ACHIEVEMENT TAHUN 2022
Selama tahun 2022, KPPN Kolaka memperoleh penghargaan sebagai berikut:
- Peringkat I Nominal Transaksi Melalui Digital Payment Marketplace Terbesar lingkup Kantor Wilayah DJ Pb Provinsi Sulawesi Tenggara Periode Semester I Tahun 2022
- Peringkat I Kategori Jumlah Transaksi Melalui Digital Payment Marketplace Terbanyak lingkup Kantor Wilayah DJ Pb Provinsi Sulawesi Tenggara Periode Semester I Tahun 2022
- Peringkat I Kategori KPPN Terbaik Implementasi Digital Payment - Marketplace lingkup Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara Periode Tahun 2022
- Peringkat III Kategori Kepatuhan dan Validitas Data Laporan Keuangan Tingkat KPPN lingkup Kantor Wilayah DJPb Sulawesi Tenggara Tahun 2022
- Peringkat I Kategori Hasil Pembinaan dan Supervisi Pelaksanaan Tugas KPPN lingkup Kantor Wilayah DJPb Sulawesi Tenggara Periode Semester II Tahun 2022
- Peringkat II Kategori Kinerja Pelaksanaan Penyaluran DFDD Terbaik Semester II Tahun 2022 Lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara
- KPPN Terbaik Kategori Penilaian IKPA sebagai BUN Tahun Anggaran 2022 Lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara
- Perolehan Predikat WBBM (Wilayah Birokrasi, Bersih, Melayani) per tanggal 13 Desember 2022.
- KPPN Selaku BUN dengan Capaian IKPA Berpredikat Sangat Baik Tahun 2022
ACHIEVEMENT TAHUN 2021
Selain memenuhi Sasaran Strategis (SS), KPPN Kolaka juga menghasilkan kinerja-kinerja lain selama tahun 2021 yang tidak masuk dalam Kontrak Kinerja KPPN Kolaka, tetapi terkait dengan tugas dan fungsi KPPN Kolaka. Kinerja lain-lain tersebut adalah sebagai berikut:
- Peringkat II Nasional Lomba/Kompetisi Penggunaan Uang Persediaan Melalui Digital Payment Marketplace Tingkat KPPN Tipe A2 Tahun 2021.
- Penghargaan diberikan kepada KPPN Kolaka atas partisipasi aktif menjadi pelopor pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para pegawai instansi vertikal Kementerian/Lembaga di Kabupaten Kolaka Tahun 2021.
- Mengikuti penilaian Unit Kerja Berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Tingkat Nasional Tahun 2021.
ACHIEVEMENT TAHUN 2020
Selain memenuhi Sasaran Strategis (SS), KPPN Kolaka juga menghasilkan kinerja-kinerja lain selama tahun 2020 yang tidak masuk dalam Kontrak Kinerja KPPN Kolaka, tetapi terkait dengan tugas dan fungsi KPPN Kolaka. Kinerja lain-lain tersebut adalah sebagai berikut:
1. INOVASI MANAJEMEN/PELAYANAN
Layanan Jemput Dokumen SPM
Layanan pencairan dana selama masa pandemi dilaksanakan secara online melalui e-SPM dengan tanpa tatap muka sehingga dokumen SPM (hard copy) yang masih harus diserahkan kepada KPPN Kolaka dikirim melalui kurir atau diletakkan di drop box yang disediakan di halaman kantor KPPN Kolaka.
Untuk memberi kemudahan kepada satuan kerja, KPPN Kolaka memberikan layanan jemput dokumen SPM bagi satuan kerja yang memerlukan. Layanan ini terbatas untuk satuan kerja yang berada di wilayah dalam kota di Kabupaten Kolaka.
Dropbox
Upaya pencegahan penularan Covid 19 juga dilakukan oleh KPPN Kolaka dalam bentuk penyediaan dropbox di depan KPPN Kolaka. Dropbox ini berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi satuan kerja dan stakeholder lainnya dalam menyampaikan dokumen dengan tanpa tatap muka kepada KPPN Kolaka.
Info DAK Fisik dan Dana Desa
Para pengelola keuangan daerah memerlukan informasi yang mudah diakses terutama terkait DAK Fisik dan Dana Desa. Hal tersebut untuk monitoring dan evaluasi perkembangan realisasi DAK Fisik dan Dana Desa. Untuk itu KPPN Kolaka membuat sebuah inovasi aplikasi android yang berisi informasi data DAK Fisik dan Dana Desa yang mudah diakses oleh para stakeholder terkait.
e-CSO
Kondisi layanan tatap muka tidak mengurangi layanan konsultasi terkait kendala yang ditemui oleh satker dalam pencairan dana maupun laporan keuangan satker. Customer Service Officer (CSO) KPPN Kolaka tetap melayani konsultasi secara online melalui channel komunikasi antara lain telepon, video conference dengan aplikasi zoom dan whatsapp.
2. INISIATIF PEMBERANTASAN KORUPSI
Upaya pencegahan perilaku koruptif dilaksanakan secara terus menerus oleh KPPN Kolaka, baik secara internal maupun eksternal kepada para stakeholder. Inisiatif pemberatasan korupsi di KPPN Kolaka dilaksanakan melalui berbagai kegiatan antara lain:
Penandatanganan Pakta Integritas
Upaya pencegahan perilaku koruptif secara internal para pegawai KPPN Kolaka diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas. Pakta integritas ini merupakan agenda wajib yang dilaksanakan di awal tahun untuk membangun dan memperbaharui komitmen para pegawai dalam upayan pemberantasan korupsi.
Kampanye Anti Korupsi
Upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi juga dilakukan melalui kegiatan publikasi ajakan untuk anti korupsi melalui kanal komunikasi yang dimiliki oleh KPPN Kolaka. Kampanye anti korupsi ini dilakukan dengan mengunggah dan menayangkan pesan-pesan moral untuk mencegah dan memberantas korupsi. Kanal komunikasi tersebut berupa sosial media, papan baliho dan layar Sarana Informasi Digital (Sintal) di ruang tunggu KPPN Kolaka.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2020.
Pembacaan Kode Etik Pegawai Secara Rutin
Upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi juga dilakukan dengan penanaman nilai-nilai kode etik yang dibacakan secara rutin setiap awal rapat rutin pada hari senin pagi dan pada awal kegiatan Gugus Kendali Mutu (GKM). Kegiatan ini dilaksanakan agar nilai-nilai kode etik dapat tertanam kuat pada para pegawai.
e-Bintal
Penanaman nilai-nilai moral dan keagamaan juga dilakukan melalui kegiatan pembinaan mental. Kegiatan pembinaan mental ini dilaksanakan secara daring menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung. Kegiatan e-Bintal berupa kuliah tujuh menit (kultum) dan tadarus Al Qur’an yang dilaksanakan dari hari Senin hingga Kamis. Melalui kegiatan e-Bintal, diharapkan membentuk pribadi yang religius, berintegritas dan bermoral tinggi, sehingga dapat menguatkan upaya pemberantasan korupsi.
3. PENGHARGAAN
Selama tahun 2020 KPPN Kolaka telah berhasil mendapatkan penghargaan tingkat Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai berikut:
- Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Nilai IKPA Terbaik II Semester I Tahun 2020 tanggal 25 September 2020
- Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Inovasi Terbaik II Semester I Tahun 2020 tanggal 25 September 2020
- Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Nilai Pengelola DAK Fisik dan Dana Desa Terbaik II Semester I Tahun 2020 tanggal 25 September 2020
- Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Penilaian LKKL Tingkat UAKPA Terbaik II Semester I Tahun 2020 tanggal 25 September 2020
Pemberian penghargaan tersebut disampaikan pada saat kegiatan Rapat Koordinasi di Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2020.
4. KEGIATAN LAINNYA
Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Peran Pejabat Perbendaharaan Dalam Pengelolaan Keuangan Negara Tingkat Satuan Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19
Dalam rangka memperkuat peran Pejabat Perbendaharaan khususnya para KPA dalam proses pengelolaan keuangan Negara di satuan kerja masing-masing pada masa pandemi covid-19, serta untuk mempererat silaturahim para pejabat KPA dengan KPPN, dilaksanakan FGD dengan tema tersebut pada 21 Juli 2020. Menjadi narasumber pada kegiatan FGD ini yaitu Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Tenggara dan Kasubdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh para KPA satuan kerja lingkup daerah kerja KPPN Kolaka.
Lomba Baca Puisi dan Fotografi HUT Ke-75 RI
KPPN Kolaka sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, perlu menjangkau masyarakat luas agar peran pentingnya dapat lebih dirasakan.
Untuk itu KPPN Kolaka menyelenggarakan kegiatan lomba baca puisi dan fotografi yang melibatkan para pelajar tingkat SMP dan SMA. KPPN Kolaka mengajak para pelajar untuk senantiasa mensyukuri nikmat kemerdekaan dan menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.
Jumat Berbagi
Pandemi Covid 19 yang berlangsung cukup lama pada tahun 2020 membawa dampak perekonomian masyarakat yang menurun. Semakin banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Kondisi tersebut menggerakkan hati para pegawai KPPN Kolaka untuk lebih peduli kepada masyarakat sekitar kantor. Kepedulian tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan Jumat Berbagi yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan sekali. Kegiatan Jumat Berbagi ini dilaksanakan dengan membagikan nasi kotak kepada para pembersih jalan (pasukan orange), tukang becak dan masyarakat kurang mampu lainnya di sekitar kantor.
Sambung Rasa Kemenkeu
Kepedulian kepada masyarakat sekitar selain dalam bentuk kegiatan Jumat Berbagi, KPPN Kolaka juga melaksanakan kegiatan Sambung Rasa Kementerian Keuangan yang merupakan program turunan dari Kementerian Keuangan. Kegiatan ini berupa pembagian paket sembako kepada masyarakat miskin yang terdampak secara perekonomian oleh pandemi Covid 19 disekitar KPPN Kolaka. Kegiatan ini dilaksanakan pada 20 Desember 2020.
ACHIEVEMENT TAHUN 2019
Selain memenuhi Sasaran Strategis (SS), KPPN Kolaka juga menghasilkan kinerja-kinerja lain selama tahun 2019 yang tidak masuk dalam Kontrak Kinerja KPPN Kolaka, tetapi terkait dengan tugas dan fungsi KPPN Kolaka. Kinerja lain-lain tersebut adalah sebagai berikut:
1. INOVASI MANAJEMEN/PELAYANAN
Implementasi Sistem Manajemen Mutu: ISO 9001:2015
Dalam rangka mewujudkan visi “to be a world class state treasury manager” (menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia), DJPb telah mengimplementasikan layanan yang berstandar internasional pada semua kantor layanan. Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 pada kantor layanan merupakan langkah strategis untuk memberikan jaminan mutu layanan berstandar internasional kepada stakeholders. SMM ISO 9001:2015 adalah proses pengelolaan organisasi (perencanaan, penerapan, evaluasi, dan penyempurnaan) yang ditujukan untuk menghasilkan output yang sesuai dengan harapan pelanggan/pengguna/masyarakat.
SMM ISO 9001:2015 digunakan untuk menunjang kegiatan sesuai tugas dan tanggung jawab dan menjamin pencapaian mutu sesuai harapan stakeholders dan peraturan berlaku. Tujuan penerapan SMM ISO 9001, yaitu: (1) memenuhi standar quality assurance Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan; (2) memberikan gambaran celah kesalahan (fraud) yang ada dalam sistem dan proses bisnis KPPN; (3) meningkatkan kualitas pelayanan pengelolaan negara, efisiensi, dan akuntabilitas; (4) meningkatkan citra positif KPPN dan DJPb; (5) meningkatkan kinerja di unit KPPN, menciptakan budaya mutu, disiplin, tertib administrasi, dan kerja secara sistematis. Implementasi SMM bermanfaat sebagai standardisasi kualitas pelayanan KPPN, memberikan sinyal positif bagi mitra kerja/publik, mendukung transformasi kelembagaan Kementerian Keuangan, dan sebagai benchmarking proses manajemen di lingkungan DJPb.
KPPN Kolaka pada tahun 2019 telah menerima sertifikasi sertifikat SMM ISO 9001:2015 yang berlaku mulai 12 Oktober 2018 sampai dengan 11 Oktober 2021.
2. INISIATIF PEMBERANTASAN KORUPSI
Kampanye Anti Korupsi pada Peringatan Hakordia Tahun 2019
KPPN Kolaka setiap tahunnya memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). Pada tahun 2019 ini KPPN Kolaka bersinergi dengan Kantor Kejaksaan Negeri Kolaka melaksanakakan kegiatan bersama mengkampanyekan anti korupsi. Kampanye anti korupsi dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi anti korupsi kepada masyarakat Kabupaten Kolaka yang sedang melaksanakan kegiatan di area car free day (CFD).
Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2019
Peningkatan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi yang bersih dan bebas korupsi terus diupayakan sebagai komitmen dari KPPN Kolaka. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan KPPN Kolaka mendapatkan predikat Zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), bersama Ketua Ketua KPK, kepada setiap pimpinan unit dalam acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KPK di Bidakara Hotel, Jakarta, pada 10 Desember 2019.
Salah satu yang menjadi penilaian dalam capaian tersebut adalah kualitas pelayanan publik dan juga tidak terlepas dari komitmen pimpinan dari setiap unit sebagai faktor utamanya. Sebagai tantangan, ke depan komitmen ini tidak hanya dari pimpinan, tetapi juga dari seluruh komponen KPPN Kolaka.
3. PENGHARGAAN
Selama tahun 2019 KPPN Kolaka telah berhasil mendapatkan penghargaan tingkat Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai berikut :
- Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Inovasi Terbaik I Semester I Tahun 2019 tanggal 3 Agustus 2019
- Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Nilai LK BUN-D Terbaik II Semester I Tahun 2019 tanggal 3 Agustus 2019
- Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Kinerja Penyampaian Laporan Terbaik I Semester I Tahun 2019 tanggal 3 Agustus 2019
Pemberian penghargaan tersebut disampaikan pada saat kegiatan Rapat Koordinasi di Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2019.