Lubuksikaping

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Digitalisasi Pengelolaan Keuangan Negara, Lindungi dan Berdayakan UMKM

KPPN Lubuk Sikaping telah melaksanakan kegiatan sosialisasi Digital Payment-Marketplace Belanja Pemerintah secara virtual kepada satuan kerja wilayah pembayaran KPPN Lubuk Sikaping. 

Hal itu dilakukan dalam rangka digitalisasi pengelolaan keuangan negara melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker (PDMS), Berto saat membuka sosialisasi itu menyampaikan, dengan pemanfaatan transaksi secara digital ini akan akan mendorong efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas belanja negara sekaligus memberdayakan vendor yang sebagian besar merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

UMKM sebagai penyedia barang/jasa merupakan salah satu supplier yang menerima pembayaran atas beban APBN, dan Digital Payment – Marketplace ini mengintegrasikan satker pengguna APBN, UMKM sebagai penyedia barang/jasa, dan perbankan dalam satu ekosistem.

Sementara itu, narasumber kegiatan ini, Novasary, memaparkan, secara mekanisme, tahapan pengadaan barang/jasa mulai pemesanan barang/jasa hingga pelaporan dilakukan secara terintegrasi dalam aplikasi/sistem Digital Payment-Marketplace milik BUMN. 

Bagi vendor yang menggunakan sistem ini mendapat manfaat, antara lain terkait kepastian pembayaran, peluang menjadi rekanan dibanyak satker serta lending facility. Sementara bagi satuan kerja sendiri,  sistem ini tentunya akan sangat membantu, karena terkait otomatisasi dan efisensi, integrasi pengadaan, pembayaran, perpajakan, dan pelaporan serta tentunya simplifikasi SPJ.

Hadirnya online shop atau yang biasa dikenal dengan e-marketplace menjadikan alternatif bagi satuan kerja dalam pemenuhan transaksi operasionalnya, seperti pengadaan peralatan dan mesin atau pengadaan alat tulis kantor. 

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan jumlah satker yang menggunakan transaksi belanja pemerintah melalui digital payment akan meningkat. 

Tidak hanya itu, dengan mempertimbangkan nilai transaksi yang dilakukan melalui marketplace lebih mudah dan hemat akan memberikan dampak terhadap peningkatan jumlah dan nilai transaksinya sehingga akan berdampak juga terhadap penghematan belanja negara.

 

*berita ini telah terbit pada fajarharapan.id tanggal 16 Oktober 2021 dengan judul Digitalisasi Pengelolaan Keuangan Negara, Lindungi dan Berdayakan UMKM

Footer

 Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Kontak Kami

Hak Cipta HaDirektorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

Ikuti Kami

IKUTI KAMI

Search