Dari OJT KPPN Jakarta III 2017 untuk Indonesia

 

Per 27 Oktober 2017 selesai sudah serangkaian program OJT (On Job Training) bagi para lulusan Diploma I dan Diploma III Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2016. Bergabung dengan KPPN Jakarta III dan di seluruh KPPN lingkup Kanwil DKI Jakarta sejak akhir tahun lalu dan langsung ikut merasakan padatnya arus SPM (Surat Perintah Membayar) yang terus menerus mengalir berdatangan.  Meskipun baru mengenali dunia perbendaharaan, semangat para pegawai OJT ini sangatlah tinggi. Mereka belajar sedikit demi sedikit untuk memahami proses bisnis yang berlangsung di kantor yang terletak di daerah Otista ini.

Sederet kegiatan pun telah dilewati oleh para pegawai CPNS Kemenkeu ini selama menjalani masa OJT, meliputi Orientasi Program Induksi, DTSD (Diklat Teknis Substansi Dasar), LATSAR, DTU Pembinaan Karakter, Tes Profilling CPNS serta Diklat SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) untuk bekal saat bertugas di tempat yang baru nanti.

Dan penantian yang panjang akan sebuah kepastian pun terjawab sudah. Tepat tanggal 18 Oktober 2017, di sore rabu yg berselimut mendung itu akan menjadi hari yang paling terkenang seumur hidup. Status calon yang melekat selama hampir setahun kini memudar dengan dilaksanakannya pembagian SK di hari itu. Suasana penuh suka cita pun pecah saat masing-masing membaca nama daerah yang tersebar di seluruh Indonesia di mana mereka ditempatkan. Senang, lelah, panik, sedih, bingung, cemas, lega, bahagia, semua bersatu padu melebur dengan air mata yang berjatuhan.

Terima kasih kepada keluarga besar KPPN Jakarta III, atas kerja keras, kehangatan, keramahan, dan kekeluargaan yang telah terjalin, terus menjadi pelopor dan memberikan pelayanan yang excellent.

Semangat rekan-rekan, segalanya tidak berakhir dengan hanya selembar kertas, namun dengan selembar kertas itulah kehidupan kita untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa akan dimulai. Selamat mengeksplorasi keindahan dan kekayaan alam serta budaya Indonesia di seluruh penjuru negeri ini. Selamat mengabdi dan bekerja nyata untuk bangsa. Setetes keringat kita, memberikan tetesan harapan perubahan untuk menjadi lebih baik, seberat apapun perjuangan kita, ingatlah perjuangan orangtua kita. Selamat berkarya DJPb angkatan 2016. Korupsi bukanlah jati diri, Bekerjalah melayani untuk mengharumkan ibu pertiwi. (Penulis: M. Sahid Ashari)

 

Berikut ini lokasi penempatan kami, dari Sumatera Barat sampai ujung timur pulau Papua (Merauke), dari ujung utara pulau Kalimantan (Nunukan) hingga ujung selatan Indonesia (Saumlaki, dah deket ke Australia, hehe):

NO.

NAMA

ASAL DOMISILI

PENEMPATAN

1

ABI DZAR GHIFFARI

BANJARMASIN

KPPN KOTABARU

2

ABIL FIKRI AUDIA

PEKANBARU

KPPN RANTAU PRAPAT

3

ADITYA IKA KHARISMAWATI

TEGAL

KPPN PALOPO

4

BELLA MUTIA ALYUMATIN

TEGAL

KPPN PALANGKARAYA

5

DEVI TIKA RAHMASARI

SLEMAN

KPPN BANJARMASIN

6

ELSA DWI YULIAWATI

BANDUNG

KPPN KETAPANG

7

ELSITA MAYVRISA DEWI

SOLO

KPPN SUMBAWA BESAR

8

HANIP TARMIZI

PALEMBANG

KPPN NUNUKAN

9

M. SAHID ASHARI

KOTA TANGERANG

KPPN BENTENG

10

MUHAMAD VIRLY ISTIQHO AKBAR

BANDAR LAMPUNG

KPPN NUNUKAN

11

MUHAMMAD ANWAR HABIBI

KLATEN

KPPN PADANG

12

MUHAMMAD BAGAS AGUSTIAN

PAGAR ALAM

KANWIL KALTARA

13

MUHAMMAD KANIFAN

MAGELANG

KPPN LUWUK

14

NUR AINI SHINTA DEWI

SEMARANG

KPPN PALANGKARAYA

15

PIJAR LINTANG ALIT

BEKASI

KPPN MERAUKE

16

RIZCHA DEWI FAJARWATI

TRENGGALEK

KPPN SINTANG

17

RYAN PRASETYO

SUKOHARJO

KPPN SAUMLAKI

18

SATRIA MAHARDIKA

SLEMAN

KPPN MAMUJU

19

SINTA SINTIA DEWI

BEKASI

KPPN SUMBAWA BESAR

20

TITIS NASTITI DIANINGTYAS

MAGELANG

KPPN WATAMPONE

21

VENIAR DWI ANGGAR SARI

BANDUNG

KPPN PELAIHARI

22

YUSUF AMRI SEPTIYAN

BANDAR LAMPUNG

KPPN TANJUNG

 

 

Pesan dan Kesan Tim OJT 22 kepada KPPN Jakarta III

No

Nama, Seksi OJT, TTL

Pesan, Kesan, Kritik dan Saran

1.

Bella Mutia Alyumatin

(Bank)

Tegal, 08111995

Menyenangkan, asyik, banyak makanan, dapat mempelajari hal-hal baru.

Tetap semangat! ^_^

2.

Ryan Prasetyo

(MSKI)

Surakarta, 08121996

Saya merasa beruntung bisa OJT di KPPN Jakarta III, karena orang-orangnya yang ramah dan sabar dalam memberikan ilmunya kepada saya.

 

Tidak ada, karena sudah terbaik.

3.

Rizcha Dewi Fajarwati

(PD)

Trenggalek, 18061996

Sangat bersyukur bisa OJT tahap II di kantor tempat saya PKL dulu. Dan sangat senang bisa mengarungi hari-hari bersama kelompok OJT tahap II yang saya sayangi. Berada di kantor yang berisi pegawai yang ramah dan telaten dalam membimbing kami benar-benar merupakan sebuah keberuntungan. Terima kasih untuk  bapak dan ibu pegawai KPPN Jakarta III. Berkat bapak dan ibu, kami mendapat banyak sekali pelajaran berharga yang dapat kami gunakan untuk bekal kami berkarya di kantor kami yang baru nanti.

 

Harapan saya, ktika OJT dapat rolling seksi.

Saran saya, para pegawai untuk tetap menjaga kekompakan, keramahan, kekeluargaan, dan semangat berkarya demi nusa dan bangsa.

4.

Hanif Tarmizi

(PD)

Palembang, 03011996

Sangat enak, banyak pelajaran yang dapat dipetik. Banyak bapak/ibu di seksi PD baik-baik.

5.

Sinta Sintia Dewi

(MSKI)

Bekasi, 14071995

Senang bisa OJT di KPPN Jakarta III. Pegawainya ramah dan baik. Semoga bisa penempatan di sini, hehe. Kalau ga tahun ini, semoga tahun berikutnya. Amin.

6.

Muhammad Bagas Agustian

(Bank)

Sungai liat, 20081997

Enak banget, banyak makanan, pegawainya enak, sering bagi ilmu dan juga makanan. Terbaiklah untuk KPPN Jakarta III dan juga seksi Bank.

7.

Aditya Ika Kharismawati

(Vera)

Tegal, 06011996

Alhamdulillah, saya sangat senang OJT di KPPN Jakarta III walaupun hanya sendirian dan kadang merasa kesepian hehe. Terima kasih untuk Pak Win, Mas Ery, Mas Is, Mas Anton, Bu Nila, Bu Barkah karena telah menerima saya di seksi Vera dan sudah mengajarkan saya banyak hal.

Tetap jaga kebersamaan dan tetap kompak

8.

Veniar Dwi Anggar Sari

(MSKI)

Bandung, 15031996

Suasana kantornya lumayan kekeluargaan. Enak untuk bekerja karena para pegawainya juga baik dan ramah. Para pegawainya juga sering berbagi ilmu.

9.

Satria Mahardika

(Bank)

Sleman, 10081995

KPPN 3 rame dan sibuk. Pegawainya baik dan rame.

 

Sarannya lebih ditata ruangnya, jaga kebersihan

10.

Abil Fikri Audia

(PD)

Padang, 02021995

Disambut dengan baik dan mendapat banyak ilmu.

Terimakasih Jakarta III

11.

Titis Nastiti Dianingtyas

(MSKI)

Magelang, 07091995

Alhamdulillah pegawai-pegawai di KPPN Jakarta III welcome banget, baik sering ngajak makan bareng, cerita-cerita, selama disini alhamdulillah wawasan bertambah.

Semoga KPPN Jakarta III makin jaya bisa jadi panutan KPPN lainnya. Lebih baik dalam pelayanan kepada satker dan makin kompak dan solid!

12

Muhamad Virly Istiqho Akbar

(Bank)

Bandar Lampung, 11071996

OJT disini sangat berkesan dan worth it, kenapa? Banyak ilmu yang didapat, Insya Allah dapat diterapkan kepada pekerjaan dan pendidikan kedepannya.

 

Adanya peran lebih untuk mempekerjakan kepada aplikasi.

13

Nur Aini Shinta Dewi

(PD)

Grobogan, 30031995

Mengesankan! Para pegawai KPPN Jakarta III ramah, baik, dan peduli, pekerja keras, terbuka, dan selalu memberikan pelajaran yang sempurna untuk satker.

Selalu memberikan pelajaran yang memuaskan kepada stakeholder! Semangat!

14

M. Sahid Ashari

(Bank)

Tangerang, 03121996

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Tiga kali sudah saya bolak-balik ke KPPN Jakarta III ini. (semoga nanti diberi kesempatan balik lagi). Mohon dimaafkan apabila selama bulan Desember 2016 hingga Oktober 2017 ini saya memiliki kesalahan yang disengaja maupun yang tidak sengaja. Terima kasih atas kebaikan, kesabaran, dan semua ilmu yang telah diberikan. Semoga kita dapat berjumpa di lain kesempatan.

 

Kalau bisa untuk daftar absensi, pegawai OJT juga ikut menggunakan fingerprint, untuk mendukung program go green DJPb dan berlatih menyesuaikan diri dengan jam kantor.

15

Elsa Dwi Yuliawati

(PD)

Jakarta, 13071995

Terbaik!! Pak Rusydi Panutanku

Terima kasih untuk ilmu yang telah diberikan, juga terima kasih telah menerima saya dan teman-teman dengan hangat J

 

Tingkatkan selalu semangat kerja dan kebersamaan Jakarta III

16

Yusuf Amri Septiyan

(Subbag Umum dan PD)

Tempuran, 15091996

Selama OJT di KPPN Jakarta III saya merasakan adanya peningkatan wawasan tentang apa yang dikerjakan oleh KPPN. Baik dari lingkungan maupun pegawai semuanya ramah. Saya juga banyak belajar di seksi PD dan saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kpd mba Vero yang sabar mengajari saya tentang SPAN khususnya di bagian validator.

 

Overall  sesuai yel-yel KPPN Jakarta III: Pelayanan=Excellent!

17

Devi Tika Rahmasari

(PD)

Sleman, 20031997

Sangat senang mendapatkan kesempatan OJT di KPPN Jakarta III. Banyak orang hebat yang dapat kami jadikan panutan dan tentunya ilmu yang diajarkan sangat bermanfaat bagi saya. Terima kasih keluarga KPPN Jakarta III yang telah membimbing saya dan teman-teman.

 

Lebih dijaga kebersihannya dan jika terdapat barang yang tertinggal atau belum diketahui pemiliknya disediakan tempat khusus untuk menyimpannya. Kantor aman hati nyaman :D

18

Abi Dzar Ghiffari

(MSKI)

Banjarmasin, 14111995

OJT di KPPN Jakarta III sangat berkesan. Pegawai-pegawainya baik, ramah, kompeten, dan tidak sungkan mengajari anak-anak OJT. Sangat menyukai budaya kerja di sini yang serius namun santai. Kepala kantor dan kepala seksinya TOP. Berharap bisa penempatan di sini.

 

Lebih kompak lagi, lebih solid lagi dan harapannya KPPN Jakarta III menjadi KPPN terbaik, paling tidak lingkup Kanwil DJPb Jakarta

19

Muhammad Kanifan

(Subbag Umum)

Magelang, 09041997

Terbaik

 

Majukan pelayanan

20

Pijar Lintang Alit

(MSKI)

Jember, 21071997

Rasa kekeluargaan di antara pegawai sangat kuat

 

Semoga semakin diperkuat rasa kekeluargaannya dan kedepannya dapat melayani satker dengan lebih baik lagi, sehingga dapat terciptanya pelayanan yang excellent

21

Elsita Mayvrisa Dewi Mayasari Bakti

(Subbag Umum dan PD)

Surakarta, 16051995

Kesan saya waktu di Subbag Umum, lumayan betah karena pegawai-pegawainya yang baik dan ramah, sering ngajak bercanda. Seksi yang kocaklah. Belajar banyak hal di sana, asik, seru, gokil. Terima kasih buat Pak Amri yang sudah dengan sabar mengajari saya berbagai macam hal. Terima kasih buat Pak Joko yang selalu ramah, Bu Endang yang rajin Salat Dhuha (Masya Allah), Mas Remon yang suka berbagi cerita gak jelas, Mas Haris yang udah ngajarin SAKTI sampai mandraguna, Mas Maman yang sabar banget benerin ini itu, Mas Angga yang bolak-balik ngasih surat-surat dan fotokopi banyak buanget, dan adik-adik PKL yang super pendiem karena segan gabung sama kita-kita, hehehehehehe.. maafkan yaaaaa..

Kesan saya di Seksi PD (Percaya Diri eh… Pencairan Dana ding)

Asik banget selama ikut terlibat di sini. (buat Seksi Umum, maafkan saya yang suka ngilang, saya kalo ngilang ke sini kok, bantu-bantu juga sambil belajar sedikit) Disini saya belajar SKPP, mulai dari SKPP masuk sampai keluar lagi. Sampai hafal semua langkahnya. Terima kasih buat Bu Irma yang sudah memberi kesempatan saya ikut membantu di sini, terima kasih buat Pak Endang yang sabar banget mengajari saya tentang alur SKPP semuanya, terima kasih buat teman-teman yang memberi canda dan tawa di lantai satu.

 

No comment (karena kesannya udah nulis banyak banget)

22

Muhammad Anwar Habibi

(Bank)

Klaten, 01111996

KPPN Jakarta III merupakan salah satu KPPN yang istimewa, menurut saya karena salah satunya karena Satker yang dilayani antara lain Kemendikbud dan Kemenristek Dikti. Sadar tidak sadar, banyak generasi masa depan yang mempunyai masa depan lebih cerah karena banyak SPM yang mendukung program pendidikan dicairkan di sini. Juga kesuksesan Asian Games 2018 salah satunya berkat KPPN Jakarta III sebagai penyalur APBN untuk perhelatan tersebut. Pegawai di sini juga baik, kompak dan ramah.

 

"Lakukan hal yang terbaik yang kamu bisa, kamu tak akan pernah tahu pasti kebaikanmu yang manakah yang mungkin sangat berarti bagi orang lain, walaupun bagimu itu hanya hal yang sepele." 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search