Berita

Seputar Kanwil DJPb

SOSIALISASI LLAT TAHUN 2021: SINERGI KESIGAPAN KPPN JAKARTA V DAN SATUAN KERJA MITRA DALAM MENGHADAPI AKHIR TAHUN 2021

Kamis, 14 Oktober 2021, KPPN Jakarta V menyelenggarakan Sosialisasi Langkah-langkah Menghadapi Akhir Tahun 2021, yang dilaksanakan secara daring karena masih dalam masa pandemic Covid 19. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menindaklanjuti terbitnya Peraturan Direktorat Jenderal Perbendaharaan PER-9/PB/2021 tanggal 30 September 2021 Tentang Pedoman Penerimaan dan Pengeluaran Negara Akhir Tahun 2021. Sebanyak 399 peserta  yang terdiri dari PKPA, PPSPM, PPK, Bendahara dan pejabat perbendaharaan dari satuan kerja mitra KPPN Jakarta V Mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Ibu Dewi Yanti, selaku kepala KPPN Jakarta V menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara Sosialisasi LLAT Tahun 2021 ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa acara ini merupakan agenda Tahunan KPPN Jakarta V dalam rangka meningkatkan sinergi dan koordinasi pelaksanaan APBN pada akhir tahun anggaran. Mengingat pada setiap akhir tahun anggaran biasanya terjadi penumpukan tagihan, sosialisasi LLAT ini diharapkan dapat tercipta koordinasi dari Satker dengan KPPN Jakarta V. Tujuan utama yang ingin dicapai supaya pembayaran belanja negara pada akhir tahun 2021 berjalan lancar.

Selanjutnya, pemaparan materi tentang Perdirjen nomor PER-9/PB/2021 disampaikan oleh Bapak Agung Richardus, Kepala Seksi Pencairan Dana. Dalam pemaparannya dijelaskan mengenai tanggal-tanggal penting penyampaian SPM LS, SPM GU ,SPM UP/TUP, dan SPM jenis lainnya. Selain itu, juga disampaikan batas akhir penyampaian data kontrak. Bapak Sri Yanto, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi, memberikan pemaparan khusus mengenai substansi pelaporan keuangan tahun 2021 beserta tanggal-tanggal penting yang harus dipedomani oleh Satker.

Selanjutnya tambahan materi disampaikan oleh Bapak Firman Adi Prabowo, Pejabat Fungsional KPPN Jakarta V, terkait hal –hal yang perlu diperhatikan dalam penyampaian SPM akhir tahun, terutama Garansi Bank.  Di samping itu, juga dijelaskan mengenai penggunaan aplikasi SAKTI untuk pengajuan gaji induk bulan Januari 2022 beserta mekanisme terkait.