Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Bantaeng Pastikan Transparansi Dana Desa Kabupaten Jeneponto sampai ke Kepala Desa

 

 

 

Selasa – 31 Agustus 2021, Kepala KPPN Bantaeng, Poerfika Agus Bachtiar turut menjadi narasumber dalam pertemuan “Rapat Koordinasi Percepatan dan Penyerapan Realisasi Dana Desa” yang diselenggarakan oleh Pemda Kabupaten Jeneponto. Pertemuan ini dihadiri oleh Bupati dan Para Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto, Kepala KPPN Bantaeng, Kepala KPP Pratama Bantaeng, Kepala Cabang Bank BPD Kantor Cabang Jeneponto, serta Kepala Desa di lingkup Kabupaten Jeneponto. Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar membuka acara pada pukul 10.00 WITA dimulai dengan memaparkan realisasi penyaluran Dana Desa di Kabupaten Jeneponto.  

Pertemuan ini dilatarbelakangi oleh perlunya klarifikasi atas  realisasi penyaluran Dana Desa di wilayah Kabupaten Jeneponto yang masih rendah dan keluh kesah dari para Kepala Desa di wilayah Kabupaten Jeneponto. Pertemuan dan sesi diskusi kali ini menitikberatkan pada sinergi komunikasi antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala Desa dan pendamping desa agar dapat terjalin dengan baik. Pihak Desa meminta agar  frekuensi komunikasi dan pendampingan dana desa oleh asisten pendamping dilakukan lebih sering dan penyaluran dilakukan dengan cepat, tanpa perlu administrasi yang berbelit-belit.

Perlu diketahui, bahwa sebelum mengajukan dokumen persyaratan penyaluran Dana Desa, Kepala Desa wajib untuk menyampaikan dokumen pertanggungjawaban sebagai tanggungjawab atas pelaksanaan penyaluran anggaran agar dana desa dapat dicairkan. Lalu, Kepala Desa juga wajib melakukan pemungutan pajak pada transaksi kena pajak yang menggunakan Dana Desa. Jangan sampai, Ketika Dana Desa sudah dinikmati oleh masyarakat, tetapi ada transaksi yang seharusnya kena pajak namun belum dilakukan pemungutan. Karena dari 82 desa di Kabupaten Jeneponto, baru ada 9 desa yang melakukan pemungutan pajak. Selain itu, Dinas PMD tentunya harus melakukan pelayanan yang maksimal dalam memberikan arahan dan melakukan pendampingan desa.

 

Dalam kesempatan kali ini, Pak Poerfika menjelaskan langsung kepada Para Kepala Desa wilayah Kabupaten Jeneponto mengenai dokumen persyaratan penyaluran Dana Desa dan BLT serta mengklarifikasi alur dan skema penyaluran Dana Desa yang kadang disalahpahami oleh masyarakat. Apabila semua persyaratan dari desa yang diupload oleh Pemda ke OMSPAN telah siap, KPPN siap mencairkan. “KPPN berkomitmen, apabila data yang  masuk ke OM-SPAN telah lengkap dan sesuai, maka kami akan langsung memproses. Surat Perintah Pencairan Dana yang diterbitkan oleh KPPN diberi tanggal hari berkenaan” Tutup Poerfika.

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Bantaeng
Jalan Raya Lanto No.112, Pallantikang, Kec. Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan 92411
WA 087761671607
Telp 0413-21121

IKUTI KAMI

 

LAYANAN PENGADUAN

Search