Berita

Seputar KPPN Denpasar

Ujian Sertifikasi Bendahara Batch III dan IV

(Denpasar, KPPN Denpasar) KPPN Denpasar kembali menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk ujian sertifikasi bendahara yang dikomandoi oleh Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI. Ujian bagi bendahara satuan kerja dilakukan dalam dua tahap yaitu ujian komprehensif dan ujian sertifikasi. Ujian sertifikasi hanya dapat diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus ujian komprehensif.

Pelaksanaan ujian batch III dan IV dilakukan pada hari Rabu, 11 Maret 2020 bertempat di aula KPPN Denpasar. Jumlah perserta ujian komprehensif yang terdaftar adalah enam belas orang. Yang dinyatakan lulus ujian komprehensif yaitu sebelas orang dan diperbolehkan mengikuti ujian sertifikasi pada hari yang sama.

Ujian Sertifikasi Bendahara merupakan rangkaian proses uji secara objektif untuk menilai karakter, kompetensi, dan kemampuan untuk menjadi bendahara penerima, bendahara pengeluaran, atau bendahara pengeluaran pembantu berdasarkan standar kompetensi bendahara. Bendahara mempunyai peran yang sangat penting dalam pengelolaan APBN karena di tangan bendaharalah segala kegiatan yang telah direncanakan dapat direalisasikan sesuai sasaran program Kementerian Negara/Lembaga berdasarkan regulasi yang berlaku.

Salah satu peserta, M. Furqon dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Denpasar menyampaikan pentingnya bendahara untuk memiliki kompetensi melalui proses sertifikasi. “Sertifikasi bendahara bisa sekaligus dijadikan alat untuk crosscheck, apakah praktik yang dijalankan selama ini telah sesuai teori. Untuk bendahara baru, sertifikasi bendahara bisa jadi sarana belajar (sebelum menjalankan tugas).”

Setelah menjawab enam puluh soal dalam waktu enam puluh menit, kesebelas peserta ujian sertifikasi dinyatakan lulus dan berhak mengantongi sertifikat bendahara dengan masa berlaku lima tahun. KPPN Denpasar mengucapkan selamat kepada peserta yang dinyatakan lulus dan berharap para bendahara satuan kerja dapat bekerja dengan kompetensi yang telah diperbarui. Peningkatan kualitas bendahara merupakan langkah penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara. /kum

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search