BERITA

MEMBANGUN SINERGI, MENGOPTIMALKAN PENERIMAAN NEGARA

KPPN Magelang menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2018 pada hari kamis tanggal 13 Desember 2018. Hadir di Aula KPPN Magelang para pejabat/pegawai dari 10 (sepuluh) Bank/Pos Persepsi serta perwakilan 4 (empat) Satker masing-masing dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Magelang, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Magelang, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Temanggung, dan Kantor Pengwasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Magelang.

Pada kesempatan tersebut dalam sambutannya, Kepala KPPN Magelang, Hartana, menyampaikan bahwa pada Rakor yang terselenggara ini dimaksudkan, pertama, dapat menjadi ajang silaturahmi, dan kedua, pertemuan ini dapat menjadi ajang komunikasi dan menyampaikan informasi yang menjadi tugas masing-masing dalam mengoptimalkan penerimaan negara. Disampaikan pula, bahwa Bank/Pos Persepsi adalah garda terdepan yang berperan dalam menghimpun penerimaan negara karena wajib setor/wajib bayar selalu berhubungan dengan Bank/Pos Persepsi dalam menyetorkan penerimaan negara baik penerimaan pajak maupun bukan pajak. Sedangkan Instansi Vertikal Kementerian Keuanagan, yaitu KPPN, KPP, dan KPPBC berkewajiban untuk melaksanakan monitoring terhadap penerimaan negara yang dilakukan melalui Bank/Pos Persepsi. Diharapkan antara KPPN, KPP, KPPBC dan Bank/Pos Persepsi dapat bersinergi dengan baik, apabila wajib bayar/setor yang akan melakukan penyetoran melalui Bank/Pos Persepsi mendapatkan kendala agar kiranya Bank/Pos Persepsi dapat menghubungi petugas KPPN, KPP, maupun KPPBC untuk dicarikan solusi sehingga penyetoran penerimaan negara dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya Rapat Koordinasi diisi pemaparan materi oleh Iwing Nurjanah, pelaksana Seksi Bank, yang menyampaikan mengenai optimalisasi Penerimaan Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2018 dilakukan antara lain: pertama, Bank/Pos Persepsi dihimbau untuk melakukan asistensi pembuatan kode billing, kedua, untuk mendukung pelaksanaan tugas bendahara yang lebih efektif dan efisien agar Bank dapat memberikan fasilitas pemanfaatan internet banking/CMS, ketiga, pada tanggal 31 Desember 2018 Bank/Pos Persepsi diminta untuk membuka layanan penerimaan negara sampai pukul 17.00 WIB dan memastikan penerimaan melalui canal elektronik berfungsi dengan baik, serta melakukan pembukuan penerimaan yang diterima tanggal 31 Desember 2018 sampai dengan pukul 24.00 WIB sebagai penerimaan tanggal 31 Desember 2018.

Untuk mendukung optimalisasi penerimaan Negara di akhir tahun 2018, KPPN Magelang akan melakukan Monitoring dan Evaluasi atas kepatuhan Bank/Pos Persepsi dalam melakukan layanan penerimaan negara sebagai implementasi dari perjanjian di tingkat Pusat antara Bank Umum dan PT Pos Indonesia sebagai Bank/Pos Persepsi dengan Kementerian Keuangan.

Rapat diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu langsung oleh Kepala KPPN Magelang. Sebelum rapat ditutup, Kepala KPPN Magelang menegaskan agar hasil rapat dapat dilaksakanan sebagaimana mestinya, dan dari keseluruhan yang hadir menyatakan kesiapan dan kesediaannya untukk melaksanakan langkah-langkah dalam mengoptimalkan penerimaan negara pada Akhir Tahun Anggaran 2018.

- Darmanto -