Jl. Jenderal Sudirman 55, Kel.Tengah, Kec. Delta Pawan, Kab. Ketapang, Kalimantan Barat 78812

Berita

Seputar KPPN Ketapang

Realisasi Pembiayaan SBSN di Wilayah Kerja KPPN Ketapang per Triwulan I 2022

Tahukah #DulorKeu, Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau beberapa di antara #DulorKeu mengenal dengan nama Sukuk Negara, telah menjadi salah satu instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sejak 2013. Secara bahasa, ‘sukuk’ berasal dari bahasa Arab yang artinya: Dokumen/ Sertifikat. Sesuai Undang-Undang No.19 tahun 2008, SBSN adalah Surat Berharga Negara yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap aset SBSN, baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing. Berbeda dengan Surat Utang Negara (SUN) yang merupakan surat pengakuan utang, SBSN merupakan efek syariah sebagai bukti kepemilikan atas aset. Selengkapnya dapat disimak pada tabel berikut:

 

Meski demikian, SUN dan SBSN memiliki persamaan. Keduanya merupakan instrumen pembiayaan APBN yang dijamin 100% oleh negara.

 

Di wilayah kerja KPPN Ketapang, ada satu satuan kerja yang memiliki proyek yang bersumber dari dana SBSN, yakni Kepolisian Resor Kabupaten Kayong Utara. Proyek ini merupakan bagian dari pembiayaan infrastruktur, yaitu pembangunan rumah dinas dan fasilitas umum untuk bintara Polres Kayong Utara dengan pagu Rp6.041.391.000,00. Pagu ini bila dibandingkan dengan keseluruhan Belanja Pemerintah Pusat lingkup KPPN Ketapang sebesar 1,80%. Pada triwulan I 2022 ini, proyek SBSN telah terealisasi Rp2.069.436.800,00 atau 34,25% dari pagu. Angka tersebut masih di bawah target mengingat triwulan I 2022 ini penyerapan belanja modal ditargetkan sebesar 40%, sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-5/PB/2022 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian/Lembaga. Tantangan ini agaknya selaras dengan karakter pelaksanaan belanja modal dengan sumber pendanaan lain, di mana realisasinya menunjukkan grafik yang baru signifikan di triwulan terakhir.

 

Upaya-upaya yang dilakukan KPPN Ketapang untuk dapat mengakselerasi kinerja realisasi SBSN di wilayah kerja KPPN Ketapang di antaranya: Pengendalian melalui Indikator Pelaksanaan Anggaran (IKPA); inisiasi program Duta Satuan Kerja; Monitoring dan evaluasi bersama Polres Kayong Utara; dan pemanfaatan strategi komunikasi sebagai media edukasi, informasi, koordinasi, maupun publikasi atas regulasi, proses bisnis, teknologi informasi, dan hasil-hasil pembangunan serta manfaatnya

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

PENGADUAN

 

    

Search