Daftar Penghargaan

Selain memenuhi Sasaran Strategis (SS), KPPN Kolaka juga menghasilkan kinerja-kinerja lain selama tahun 2019 yang tidak masuk dalam Kontrak Kinerja KPPN Kolaka, tetapi terkait dengan tugas dan fungsi KPPN Kolaka. Kinerja lain-lain tersebut adalah sebagai berikut:

1. INOVASI MANAJEMEN/PELAYANAN

Implementasi Sistem Manajemen Mutu: ISO 9001:2015

Dalam rangka mewujudkan visi “to be a world class state treasury  manager” (menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia), DJPb telah mengimplementasikan layanan yang berstandar internasional pada semua kantor layanan. Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 pada kantor layanan merupakan langkah strategis untuk memberikan jaminan mutu layanan berstandar internasional kepada stakeholders. SMM ISO 9001:2015 adalah proses pengelolaan organisasi (perencanaan, penerapan, evaluasi, dan penyempurnaan) yang ditujukan untuk menghasilkan output yang sesuai dengan harapan pelanggan/pengguna/masyarakat. 

SMM ISO 9001:2015 digunakan untuk menunjang kegiatan sesuai tugas dan tanggung jawab dan menjamin pencapaian mutu sesuai harapan stakeholders dan peraturan berlaku. Tujuan penerapan SMM ISO 9001, yaitu: (1) memenuhi standar quality assurance Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan; (2) memberikan gambaran celah kesalahan (fraud) yang ada dalam sistem dan proses bisnis KPPN; (3) meningkatkan kualitas pelayanan pengelolaan negara, efisiensi, dan akuntabilitas; (4) meningkatkan citra positif KPPN dan DJPb; (5) meningkatkan kinerja di unit KPPN, menciptakan budaya mutu, disiplin, tertib administrasi, dan kerja secara sistematis.  Implementasi SMM bermanfaat sebagai standardisasi kualitas pelayanan KPPN, memberikan sinyal positif bagi mitra kerja/publik, mendukung transformasi kelembagaan Kementerian Keuangan, dan sebagai benchmarking proses manajemen di lingkungan DJPb.

KPPN Kolaka pada tahun 2019 telah menerima sertifikasi sertifikat SMM ISO 9001:2015 yang berlaku mulai 12 Oktober 2018 sampai dengan 11 Oktober 2021.

 

2. INISIATIF PEMBERANTASAN KORUPSI

Kampanye Anti Korupsi pada Peringatan Hakordia Tahun 2019

KPPN Kolaka setiap tahunnya memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). Pada tahun 2019 ini KPPN Kolaka bersinergi dengan Kantor Kejaksaan Negeri Kolaka melaksanakakan kegiatan bersama mengkampanyekan anti korupsi. Kampanye anti korupsi dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi anti korupsi kepada masyarakat Kabupaten Kolaka yang sedang melaksanakan kegiatan di area car free day (CFD).

Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2019

Peningkatan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi yang bersih dan bebas korupsi terus diupayakan sebagai komitmen dari KPPN Kolaka. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan KPPN Kolaka mendapatkan predikat Zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), bersama Ketua Ketua KPK, kepada setiap pimpinan unit dalam acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KPK di Bidakara Hotel, Jakarta, pada 10 Desember 2019.

Salah satu yang menjadi penilaian dalam capaian tersebut adalah kualitas pelayanan publik dan juga tidak terlepas dari komitmen pimpinan dari setiap unit sebagai faktor utamanya. Sebagai tantangan, ke depan komitmen ini tidak hanya dari pimpinan, tetapi juga dari seluruh komponen KPPN Kolaka.

 

3. PENGHARGAAN

Selama tahun 2019 KPPN Kolaka telah berhasil mendapatkan penghargaan tingkat Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai berikut :

Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Inovasi Terbaik I Semester I Tahun 2019 tanggal 3 Agustus 2019

 Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Nilai LK BUN-D Terbaik II Semester I Tahun 2019 tanggal 3 Agustus 2019

 Penghargaan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai KPPN dengan Kinerja Penyampaian Laporan Terbaik I Semester I Tahun 2019 tanggal 3 Agustus 2019

 Pemberian penghargaan tersebut disampaikan pada saat kegiatan Rapat Koordinasi di Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2019. Selama beberapa tahun terakhir KPPN Kolaka sebagai unit yang berkinerja yang paling unggul dilingkup Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search