Profil

Sejarah Kanwil DJPb

Sejarah

 

Sejarah KPPN Kotabaru

KPPN Kotabaru berada di Ibukota Kotabaru, Jalan Yakut No. 19 Kelurahan Dirgahayu, Kecamatan Pulau Laut Utara. Pada awal berdirinya,  KPPN Kotabaru yang dibentuk melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-405/MK/6/4/1975 bernama Kantor Bendahara Negara (KBN). Kemudian berganti nama menjadi Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) dan Kantor Kas Negara (KKN) pada tahun 1982. Selanjutnya, pada tahun 1990 dua satuan kerja tersebut diintegrasikan lagi menjadi Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN). Seiring perjalanan waktu, berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor KEP-303/KMK.01/2004 KPKN berubah nama menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sampai dengan saat ini. Melalui Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor Kep-163/PB/2012 tanggal 16 Juli 2012 tentang Penetapan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Percontohan di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahap IV, KPPN Kotabaru dinyatakan sebagai KPPN Percontohan terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2012.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 169/PMK.01/2012 tanggal 6 November 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, KPPN Kotabaru merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan. KPPN Kotabaru merupakan KPPN Tipe A2 yang dipimpin oleh seorang kepala kantor (eselon III). Wilayah kerja KPPN Kotabaru meliputi Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, KPPN Kotabaru menghasilkan produk layanan yaitu Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), Penerbitan dan Pengesahan SKPP, Rekonsiliasi Laporan Keuangan, Persetujuan Pembukaan Rekening, Persetujuan TUP, Penerbitan Surat Perintah Membayar Pengembalian PNBP, dan Pengesahan Setoran Penerimaan Negara. Sejak menjadi KPPN Percontohan produk yang menjadi layanan unggulan KPPN Kotabaru adalah kecepatan penyelesaian produk layanan yang salah satunya adalah penerbitan SP2D 1 jam sejak SPM diterima secara lengkap dan benar dengan mengutamakan prinsip one stop service (layanan satu meja di front office).

Dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 278/PMK.05/2014 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.05/2014 tentang Pelaksanaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara, KPPN Kotabaru ditunjuk sebagai salah unit vertikal untuk melaksanakan Roll Out Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) Tahap II. Roll Out SPAN adalah serangkaian kegiatan untuk menerapkan/ mengoperasikan SPAN dengan menggunakan sumber daya, proses bisnis, infrastruktur dan teknologi SPAN pada seluruh unit yang terkait dalam implementasi SPAN. Maka, sejak tanggal 2 Januari 2015 KPPN Kotabaru telah melaksanakan implementasi SPAN. Sampai dengan saat ini KPPN Kotabaru sebagai instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan di daerah senantiasa terus berbenah untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search