bulan Januari Tahun 2022 untuk 5 pegawai berdasarkan SK Kepala KPPN Banda Aceh Nomor KEP-3/ KPN.0101/2022 tanggal 3 Januari 2022

217






227

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Pembayaran Penghasilan PPNPN dari Aplikasi PPNPN;
  4. SPTJM dari KPA/ PPK sesuai format pada Lampiran Perdirjen Perbendaharaan No. 8/PB/2016 (hanya utk pembayaran penghasilan PPNPN Induk);
  5. SSP.

27

SPM Lembur PPNPN Jenis Belanja 52 (Belanja Barang)

Pembayaran Belanja Barang berupa Uang Lembur dan Uang Makan Lembur PPNPN Bulan … Tahun … berdasarkan Surat Perintah Kerja Lembur Nomor … Tanggal …

Pembayaran Belanja Barang berupa Uang Lembur dan Uang Makan Lembur PPNPN Bulan Januari Tahun 2022 berdasarkan Surat Perintah Kerja Lembur (boleh disingkat SPKL) Nomor 1/SPKL/2022 tanggal 3 Januari 2022

237

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Donimatif Pembayaran Perhitungan Uang Lembur dan Uang Makan Lembur sesuai format Lampiran B PMK-85/ PMK.05/2017;
  4. SSP.

28

SPM-LS ke Pihak Ketiga (Uang Muka Kontrak)

Pembayaran Belanja …. (Barang/ Modal/ Bansos/ Lain-lain) sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., SPMK Nomor …. Tanggal …., BAP Nomor …. Tanggal …., Jaminan Uang Muka Nomor …. Tanggal ….

Pembayaran Belanja Modal sesuai Kontrak/ SPK Nomor 1/ kont/ I/ 2022 Tanggal 25 Januari 2022, SPMK Nomor SPMK-02/ XX/ I/ 2022 Tanggal 1 Februari 2022, BAP Nomor BAP-XX/ WPB.01/ KPN0101/ 2022 Tanggal 5 Februari, Jaminan Uang Muka Nomor 3/ XX/ 2022 Tanggal 5 Februari 2022

111

  1. Kartu Pengawasan Kontrak;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Resume Kontrak;
  4. Detil Kontrak dari OM SPAN
  5. Fotocopy Jaminan Uang Muka;

29

SPM-LS ke Pihak Ketiga (Termin Berjalan)

Pembayaran Belanja …. (Barang/ Modal/ Bansos/ Lain-lain) Termin ke … (I/ II/ III/ dst.) sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., BAPP Nomor …. Tanggal …. , BAP Nomor …. Tanggal ….

Pembayaran Belanja Modal berupa Pengadaan Gedung Kantor Termin ke-2 sesuai Kontrak/SPK Nomor 25/xxx/2022, Tanggal 5 Juli 2022,BAPP Nomor 1/BAPP/2022 tanggal 10 Agustus 2022 dan BAP Nomor 1/BAP/2022 tanggal 12 Agustus 2022

111

  1. Kartu Pengawasan Kontrak;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Resume Kontrak;
  4. Detil Kontrak dari OM SPAN
  5. SSP.

30

SPM-LS ke Pihak Ketiga (Termin Terakhir)

Pembayaran Belanja …. (Barang/ Modal/ Bansos/ Lain-lain) Termin ke … (I/ II/ III/ dst.) sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., BAST Nomor …. Tanggal …. , BAP Nomor …. Tanggal ….

Pembayaran Belanja Modal berupa Pengadaan Gedung Kantor Termin ke-10 (Termin Terakhir) sesuai Kontrak/SPK Nomor 123/xxxx/2022, Tanggal 1 Juli 2022, BAST Nomor 1/BAST/2022 tanggal 10 Agustus 2022 dan BAP Nomor 1/BAP/2022 tanggal 12 Agustus 2022

111

  1. Kartu Pengawasan Kontrak;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Resume Kontrak;
  4. Detil Kontrak dari OM SPAN
  5. Asli SPTJM/ Bank Garansi (Akhir Tahun).
  6. SSP.

31

SPM-LS ke Pihak Ketiga (Retensi)

Pembayaran Belanja …. (Barang/Modal/Bansos/Lain-lain) sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., BAST Nomor …. Tanggal …., BAP Nomor …. Tanggal …., Jaminan Pemeliharaan Nomor …. Tanggal ….

Pembayaran Belanja Modal berupa Pengadaan Gedung Kantor Termin ke-10 (Retensi) sesuai kontrak/SPK nomor 123/BBBB/2022, tanggal 1 Juli 2022,  BAST Nomor 1/BAST/2022 tanggal 10 Agustus 2022 dan BAP Nomor 1/BAP/2022 tanggal 12 Agustus 2022, Jaminan Pemeliharaan Nomor 2/XX/2022 tanggal 15 Agustus 2022

111

  1. Kartu Pengawasan Kontrak;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Resume Kontrak;
  4. Fotocopy Jaminan Pemeliharaan yang disahkan oleh PPK.
  5. SSP.
 32

SPM-LS Sewa

Pembayaran Belanja Barang berupa Sewa ….. (Tanah/ Bangunan/ Kendaraan/ Peralatan/ Mesin/ Jaringan) sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., BAST Nomor …. Tanggal …. , BAP Nomor …. Tanggal ….

Pembayaran Belanja Barang berupa Sewa gedung kantor Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Besar sesuai Kontrak  Nomor 1/xx/2020 Tanggal 02-01-2022, BAST Nomor BAST-2/XX/2022 tanggal 03-01-2022, BAP Nomor BAP-04/XX/2022 Tanggal 04-01-2022

111

  1. Kartu Pengawasan Kontrak;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Resume Kontrak;
  4. Fotocopy SPKPBJ;
  5. SSP.

 SPM LANGSUNG PENGHASILAN KE-13 (SPM-LS PENGHASILAN KE-13)

33

SPM-LS Gaji Ketiga Belas

Pembayaran Gaji Bulan Ke-13 Tahun ….. Untuk…. Pegawai/ Anggota/ Prajurit

Pembayaran Gaji Bulan Ke-13 Tahun 2022 untuk 24 Pegawai/Anggota/ Prajurit (Pilih salah satu)

241

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Gaji Ketiga Belas (Halaman Luar Daftar Gaji/Rekap Daftar Gaji);

34

 SPM-LS Tukin Ketiga Belas

Pembayaran Tunjangan Kinerja Bulan Ke-13 Tahun ….. Untuk…. Pegawai/ Anggota/ Prajurit

Pembayaran Tunjangan Kinerja Ke-13 Tahun 2022 untuk 24 Pegawai/ Anggota/ Prajurit

243

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Tunkin Ketiga Belas (Halaman Luar Daftar Tunkin/ Rekap Daftar Tunkin);

35

SPM-LS Gaji Ketiga Belas (untuk Lembaga Non Struktural/ LNS)

Pembayaran Gaji Bulan Ke-13 Tahun ….. Untuk…. Pegawai 

Pembayaran Gaji Bulan Ke-13 Tahun 2022  Untuk 17 Pegawai 

245

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3.  Daftar Gaji Ketiga Belas (Halaman Luar Daftar Gaji/Rekap Daftar Gaji);

36

SPM-LS Gaji Ketiga Belas (Gaji 13 Pegawai Lainnya)

Pembayaran Gaji Bulan Ke-13 Tahun ….. Untuk…. Pegawai

Pembayaran Gaji Bulan Ke-13 Tahun 2022  Untuk 17 Pegawai 

241

  1. Lampiran SPM berupa Daftar Penerima;
  2. Lampiran SPM berupa detail Chart of Accounts (CoA);
  3. Daftar Gaji Ketiga Belas (Halaman Luar Daftar Gaji/Rekap Daftar Gaji);

 

SPM LANGSUNG TUNJANGAN HARI RAYA (SPM-LS THR)

37

SPM-LS THR (untuk PNS)

Pembayaran Tunjangan Hari Raya Tahun ….. Untuk…. Pegawai/ Anggota/ Prajurit

Pembayaran Tunjangan Hari Raya Tahun 2022 Untuk 17 Pegawai/ Anggota/ Prajurit (pilih salah satu)

251

Mengikuti Aturan Juknis Tahun Berjalan

38

SPM-LS THR Tunjangan Kinerja

Pembayaran THR Tunjangan Kinerja  Tahun ….. Untuk…. Pegawai/ Anggota/ Prajurit

Pembayaran THR Tunjangan Kinerja Tahun  2022  Untuk 17 Pegawai/ Anggota/ Prajurit (pilih salah satu)

259

Mengikuti Aturan Juknis Tahun Berjalan

39

SPM-LS THR (untuk Lembaga Non Struktural/ LNS)

Pembayaran THR Tunjangan Kinerja  Tahun ….. Untuk…. Pegawai/ Anggota/ Prajurit

Pembayaran THR Tunjangan Kinerja Tahun  2022  Untuk 17 Pegawai/ Anggota/ Prajurit (pilih salah satu)

252 / 253 / 254

Mengikuti Aturan Juknis Tahun Berjalan

40

SPM-LS THR (THR Pegawai Lainnya)

Pembayaran Gaji Ketiga Belas  Tahun ….. Untuk…. Pegawai/ Anggota/ Prajurit

Pembayaran THR Tunjangan Kinerja Tahun  2022  Untuk 17 Pegawai/ Anggota/ Prajurit (pilih salah satu)

252 / 253 / 254

Mengikuti Aturan Juknis Tahun Berjalan

SPM LANGSUNG PENGESAHAN HIBAH

41

SP2HL (Pengesahan Hibah Uang)

Pengesahan Hibah Langsung ... (Dalam Negeri/ Luar Negeri) dalam bentuk Uang TA .... untuk kegiatan ………… sesuai ... (Surat Perjanjian Hibah/NPHD/NPHLN) Nomor : ……… Tanggal …………

Pengesahan Hibah Langsung  Dalam Negeri/ Luar Negeri dalam bentuk Uang TA 2022 untuk kegiatan Rehabilitasi Asrama sesuai Surat Perjanjian Hibah Nomor :2/PHLN/2022 Tanggal 2 Februari 2022

512

  1. Salinan Rekening Koran atas Rekening Hibah;
  2. Salinan Surat Penetapan No. Reg Hibah untuk Pengajuan SP2HL pertama Kali;
  3. SPTMHL;
  4. Salinan Surat Persetujuan Pembukaan Rekening untuk Pengajuan SP2HL pertama kali.(sesuai PMK-99/PMK.05/2017)

42

SP4HL (Pengembalian Sisa Hibah Uang)

Pengesahan Pengembalian Hibah Langsung ... (Dalam Negeri/ Luar Negeri) dalam bentuk Uang TA .... untuk kegiatan ………… sesuai ... (Surat Perjanjian Hibah/ NPHD/ NPHLN) Nomor : ……… Tanggal ………

Pengesahan Pengembalian Hibah Langsung  Dalam Negeri/ Luar Negeri dalam bentuk Uang TA 2022 untuk kegiatan Rehabilitasi Asrama sesuai Surat Perjanjian Hibah Nomor :2/PHLN/2022 Tanggal 2 Februari 2022

514

  1. Salinan Rekening Koran atas Rekening Hibah;
  2. Salinan bukti pengiriman/ transfer.(sesuai PMK-99/PMK.05/2017)

43

MPHL-BJS (Pengesahan Hibah Barang/ Jasa/ Surat Berharga)

Pengesahan Hibah Langsung ... (Dalam Negeri/ Luar Negeri) dalam bentuk ... (Barang/Jasa/Surat Berharga) TA …. sesuai ... (Surat Perjanjian Hibah/NPHD/NPHLN) Nomor : ………… Tanggal …………

Pengesahan Hibah Langsung  Dalam Negeri/ Luar Negeri dalam bentuk Jasa TA 2022  sesuai Surat Perjanjian Hibah Nomor :2/PHLN/2022 Tanggal 2 Februari 2022

513

  1. Surat Penetapan Nomor Register Hibah;
  2. BAST;
  3. SPTMHL.(sesuai PMK-99/PMK.05/2017)

SPM PENGEMBALIAN PENERIMAAN

44

SPM-PP PNBP (Tahun Berjalan)

Pembayaran Pengembalian PNBP Tahun ..... sesuai Surat Ketetapan Keterlanjuran Setoran Penerimaan Negara (SKKSPN) Nomor ... tanggal....

Pembayaran Pengembalian PNBP Tahun 2022 sesuai Surat Ketetapan Keterlanjuran Setoran Penerimaan Negara (SKKSPN) Nomor  1/ WPB.01/ KPN.01.01/ 2022  tanggal 2 Maret 2022

421

  1. Surat Ketetapan Keterlanjuran Setoran Penerimaan Negara (SKKSPN);
  2. Surat Keterangan Telah Dibukukan (SKTB);
  3. Copy BPN atas setoran/ potongan SPM;
  4. Copy rekening tujuan pengembalian PNBP
  5. SPTJM yang dibuat sesuai dengan format Lampiran huruf C pada PMK No. 96/PMK.05/2017

45

SPM-PP PNBP (Tahun Lalu)

Pembayaran Pengembalian PNBP Tahun ..... sesuai Surat Ketetapan Keterlanjuran Setoran Penerimaan Negara (SKKSPN) Nomor ... tanggal....

Pembayaran Pengembalian PNBP Tahun 2022 sesuai Surat Ketetapan Keterlanjuran Setoran Penerimaan Negara (SKKSPN) Nomor  1/ WPB.01/ KPN.01.01/ 2022  tanggal 2 Maret 2022

421

  1. Surat Ketetapan Keterlanjuran Setoran Penerimaan Negara (SKKSPN);
  2. Surat Keterangan Telah Dibukukan (SKTB);
  3. Copy BPN atas setoran/ potongan SPM;
  4. Copy rekening tujuan pengembalian PNBP
  5. SPTJM yang dibuat sesuai dengan format Lampiran huruf C pada PMK No. 96/PMK.05/2017

SPM PADAT KARYA

46

SPM-LS Padat Karya (Kontraktual)

Pembayaran belanja ..... (barang/ modal/ bantuan sosial/ lain-lain) sesuai Kontrak No....... Tgl....... SPMK/Jaminan Uang Muka/ BAP/ BAST/ Jaminan Pemeliharaan No....... Tgl.......dengan realisasi upah tenaga kerja padat karya sebesar Rp....... dan jumlah tenaga kerja sejumlah .....Orang

Pembayaran belanja modal sesuai Kontrak No 1/XXX/2022 Tgl. 2 Februari 2022, SPMK/Jaminan Uang Muka/BAP/BAST/ Jaminan Pemeliharaan No 2/AAA/2022 Tgl. 5 Februari 2022 dengan realisasi upah tenaga kerja padat karya sebesar Rp. 5.000 dan jumlah tenaga kerja sejumlah 10 Orang

111

  1. Sama dengan pengajuan SPM-LS sesuai PMK-190/PMK.05/2012;
  2. Pencantuman informasi tenaga kerja sesuai dengan ND-338/PB.2/2021.

47

SPM-GUP Padat Karya

Penggantian Uang Persediaan untuk keperluan belanja ........ (barang/ modal/ lain-lain) dengan realisasi upah tenaga kerja padat karya sebesar Rp....... dan jumlah tenaga kerja sejumlah ......Orang

Penggantian Uang Persediaan untuk keperluan belanja barang dengan realisasi upah tenaga kerja padat karya sebesar Rp. 5.000 dan jumlah tenaga kerja sejumlah 2 Orang.

312

  1. Sama dengan pengajuan SPM-GU sesuai PMK-190/PMK.05/2012;
  2. Pencantuman informasi tenaga kerja sesuai dengan ND-338/PB.2/2021.

48

SPM-PTUP Padat Karya

Pertanggungjawaban Tambahan UP untuk keperluan belanja ........ (barang/ modal/ lain-lain) dengan realisasi upah tenaga kerja padat karya sebesar Rp....... dan jumlah tenaga kerja sejumlah ......Orang

Pertanggungjawaban Tambahan UP untuk keperluan belanja barang dengan realisasi upah tenaga kerja padat karya sebesar Rp. 5.000 dan jumlah tenaga kerja sejumlah 3 Orang.

322

  1. Sama dengan pengajuan SPM-PTUP sesuai PMK-190/PMK.05/2012;
  2. Pencantuman informasi tenaga kerja sesuai dengan ND-338/PB.2/2021.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search