Berita

Seputar Kanwil DJPb

One On One Meeting: Penyerapan Anggaran dan Deviasi Hal. III DIPA Satker Mitra KPPN Jakarta V

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

                Penyerapan anggaran merupakan salah satu komponen penting dalam penilaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran. Komponen penyerapan anggaran merupakan salah satu concern utama KPPN Jakarta V kepada Satuan Kerja mitra kerjanya. Hal inilah yang mendorong KPPN Jakarta V mengadakan kegiatan 1 On 1 Meeting dengan Satuan Kerja Lingkup KPPN Jakarta V selama 3 hari mulai dari Selasa, 14 Juni 2022 sampai dengan Kamis, 16 Juni 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya KPPN Jakarta V untuk meningkatkan sekaligus mendorong Satuan Kerja dalam menyamakan persepsi tentang Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-5/PB/2022 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara/Lembaga. Acara ini diselenggarakan secara on-line dimana Satuan Kerja mengikuti dari tempat  masing-masing.

                Dalam arahannya, Ibu Dewi Yanti selaku  Kepala KPPN Jakarta V menyampaikan perlunya koordinasi lebih lanjut antara KPPN Jakarta V dengan Satuan Kerja Mitra untuk mendalami kendala dengan cara duduk bersama untuk membahas bagaimana strategi efektif yang dapat dilakukan satuan kerja menimbang karakteristik khusus masing masing satuan kerja yang berbeda antara satu sama lain. Salah satu komponen  dalam penilaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran adalah Penyerapan Anggaran, Masih rendahnya penyerapan Anggaran sampai dengan mendekati Triwulan II tahun 2022 ini, sehingga diperlukan sinergi bersama antara satuan kerja dengan KPPN. Tidak lupa beliau mengingatkan bahwa Penyerapan Anggaran yang dilakukan Satuan kerja mempunyai multiplier effect dalam mendorong pemulihan Ekonomi Nasional sesuai dengan fungsi APBN.

                Selanjutnya, dalam Sesi Diskusi setelah penyampaian materi oleh Narasumber Ibu Dewi Yanti dan Ibu Sri Hastuti, secara garis besar disampaikan beberapa hal terkait penyerapan anggaran yaitu Pagu dan realisasi, Progress Penyerapan Anggaran, Progress realisasi Anggaran dan Deviasi Halaman III DIPA masing -masing satuan kerja. Secara antusias dan bergantian setiap satuan kerja menyampaikan kendala dan keadaan pada proses Penyerapan Anggaran dan terkait Deviasi Halaman III DIPA, yang merupakan fokus utama kegiatan One on One Meeting.

Semoga sinergi dan kolaborasi KPPN Jakarta V dan Satuan Kerja Mitra KPPN Jakarta V ini berdampak positif dalam pelaksanaan APBN.

 

#DJPb HANDAL #
# KPPN Jakarta V #

Kontributor Berita : Muhammad Arighi Aziz Fikri
Editor : Ade Bebi Irama

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

SALURAN PENGADUAN

via WA:  081321696413

Search