Berita

Seputar Kanwil DJPb

One On One: Meeting Kinerja Penyerapan Anggaran Sekaligus Sosialisasi PMK-188 Tahun 2021 Satuan Kerja Mitra KPPN Jakarta V

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Dilatar belakangi masih rendahnya penyerapan anggaran yang merupakan salah satu komponen dalam penilaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran dan adanya perubahan prosedur terkait Pengembalian Penerimaan Negara maka KPPN Jakarta V mengadakan One  on One meeting  Penyerapan Anggaran Satuan Kerja Mitra KPPN Jakarta V sekaligus sosiaiasi PMK-188 Tahun 2021  yang diikuti oleh satker mitra KPPN Jakarta V pada tanggal 9 Juni 2022, bertempat di Aula Lantai III KPPN Jakarta V. Acara ini diselenggarakan secara Hybrid, dimana sebagian satker hadir secara offline dan sebagian mengikuti dari tempat  masing- masing.  

Dalam sambutannya, Ibu Dewi Yanti selaku Kepala KPPN Jakarta V menyampaikan bahwa salah satu komponen  dalam penilaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran adalah Penyerapan Anggaran, Masih rendahnya penyerapan Anggaran sampai dengan mendekati Triwulan II tahun 2022 ini,  tentu menjadi hal yang cukup concern bagi KPPN ,sehingga diperlukan sinergi bersama antara satuan kerja dengan KPPN. Demikian halnya dengan Pengembalian Penerimaan negara yang mengalami perubahan prosedur yang kiranya perlu dipahami satuan kerja sehingga tidak terjadi penolakan pada saat pengajuan penerbitan SKTB pada KPPN..

Dalam Sesi Diskusi Pertama  Tentang Penyerapan Anggaran , Dengan Nara Sumber  Ibu Dewi Yanti, Kepala KPPN Jakarta V dan sebagai Moderator adalah Ibu  Agustina,, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi. Dalam pemaparan Secara garis besar Disampaikan empat hal terkait penyerapan anggaran yaitu Pagu dan realisasi, Progress Penyerapan Anggaran,Progress realisasi Anggaran dan progress capaian IKPA Satuan Kerja.

Selanjutnya sesi diskusi kedua yaitu Sosialisasi PMK-188 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengembalian Penerimaan Negara dengan Nara sumber IbU Febe Debora Sinlaeloe ( Kepala Seksi Bank ),  Bapk M. Yusuf ( Kepala Seksi Pencairan Dana ) dan Dicky M. Natsir ( Pelaksana Seksi Pencairan Dana ). Dalam Pemaparannya disampaikan terkait Pengembalian Penerimaan Negara baik dari APBN maupun APBD dan  kesalahan Collecting Agent. Antusiasme peserta tampak dalam banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan terkait permasalahan– permasalahan dalam penyerapan anggaran dan juga permasalahan terkait proses pengembalian penerimaan negara pada Satuan Kerjanya.

Semoga sinergi dan kolaborasi KPPN Jakarta V dan Satuan Kerja Mitra KPPN Jakarta V ini dapat berdampak positif dalam pelaksanaan APBN.

 

#DJPb HANDAL #

# KPPN Jakarta V #

Kontributor Berita : Ning Euis Kristiyanti

Editor : Didit Hidayat

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

SALURAN PENGADUAN

via WA:  081321696413

Search