Berita

Seputar Kanwil DJPb

One-on-one Meeting tentang Penyerapan Anggaran, Capaian Output dan Kesalahan SPM: Sebuah reminder bagi Satker

Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) merupakan parameter yang komprehensif mengenai raport pelaksanaan anggaran oleh Satker. Hal ini diamanatkan dalam Perdirjen Perbendaharaan nomor PER-4/PB/2021 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara/Lembaga. Mengingat akhir tahun anggaran dapat menjadi penentu bagi pencapaian nilai IKPA, KPPN Jakarta V melaksanakan kegiatan One-on-one Meeting tentang Penyerapan Anggaran, Capaian Output dan Kesalahan SPM.

Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 16 November 2021 melalui media zoom KPPN Jakarta V. Satker yang diundang antara lain mereka yang memiliki capaian indikator penyerapan anggaran di bawah 70%, nilai indikator capaian output di bawah 60, dan kesalahan SPM dengan nilai 80. Total satker yang diundang untuk kegiatan berjumlah 160. Satker-satker dari Kemenkumham yang termasuk ke dalam kategori tersebut tidak diundang karena dikhawatirkan terjadi perbedaan waktu antara Jakarta dan tempat satker-satker tersebut bertugas.

Acara dibuka oleh Ibu Febe Debora Sinlaeloe, Kepala Seksi Bank, selaku moderator. Kemudian, Kepala KPPN Jakarta V, Ibu Dewi Yanti, memberikan pengarahan sekaligus secara resmi membuka acara. Pada pengarahannya, Ibu Dewi menyampaikan pentingnya Satker untuk menjaga pencapaian nilai IKPA karena kinerja satker tercermin dari nilai IKPA tersebut. Selain itu, satker juga diminta untuk menjaga ritme pekerjaan karena menjelang akhir tahun pasti akan terjadi peningkatan volume pekerjaan.