Lubuksikaping

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Semester II Tahun 2021

Pada hari Kamis, 4 November 2021 dan Jumat, 5 November 2021 KPPN Lubuk Sikaping mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Anggaran kepada 3 Satuan Kerja yang berada di wilayah Pasaman Barat. KPPN Lubuk Sikaping mengunjungi Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Pasaman Barat di Air Bangis, Kepolisian Resor Pasaman Barat, dan Komisi Pemilihan Umum Pasaman Barat. Pelaksanaan Monev ini dilaksanakan oleh Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker dan Seksi Verifikasi dan Akuntansi. Tujuan diadakannya kegiatan Monev ini ialah memaparkan Memaparkan hasil dari evaluasi kinerja Satuan Kerja periode Semester II Tahun 2021, mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh Satuan Kerja, memberikan solusi dan usul dari permasalan yang ada.

Dari hasil Monev dan Kunjungan kepada 3 Satuan Kerja tersebut didapati bahwa dalam hal Capaian Output masihlah belum Optimal menjelang akhir tahun 2021. Belum optimalnya Capaian Output tersebut dikarenakan oleh:

  1. Terdapat Satuan Kerja yang memiliki target dari Rincian Output berupa satuan perkara/kasus, seperti pada satuan kerja Kejaksaan dan Kepolisian, dikarenakan pada satu tahun anggaran yang berjalan kemungkinan tidak terdapat perkara/kasus yang terjadi dan ditangani. Untuk menangani permasalahan ini biasanya Satuan Kerja, Kejaksaan dan Kepolisian, akan melakukan revisi DIPA, terutama pada tingkat Provinsi (Kejati dan Polda) guna menghilangkan Capaian Output pada Satuan Kerja tersebut dan mengalihkannya kepada Satuan Kerja lainnya yang membutuhkan dana dalam menangani kasus/perkara yang memiliki output yang sama;
  2. Satuan Kerja tersebut memilih untuk memasukkan nilai RVRO dan melakukan pencatatan PCRO menjelang akhir tahun. Dalam hal ini KPPN Lubuk Sikaping menyarankan agar menginput RVRO paling tidak bernilai 1 ketika kegiatan dari Rincian Output tersebut sedang berjalan, sehingga peniliaian Capaian Output akan lebih optimal menjelang akhir tahun.

 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud pertanggungjawaban atas penugasan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Anggaran. Dengan adanya kegiatan Monev Pelaksanaan Anggaran ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada satuan kerja sebagai mitra kerja KPPN Lubuk Sikaping dalam mengoptimalkan nilai IKPA satuan kerja. Semoga dengan pelaksanaan Monev Pelaksanaan Anggaran ini dapat meningkatkan koordinasi antara Satuan Kerja dan KPPN Lubuk Sikaping.

 

Tabik, Tim Monitoring dan Evaluasi KPPN Lubuk Sikaping.

 

Tim Monev dan Satker Cabjari Air Bangis

Footer

 

       

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Kontak Kami

Hak Cipta HaDirektorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

Ikuti Kami

IKUTI KAMI

Search