Lubuksikaping

Berita

Seputar Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Lubuk Sikaping

Kemenkeu Mengajar, Ajak Siswa Sekolah Dasar Mengenal APBN Sejak Dini

Dalam rangka memperingati Hari Oeang ke-76 Republik Indonesia, Kemenkeu Satu di wilayah Kabupaten Pasaman (KPPN Lubuk Sikaping dan KP2KP Lubuk Sikaping) melakukan kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 di SD Negeri 06 Pauh, Lubuk Sikaping, Pasaman. Sebanyak 8 orang relawan mengajar, melaksanakan peran sebagai guru kelas empat, kelas lima, dan kelas enam selama satu hari di sekolah tersebut.

Program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar 7,  tahun ini merupakan tahun yang ke-7 sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2015. Pada tahun 2019 kegiatan Kemenkeu Mengajar menjadi program kerelawanan ASN pertama di Indonesia yang mendapatkan rekor MURI. Selama masa pandemi Covid-19 di tahun 2020-2021, program Kemenkeu Mengajar dilaksanakan secara online. Pada tahun 2022, Kemenkeu Mengajar diadakan secara serentak di sekolah-sekolah mulai jenjang SD sampai dengan SMA yang tersebar di 37 provinsi di Indonesia. Tak hanya itu Kemenkeu Mengajar 7 juga dilaksanakan di 8 (delapan) sekolah Indonesia di luar negeri yang berada di 4 (empat) negara, serta 9 (sembilan) Sekolah Luar Biasa.

Dalam sambutan pembuka, Ibu Ikasari Heniyatun, selaku Kordinator Daerah Kemenkeu Mengajar Kabupaten Pasaman menyampaikan bahwa “Pendidikan adalah kunci utama membangun peradaban bangsa dan menyukseskan agenda pembangunan nasional. Keseriusan pemerintah dalam dunia pendidikan ini juga tercermin dalam UU APBN yang mengamanatkan 20 persen dari belanja negara wajib dialokasikan untuk pengembangan pendidikan”.

Materi yang diberikan oleh para relawan yaitu, peran Kementerian Keuangan dalam mengelola APBN, peran APBN dalam dunia pendidikan masa kini, berbagai Pronek Strategis Nasonal, pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan, serta cerita inspirasi untuk menjaga semangat belajar anak-anak di sekolah. Tidak mudah menyampaikan materi yang tidak ringan ini kepada siswa siswi SD. Namun demikian dengan pengalaman para relawan mengajar yang notabene adalah para pegawai Kementerian Keuangan di daerah yang terbiasa memberikan pelayanan kepada stakehoders maupun masyarakat, tentu ini menjadi tantangan tersendiri. Namun dengan semangat mengajar dan dukungan dari para guru di SD Negeri 06 Pauh, siswa siswi begitu semangat dan antusian berinteraksi dengan para relawan mengajar.

Di akhir acara, para siswa menerbangkan pesawat kertas warna warni yang telah dituliskan harapan dan cita-cita yang akan mereka gapai. Moment ini sebagai penanda bahwa cita-cita yang telah di tuliskan dan diterbangkan dengan simbol pesawat kertas, menjadikan doa dan harapan bagi anak-anak untuk mempersiapkan masa depan yang cerah. Seperti pepatah mengatakan “Gapailah cita-cita mu setinggi langit”.


*berita ini telah terbit pada media cetak Padang Ekpress pada tanggal 29 November 2022 dengan judul "Kemenkeu Mengajar, Ajak Siswa SD Mengenal APBN"

Footer

 Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Kontak Kami

Hak Cipta HaDirektorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

Ikuti Kami

IKUTI KAMI

Search