Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Liwa terbitkan Laporan SEKINCAU “Sekilas Kinerja dan Capaian Utama”

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Liwa keluarkan inovasi Publikasi Data SEKINCAU (Sekilas Kinerja dan Capaian Utama) kepada publik yang bebas diakses pada laman resmi KPPN Liwa dengan dua jenis edisi tiap tahun, edisi semester I dan semester II.

 

SEKINCAU adalah inovasi KPPN Liwa di bidang publikasi dan data. Inovasi ini menyajikan informasi dan gambaran umum tentang peran dan kinerja KPPN Liwa dalam pembangunan daerah Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat, khususnya terkait penyaluran dana APBN.

 

Dengan dibuatnya inovasi ini, mitra kerja KPPN Liwa yaitu instansi vertikal, Pemerintah Daerah, Perbankan dan bahkan masyarakat umum dapat lebih mudah mendapatkan informasi yang akurat, akuntabel, dan faktual mengenai realisasi APBN di daerah Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat, baik belanja pemerintah untuk instansi vertikal maupun transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa yang disalurkan ke Pemda dan Pemerintah Desa (Pekon).

 

SEKINCAU menyajikan data antara lain jumlah realisasi belanja pemerintah, perkembangan realisasi belanja, serta pagu belanja pemerintah lingkup Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat yang bersumber dari dana APBN. Selain itu, juga menampilkan realisasi Dana Alokasi Khusus Fisik dan Dana Desa, yang dirinci untuk masing-masing kabupaten yaitu Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat, SEKINCAU juga menyajikan komparasi realisasi dengan tahun sebelumnya untuk membandingkan dan menilai kinerja penyaluran APBN sekaligus mengajak para pembaca ikut menganalisis perubahan yang ada.

 

Publikasi data memang terkesan rumit dan seperti bacaan yang berat. Oleh karena itu, SEKINCAU didesain apik dengan ramah ilustrasi. Data-data disajikan dalam bentuk grafik dan tren beserta narasi penjelasannya secara singkat. Selain itu, agar lebih menarik di dalam SEKINCAU diselipkan visual tempat-tempat wisata di daerah Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat yang bisa dijadikan opsi liburan saat pendemi berakhir nanti.

 

Di halaman terakhir, SEKINCAU menyajikan gambaran umum tentang Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yaitu program bantuan sosial yang menargetkan usaha mikro yang berada di lapisan terbawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

 

Publikasi SEKINCAU dapat dibaca ataupun diunduh melalui media elektronik pada laman berikut https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/liwa/id/data-publikasi/sekincau-sekilas-kinerja-capaian-utama.html

 

Diharapkan dengan adanya inovasi ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat umum. Selain itu juga menjadi sumber informasi terkini tentang Realisasi APBN di Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search