Berita

Seputar Kanwil DJPb

Pentingnya Menjunjung Tinggi Integritas

Kunjungan Kerja Kepala Kanwil DJPb Provinsi Lampung, Bapak Sofandi Arifin di KPPN Bandar Lampung didampingi Kepala bagian Umum Bapak Sugihartono adalah dalam rangka pengarahan untuk peningkatan Kinerja Layanan KPPN Bandar Lampung sekaligus pekenalan beliua selaku pejabat Kepala Kanwil DJPb Provinsi Lampung yang baru.

Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Bandar lampung Bapak Abdul Rahman, memberikan ucapan selamat datang, beliau memperkenalkan seluruh pegawai berurutan, dimulai proses penerimaan tagihan kepada negara pada tahap pelaksanaan anggaran sampai dengan pertanggungjawaban anggaran. mulai dari Front Office s.d. Back Office, (supporting unit).

Kepala KPPN juga menceritakan sejarah berdirinya KPPN Bandar Lampung, mulai awal berdiri terdiri dari 2 Kantor : KKN dan KPN sampai dengan perubahan nomenklatur dan penguatan fungsi pelayanan, sampai menjadi nama Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bandar Lampung.

Selanjutnya tantangan KPPN Bandar Lampung kedepannya adalah komposisi SDM yang banyak akan memasuki usia pensiun (saat ini 15 orang pegawai berusia diatas 55 tahun) dan dapat melayani 305 satker dan 6 Pemerintah Daerah dengan lebih baik.

Di penghujung sambutannya, Kepala KPPN Bandar Lampung mohon bimbingan arahan Kakanwil sebagai pembina KPPN yang akan ditindaklanjuti demi perbaikan kedepannya.

Dalam arahannya Kepala Kanwil DJPb Provinsi Lampung disaampaiakan pentingnya penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan, Integritas/kejujuran sangat penting karena kerja juga sebagai ibadah. Khusus arahan tentang integritas, beliau memutar pidato Menteri Keuangan tentang pentingnya menjunjung tinggi Integritas saat memberikan sambutan di wisuda PKN STAN 2019.

 Sejalan dengan tagline kemerdekaan Republik Indonesia “SDM Unggul, Indonesia Maju” perlu penguatan SDM lingkup Kanwil DJPb Provinsi Lampung, dimulai dengan pendataan dan dilanjutkan dengan pelatihan untuk :

  1. Kepatuhan Internal
  2. Media Sosial (website,instagram)

Kepatuhan Internal penting sebagai bagian konsep “three lines of defence”  yaitu sebagai pengendalian internal dalam mengawal organisasi mencapai tujuan yang dtetapkan. Sedangkan pengelolaan media sosial yang efektif penting untuk menunjang fungsi kehumasan.

Beberapa kinerja KPPN Bandar Lampung yang perlu perbaikan/peningkatan, karena mendapat peringkat bawah dibanding KPPN wilayah Lampung lainnya,antara lain :

  1. Nilai IKPA selaku Kuasa BUN
  2. Nilai IKPA selaku satker
  3. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat
  4. Proses Penyelesaian SP2D 1 Jam
  5. Progress implementasi Kartu Kredit Pemerintah
  6. Progress Data Rencana Penarikan Dana Satker

Selain hal tersebut, apresiasi diberikan untuk :

  1. Implementasi ISO 9001:2015
  2. Pelaksanaan Sertifikasi Bendahara
  3. Pengelolaan Kinerja

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search