Bimtek Atas Permintaan Satker (Banter)

Salah satu tugas KPPN adalah melaksanakan Pembinaan dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perbendaharaan kepada satuan kerja pengelola dana APBN. Implementasi dari tugas pembinaan dan bimbingan teknis tersebut adalah dalam bentuk sosialisasi, bimbingan teknis, workshop, dan layanan konsultasi, baik yang dilaksanakan secara tatap muka maupun secara online dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam pelaksanaannya, sosialisasi dan bimbingan teknis diselenggarakan dengan materi yang ditentukan oleh KPPN sebagai tindak lanjut atas kebijakan yang ditetapkan oleh Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan.

Selain Bimbingan Teknis yang diselenggarakan atas inisiatif KPPN, Satker juga bisa menyampaikan usulan bimbingan teknis dengan ateri tertentu disesuaikan dengan kondisi SPM satker berkenaan. Misalnya ketika ada rotasi pegawai di satker dan terjadi pergantian petugas pengelola keuangan, satker tersebut dapat mengajukan permintaan bimtek untuk para petugas pengelola keuangan yang baru tersebut dengan materi sesuai kebutuhan satker. Banter bisa diselenggarakan di satuan kerja atau di Mini TLC KPPN Bitung yang sudah dipersiapkan dengan dilengkapi sarana dan prasarana yang lengkap untuk menyelenggaraan proses belajar mengajar.

Teknis pengajuan permintaan Banter sendri sangat sederhana, yaitu Satker cukup mendaftar melalui link https://bit.ly/daftar_banter. Selanjutnya KPPN Bitung akan menindaklanjutinya dengan menetapkan jadwal penyelenggaraan Banter untuk satker berkenaan atau untuk beberapa satker secara bersama-sama.

Penyelenggaraan Banter telah dilaksanakan kepada beberapa satker dengan menyampaikan berbagai materi yang dibutuhkan satker, seperti teknis aplikasi e-jafung, pengisian data capaian output, teknis aplikasi market place, aplikasi SAS, dan sebagainya. Dengan didukung ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan narasumber dan instruktur yang berpengalaman di bidangnya, tingkat efektivitas pelaksanaan Banter diyakini sangat tinggi, hal ini tercermin dari pencapaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Kementerian/Lembaga lingkup KPPN Bitung yang tergolong sangat tinggi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search