Berita

Seputar Kanwil DJPb

SOSIALISASI PENINGKATAN PENGELOLAAN KAS DAN REKENING SATUAN KERJA SERTA SOSIALISASI GARANSI BANK DALAM MENGHADAPI AKHIR TAHUN 2021

Dilatarbelakangi oleh hasil Audit BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2020 terkait pengelolaan Kas Kementerian/Lembaga, serta sebagai bentuk kesiapan untuk menghadapi akhir tahun anggaran 2021, KPPN Jakarta V menyelenggarakan acara “Sosialisasi Peningkatan Pengelolaan Kas dan Rekening Satuan Kerja dan Pembayaran APBN dengan Jaminan Garansi Bank“ pada tanggal 24 November 2021. Acara ini diselenggarakan melalui zoom meeting mengingat masih dalam kondisi Pandemi Covid 19. Sebanyak 259 peserta tergabung dalam agenda tersebut, terdiri dari perwakilan Satuan Kerja Mitra KPPN Jakarta V, perwakilan dari Bank Himbara, dan perwakilan dari KPPN Jakarta V.

 

Ibu Dewi Yanti selaku kepala KPPN Jakarta V, membuka secara resmi acara tersebut dengan menyampaikan sambutan agar Satuan Kerja memperhatikan pengelolaan kas terutama terkait Pengelolaan UP/TUP Tunai, agar tidak terjadi “idle cash “ pada rekening bendahara/satuan kerja. Dikatakan sebagai “idle” karena sebenarnya dana tersebut dapat digunakan untuk pembiayaan kegiatan lain yang lebih produktif. Selanjutnya, terkait penyampaian SPM Akhir Tahun dengan lampiran Garansi Bank, diharapkan Satuan Kerja lebih memperhatikan detail dalam klausal Garansi Bank sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga pelaksanaan pengeluaran Negara berjalan dengan baik dan lancar.

 

Pada Sesi I, disampaikan materi terkait Pengelolaan Kas oleh Bapak Sri Yanto, selaku Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntasi, dilanjutkan dengan Pemaparan materi mengenai Rekening Pemerintah oleh Ibu Febe Debora Sinlaeloe, selaku Kepala Seksi Bank. Dilanjutkan dengan Diskusi dan tanya jawab dengan satuan Kerja dengan Moderator Bapak Ade Bebi Irama, selaku Kepala Seksi MSKI.

Pada diskusi Sesi I, banyak peserta kegiatan yang bertanya mengenai pembukaan rekening, temuan BPK terhadap pengelolaan rekening mereka, aktivasi rekening dan kendala terkait aplikasi SPRINT. Di samping itu, penihilan TUP beserta kode Bagan Akun Standar (BAS) yang dipakai juga dibahas.