Berita

Seputar Kanwil DJPb

MODERNISASI REKENING PEMERINTAH

 

 

Jakarta.djpb.kemenkeu.go.id,- Selamat pagi #mitraperbendaharaan, Modernisasi Rekening Pemerintah/ Rekening Pengeluaran pada satuan kerja penting untuk peningkatan kelancaran satuan kerja dalam merealisasikan anggaran guna mendukung tugas dan fungsinya dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Sesuai PMK 183/PMK.05/2019 disebutkan bahwa rekening pengeluaran pada satuan kerja  dilakukan restrukturisasi dari rekening giro ke rekening virtual (virtual account), hal ini diharapkan akan dapat mendorong simplifikasi, efesiensi dan efektivitas satuan kerja dalam pelaksanaan APBN karena dengan adanya rekening virtual, jumlah rekening induk cukup dibuka pada K/L induknya saja, sehingga jumlahnya sangat jauh berkurang. Dengan jumlah rekening induk yg sedikit, tentu lebih mudah dikelola dan diawasi kegiatan dan saldonya.

Selain itu modernisasi rekening pengeluaran pada satuan kerja juga memiliki tujuan meningkatkan akuntabilitas, transparansi, serta keamanan dana APBN karena semua pihak yg terkait : satker, K/L induknya, sampai Bendahara Umum Negara (BUN) bisa memantau kegiatan dan saldo rekening secara realtime melalui dashboard yg tersedia dalam sistem.

Untuk mengetahui perkembangan Modernisasi Rekening Pengeluaran pada satuan Kerja/ Modernisasi Rekening Pemerintah tersebut, simak infografis berikut.


Sumber data & grafis
Direktorat Pengelolaan Kas Negara DJPb

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search