Pengajuan User OMSPAN

Permohonan User OMSPAN

 

Dalam Rangka Memberikan Layanan Informasi Yang Cepat, Akurat, Terinci Dan Terintegrasi Mengenai Implementasi Sistem Perbendaharaan Dan Anggaran Negara (SPAN), Ditjen Perbendaharaan Telah Mengembangkan Suatu Aplikasi Berbasis Web Yang Dinamakan Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Dan Anggaran Negara (Aplikasi OM-SPAN). Aplikasi OM-SPAN Dapat Di Akses Dengan Mengetikan Alamat Web Http://Spanint.Kemenkeu.Go.Id Pada Browser Di Computer / Laptop / Smartphone Yang Tersambung Dengan Jaringan Internet.

OM-SPAN (Online Monitoring SPAN) Adalah Aplikasi Berbasis Web Yang Dapat Di Akses Melalui Jaringan Internet Dan Internet Yang Digunakan Untuk Melakukan Monitoring Transaksi SPAN Dan Menyajikan Reporting Sesuai Kebutuhan.

Dasar Hukum

Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-41/PB/2014 Tentang Penggunaan Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Dan Anggaran Negara.

Konsep OMSPAN

Memindahkan Data Dari SERVER SPAN Sesuai Kebutuhan, Penarikan Data Bersifat Incremental Baik Dilakukan Dengan Menjalankan Batch Dalam Setiap Jam Maupun Batch Pada Akhir Hari. Dengan Aplikasi Ini User Pada KPPN/ Satker Tidak Perlu Melakukan Akses Langsung Ke Sistem SPAN Tapi Dapat Menggunakan Computer Lain /Mobile Device.Aplikasi Ini Dikembangkan Secara Inhouse Oleh Tim Pada Direktorat DTP, Sehingga Jika Dibutuhkan Pengembangan Kedepannya Dapat Dilakukan Secara Cepat.

  • OMSPAN G2 Telah Dapat Digunakan Mulai Tahun 2016 Dengan Tetap Menyediakan Dashboard Untuk Monitoring Transaksi Penerimaan,Pengeluaran Dan Penyaluran APBN Melalui SPAN, Termasuk Monitoring Pagu DIPA,Realisasi Anggaran, Sisa Anggaran, Penyelesaiaan SP2D Oleh KPPN, Data Penerimaan, Dan Rekonsiliasi.
  • Penyempurnaan Yang Dilakukan Pada OMSPAN G2 Ini Atara Lain Adalah Perbaikan Dari Sisi Kecepatan Dan Kenyamanan Para Pengguna. Dari Sisi Kecepatan, Perbaikan Dilakukan Terhadap Response Time Aplikasi Sehingga Akses Para Pengguna Semakin Cepat.Sedangkan Dari Sisi Kenyamanan,Perbaikan Dilakukan Dengan Membuat Tampilan Resolusi Gambar Yang Dapat Menyesuaikan Perangkat Pengakses Seperti Monitor Layar Lebar,Tablet Dan Telpon Seluler.
  • OMSPAN G2 Tetap Menggunakan Aplikasi Berbasis Web Yang Dapat Di Akses Oleh Para Pengguna Dengan Menggunakan Browser Google Chrome Yang Terkoneksi Internet.Terkait Dengan Penggantian Default Browser Yang Diperlukan OMSPAN G2, Mohon Kiranya Satker Dapat Melakukan Install/Set Up Browser Tersebut Pada PC Yang Digunakan Untuk Akses OMSPAN G2.
  • Alamat Situs Untuk Mengakses OMSPAN G2 Masih Sama Dengan Tahun Lalu,Yaitu Spanint.Kemnkeu.Go.Id.

Syarat Pengajuan User OMSPAN

Untuk Login Ke Dalam Aplikasi Tersebut, Telah Di Sediakan User Dan Password Untuk Seluruh Satker Per-DIPA.User Dan Password Dapat Diperoleh Dengan Terlebih Dahulu Mengajukan Persyaratan Dengan Format Dan Lampiran Sebagaimana Diatur Dalam Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-41/PB/2014 Tentang Penggunaan Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Dan Anggaran Negara,Antara Lain :

  1. Surat Permohonan Pembuatan User ID Dan Password Aplikasi Online Monitoring SPAN ;
  2. Form Isian /Data Pengguna Aplikasi OM-SPAN Level SATKER;

Modul Modul Dalam OMSPAN Satker

  1. Modul Penganggaran : Untuk Mengetahui Informasi Revisi DIPA, Realisasi Dan Sisa Pagu, Termasuk Informasi Mengenai Penolakan Revisi DIPA Karena Menyebabkan Pagu Minus
  2. Modul Komitmen : Untuk Mengetahui Informasi Tentang Data Supplier
  3. Modul Pembayaran : Untuk Mengetahui Status Payment Management Resyme Tagihan (PMRT), Mencetak Daftar SP2D Dan Rekap Penerbitan SP2D Serta Karwas UP/TUP
  4. Modul Penerimaan : Untuk Monitoring Potongan SPM, Realisasi Pendapatan Per Akun, Juga Dapat Digunakan Untuk Mengetahui NTPN Yang Benar Atas Transaksi Setoran Yang Telah Dilakukan Dan Unduh ADK Konfirmasi / Koreksi Penerimaan Negara
  5. Modul Bank :Untuk Monitoring Status SP2D Termasuk Informasi Mengenai Retur SP2D
  6. Referensi : Selain Fungsi Monitoring Tersebut Satker Juga Dapat Mengetahui Kode Satker, Kode KPPN Dan Kode Akun Yang Benar Dengan Memanfaatkan Menu Referensi Yang Telah Disediakan.

Frekuensi Update Data OMSPAN

Frekuensi Update Data OMSPAN :

  1. Dashboard : 1 Jam
  2. User : 1 Hari
  3. Penganggaran : 1 & 2 Jam
  4. Pembayaran : 1 Jam
  5. GR/Pemnerimaan : 1 Jam
  6. Bank : 1 Jam
  7. TV : 1 Jam
  8. Supplier : 2 Jam
  9. Pelaporan : 1 Hari
  10. Session : 30 Menit

Petunjuk Manual OMSPAN

  1. Petunjuk Manual Omspan 2021 Terkait Konfirmasi Capaian Output (KCO)
  2. Petunjuk Manual OMSPAN Pemda Untuk Penyaluran Dana Desa Tahap I TA 2021
  3. Jiknis Tahap I Mekanisme BLT Pemda Melalui Aplikasi OMSPAN
  4. Juknis Tahap II Mekanisme BLT Pemda Melalui Aplikasi OMSPAN
  5. Panduan OMSPAN 2020 Modul DAK Fisik Tahap 2 Level Pemda
  6. Panduam OMSPAN 2020 Modul DAK Fisik Tahap 2 Level Dinas

Blangko

1. Permohonan User & Password OMSPAN

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Banda Aceh
Gedung Keuangan Negara, Gd A Lantai 1 
Jl Tgk Chik Di Tiro, Gampong Ateuk, Kec. Baiturrahman
Tel: 0651-29804 Fax: 0651-29804

IKUTI KAMI

Search