BERITA

RAKOR PENGELOLAAN ANGGARAN SATKER BARU

PPN Magelang mempunyai mitra kerja baru, yaitu satuan kerja yang baru memperoleh DIPA pada tahun anggran 2018.

Agar satuan kerja yang baru dapat melaksanakan pengelolaan anggaran dengan baik, maka KPPN Magelang melakukan pembinaan dan bimbingan kepada para pengelola keuangan satker baru dalam sebuah forum Rapat Koordinasi Pengelolaan Anggaran Satuan Kerja Baru Ligkup KPPN Magelang. Rapat koordinasi diselenggarakan di Aula KPPN Magelang, pada hari Kamis, tanggal 20 September  2018, dihadiri oleh para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penanda Tangan SPM (PPSPM), dan Bendahara Pengeluaran satker baru yaitu: Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Magelang, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang, dan Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang. Rapat koordinasi dikondisikan menjadi sebuah diskusi dalam rangka menggali permasalahan yang dihadapi oleh satker dalam mengelola dana APBN 2018 khususnya dalam rangka persiapan menghadapi akhir tahun anggaran 2018.

Rakor dibuka dengan sambutan Kepala KPPN Magelang, Hartana. Beliau mengucapkan terima kasih kepada para pengelola keuangan satuan kerja yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri rakor. Beliau menyampaikan bahwa rakor dilaksanakan sebagai sarana untuk bersilaturahim dan untuk membahas berbagai permasalahan yang dihadapi satker dalam pengelolaan anggaran. Oleh karena itu Beliau meminta kepada peserta rakor agar menyampaikan permasalah yang dihadapi pada forum rapat koordinasi ini sehingga dapat dicarikan solusinya. Selanjutnya penyampaian materi rakor disampaikan oleh Karnata, Kepala Seksi Pencairan Dana sebagai Narasumber dengan dipandu oleh Sulastri, pelaksana Seksi MSKI sebagai Moderator. Karnata memaparkan mengenai IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) yang menjadi dasar penilaian kualitas/kinerja satker dalam pelaksanaan anggaran. IKPA tertuang kedalam 12 (dua belas) indikator capaian  yang  dapat diakses melalui aplikasi OM-SPAN yang meliputi: Pengelolaan UP, Data Kontrak, Kesalahan SPM, Retur SP2D, Halaman III DIPA, Revisi DIPA, Penyelesaian Tagihan, Rekon LPJ, Renkas, Realisasi, Pagu Minus dan Dispensasi SPM. Beliau sekaligus memberikan penjelasan mengenai kiat-kiat bagaimana cara agar nilai yang tertuang dalam 12 indikator diatas dapat terpenuhi.

Acara dilanjutkan dengan Tanya jawab. Pada sesi ini satker diberikan kesempatan untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam mengelola anggaran.  Dari sesi Tanya jawab dapat diperoleh permasalahan yang sering dihadap satker yang merupakan masalah klasik yang hampir selalu terjadi setiap tahun, yaitu: minimnya pemahaman petugas pengelola keuangan mengenai peraturan sebagai penunjang pelaksanaan tugas pengelolaan keuangan, kurangnya sumber daya manusia yang bertugas sebagai pengelola keuangan, dan pengelola keuangan yang merangkap tugas lainnya. Pada akhir acara, rakor ditutup oleh Kepala KPPN Magelang, Hartana menyampaikan harapan agar rapat koordinaasi ini bermanfaat dalam menunjang tugas pengelolaan anggaran terutama bagi satker yang baru mandapat alokasi DIPA di tahun 2018 sehingga bisa melewati tahun anggaran 2018 dengan baik.

 

 

- Ulin Nuha -