Profil

Sejarah Kanwil DJPb

Sejarah

KPPN Gunungsitoli adalah instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, mulai berdiri dan melaksanakan tugas di Kepulauan Nias, Kota Gunungsitoli sejak 1 April 1975 dengan nama Kantor Kas Negara (KKN) dan Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) yang pada saat itu dibawah naungan Direktorat Jenderal Anggaran. Keberadaan KPN dan KKN di Gunungsitoli disambut dan didukung oleh Pemerintah Daerah hal ini terlihat dengan diberi kemudahan  untuk mendapat lokasi dan gedung untuk melaksanakan tugas operasional. Bupati Gunungsitoli pada waktu itu meminjamkan rumah dinasnya untuk dipakai oleh KKN dan KPN, namun seiring dengan pemantapan pelaksanaan pelayanan diwilayah kepulauan Nias maka pada tahun 1978 pemerintah (Departemen Keuangan) melakukan pembelian lahan tepatnya di Jalan Pancasila Nomor 13 untuk pembangunan gedung permanen. Pembangunan gedung dimulai pada tahun 1979 hingga pada tahun 1980 gedung selesai dibangun dan dapat ditempati. Secara garis besar tugas dan fungsi KKN adalah melaksanakan pembayaran secara tunai atas bebab APBN (Comptable), sementara KPN melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pengujian atas pembayaran yang diajukan kepada negara atas beban APBN (Ordonansering).

Selama 15 (lima belas) tahun KPN dan KKN melaksanakan tugas dan fungsi di Kapulauan Nias hingga akhirnya sampai dengan tahun 1989,  berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 645/KMK.01/1989 tentang Reorganisasi di Lingkungan Direktorat Jenderal Anggaran dan Surat Edaran Dirjen Anggaran Nomor SE-155/A/1989, maka terhitung tanggal 01 Januari 1990 KPN dan KKN diintegrasikan menjadi 1(satu) kantor yaitu dengan nama Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN).  Tugas dan fungsi KPKN mengalami pengurangan jika dibandingkan dengan KKN dan KPN, karena pembayaran secara tunai telah diganti dengan pembayaran secara Giral, disamping itu ada beberapa tugas yang dialihkan ke PT Taspen yaitu tentang pembayaran pensiun. Perampingan tugas dan fungsi KPKN dimaksudkan agar lebih fokus terhadap tugas pemeriksaan atas penyaluran belanja negara (rechmaticheid dan doelmaticheid).

Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 302/KMK.01/2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Keuangan dan Surat Edaran Dirjen Perbendaharaan Nomor SE-01/PB/2004 tentang Penyelenggaraan Tugas Pokok dan Fungsi Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Eselon I (Direktoral Jenderal Anggaran) terpecah menjadi 2, yaitu Direktoral Jenderal Anggaran dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) berubah menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sehingga KPKN Gunungsitoli berubah nama menjadi KPPN Gunungsitoli sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Sejak dibangun hingga saat ini KPPN Gunungsitoli beralamat di Jalan Pancasila Nomor 13 Gunungsitoli.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search