Peningkatan Kinerja Melalui MONEV

KPPN Gorontalo - Selama dua hari yakni tanggal 24 dan 25 Juli 2018 sebanyak 34 Satuan Kerja wilayah pembayaran KPPN Gorontalo mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi serta Pendampingan Penyerapan Anggaran Semester I TA 2018 di ruang TLC KPPN Gorontalo Jalan Jenderal Sudirman No 58 Kota Gorontalo.

Kegiatan monev dan pendampingan penyerapan anggaran Semester I TA 2018   yang ditujukan kepada Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK ) atau Pejabat Penerbit / Penandatangan SPM dimaksudkan untuk inventarisasi permasalahan dan kendala penyerapan anggaran pada satuan kerja, upaya yang sudah dilakukan serta target realisasi yang akan dilaksanakan.

Dalam kegiatan Monev dan Pendampingan tersebut dilakukan penyampaian materi oleh 2 narasumber yakni dari Kepala Seksi Pencairan Dana tentang Pengelolaan Anggaran Yang Berkualitas yang meliputi 5 komponen penting dimana satker bisa disebut berkualitas dalam pengelolaan anggarannya yakni Memiliki Ketepatan Waktu, Akurasi, Responsif/Inovatif serta Komitmen pada Aturan. Sementara Kepala Seksi MSKI mengungkap secara detail faktor penyebab penurunan kinerja dan solusi untuk mengatasinya.

Berdasarkan data per 30 Juni 2018 untuk per jenis belanja ada 10 satuan kerja yang ikut kegiatan Monev tersebut  penyerapan anggaran yang dikelolanya belum optimal dan 1 satker diantaranya belum ada realisasi ( realisasi 0 % ) , sementara untuk jenis belanja modal ada sebanyak 24 Satuan Kerja dan 11 satker diantaranya realisasi 0 % ( belum ada realisasi ).

Tim Pendampingan ( PIC Satker ) yang melakukan konfirmasi langsung atas progress pengelolaan anggaran satker tersebut melakukan pendataaan dan konfirmasi untuk memperoleh penjelasan berkenaan dengan kendala, permasalahan, upaya yang sudah dilakukan serta memastikan penetapan target realisasi selanjutnya oleh satuan kerja berkenaan. Diharapkan dengan metode ini penyerapan anggaran satuan kerja akan cepat teralisir dengan maksimal (BW)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search