Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Liwa selenggarakan End User Training (EUT) bagi Para Satuan Kerja Pengguna Aplikasi SAKTI di Lingkup Kerjanya

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Liwa telah menyelesaikan End User Training (EUT) SAKTI WEB kepada seluruh satuan kerja pengguna Aplikasi SAKTI dalam acara pelatihan End User Training (EUT) SAKTI Kelompok Modul Pelaksanaan dan Kelompok Modul Pelaporan secara tatap muka di Aula Integritas KPPN Liwa, Rabu, 22 September 2021.

 

SAKTI atau Sistem Akuntansi dan Keuangan Tingkat Instansi merupakan aplikasi yang digunakan oleh kementerian/lembaga mulai dari level satuan kerja, wilayah, eselon I, hingga kementerian. SAKTI mempunyai fungsi utama dalam penganggaran, pelaksanakan, dan pertanggungjawaban anggaran yang pada tiap tahapan siklus anggaran tersebut ber-interface langsung dengan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).

 

DI tahun 2022, SAKTI akan diimplementasikan secara penuh (roll out) dengan seluruh modulnya. Implementasi ini tentunya mempertimbangkan besarnya manfaat pemakaiannya antara lain operasional pengelolaan keuangan negara menjadi lebih efektif karena satu aplikasi SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi satuan kerja yang digunakan untuk menyusun, megelola, dan mempertanggungjawabkan APBN.

 

Sehubungan dengan kegiatan roll out tersebut, seluruh KPPN di Indonesia wajib mengadakan pelatihan EUT SAKTI WEB bagi masing-masing satuan kerjanya. KPPN Liwa telah melaksanakan pelatihan tersebut dalam 2 sesi dengan peserta dari seluruh 26 satuan kerja lingkup KPPN Liwa. Sesi pertama dibuka untuk pelatihan Modul Pelaksanaan yang diselenggarakan pada tanggal 13 s.d. 17 September 2021. Sedangkan sesi kedua dibuka untuk pelatihan Modul Pelaporan yang diselenggarakan pada tanggal 20 s.d. 22 September 2021.

 

Berlangsung selama 8 hari, pelatihan tersebut dibimbing oleh 3 orang punggawa KPPN Liwa yaitu Paskah Dongan Pakpahan dan Sumiyati dari seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker (PDMS) serta Nurul Cahya Ari Rahutami dari seksi Verifikasi, Akuntansi, dan Kepatuhan Internal (VeraKI). 5 hari pertama dalam pelatihan EUT Modul Pelaksanaan dimanfaatkan untuk memaparkan overview SAKTI, manajemen supplier dan kontrak, siklus Uang Persediaan (UP) dan Ganti Uang Persediaan (GUP), hingga Pembuatan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM). Selanjutnya, 3 hari terakhir pelatihan EUT Modul Pelaporan dimanfaatkan untuk memaparkan materi modul persediaan, aset tetap, piutang, hingga General Ledger dan Pelaporan (GLP). Meskipun situs pelatihan EUT SAKTI WEB sempat down karena kendala jaringan pada tanggal 18 September 2021 selama kurang lebih 2 jam. Namun, secara keseluruhan, pelatihan dapat tetap berjalan lancar dan target ketuntasan pelatihan sedikit demi sedikit tercapai.

 

Keberhasilan pelatihan ini tentunya tidak lepas dari kehendak Tuhan dan kegigihan para trainer KPPN Liwa didukung oleh antusiasme seluruh satuan kerja pengguna Aplikasi SAKTI.

 

Dengan antusiasme peserta yang baik tersebut, diharapkan dapat menjadi bibit pendukung keberhasilan roll out SAKTI di tahun 2022 mendatang khususnya di KPPN Liwa.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search