Berita

Seputar Kanwil DJPb

Focus Group Discussion (FGD) SAKTI K/L Satker KPPN Banda Aceh dengan Kategori Mega

   

   Pengembangan dan implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) merupakan salah satu program prioritas nasional dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan APBN melalui integrasi seluruh sistem aplikasi pengelolaan keuangan pada Kementerian Negara/Lembaga (K/L), mulai dari tahap penganggaran, pelaksanaan sampai dengan tahap pelaporan/pertanggungjawaban.
   Dalam rangka persiapan implementasi SAKTI Full module (rollout SAKTI) pada tahun 2022 diperlukan adanya masukan terkait kesiapan Satker dalam mengimplementasikan SAKTI web full module, termasuk identifikasi tantangan diantaranya: kecukupan SDM, infrastruktur jaringan internet, dan lain sebagainya.
    Maksud dan tujuan dilaksanakannya Focus Group Discussion (FGD) SAKTI KL dengan Kategori Mega adalah sebagai berikut:
a. Mendapatkan masukan terkait kesiapan Satker dalam mengimplementasikan SAKTI web Full module;
b. Mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi Satker pada proses persiapan maupun impelementasi SAKTI web full module;
c. Memastikan kesiapan dan ketersediaan SDM Satker pada saat implementasi SAKTI web full module;
d. Mengidentifikasi permasalahan terkait kesiapan infrastruktur terutama jaringan internet yang memadai di setiap Satker;
e. Mendorong percepatan pendaftaran user SAKTI pada Satker.


    Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) SAKTI K/L dengan Kategori Mega dilaksanakan secara tatap muka di Aula Gedung D Lt. V Gedung Keuangan Negara Banda Aceh. Mengingat pada saat pelaksanaan kegiatan kondisi masih dalam keadaan darurat Covid-19, pelaksanaan kegiatan dibagi kedalam 2 batch dengan mengundang tidak lebih dari 20 Satker pada tiap batch. Jumlah Satker yang hadir sebanyak 37 Satker dari total 40 Satker yang diundang. Sedangkan peserta yang mengisi daftar hadir berjumlah 71 orang. FGD SAKTI K/L dengan kategori mega dibuka oleh Plh. Kepala KPPN Banda Aceh Bapak Mohamad Firdaus, sedangkan Materi bimbingan teknis disampaikan oleh saudara Husaini, pegawai Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal.
    Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan FGD tersebut adalah Satker lebih memahami mengenai persiapan-persiapan yang harus dilakukan dalam rangka implementasi SAKTI web full module, KPPN dan Satker sepakat untuk melakukan akselerasi pendaftaran user SAKTI dalam rangka implementasi SAKTI web full module, dan Satker diharpkan dapat memberikan masukan dan saran terkait implementasi SAKTI Web Full Module serta tantangan dan kendala yang dihadapi Satker dalam implementasi SAKTI Web Full Module.
    Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) SAKTI K/L dengan kategori mega diikuti oleh 37 Satker dari Kementerian/Lembaga dengan kategori mega dalam wilayah kerja KPPN Banda Aceh. Secara umum kegiatan berlangsung lancar dan tertib. Saran dari Satker agar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) SAKTI tersebut segera ditindak lanjuti dengan pelaksanaan bimbingan teknis aplikasi SAKTI guna memberikan kesiapan kepada Satker khususnya operator aplikasi dalam rangka menyambut implementasi SAKTI web full module di tahun 2022. Kegiatan bimbingan teknis ini berlangsung selama dua hari, acara dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Ci Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search