Berita

Seputar Kanwil DJPb

PERSIAPAN PENYALURAN DAK FISIK TA 2019

Adanya perubahan mekanisme penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2019, Kantor Pelayanan perbendaharaan Negara Magelang menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai hal tersebut pada hari Selasa tanggal 16 April 2019 sebagai langkah persiapan penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan yang digelar di Aula KPPN Magelang dihadiri oleh para pihak terkait dalam wilayah kerja KPPN Magelang antara lain: BPKAD Kota Magelang, BPPKAD Kabupaten Magelang, BPPKAD Kabupaten Temanggung serta unsur Pengawas Internal Kabupaten/Kota yaitu: APIP Kota Magelang, APIP Kabupaten Magelang dan APIP Kabupaten Temanggung.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Magelang dilanjutkan dengan penyampaiaan materi. Kepala KPPN Magelang, Hartana, menyampaikan bahwa Penyaluran DAK Fisik Tahun Anggaran 2019 terdapat beberapa penambahan mekanisme, antara lain penyalurannya dapat dilakukan melalui tiga cara yaitu: secara bertahap, sekaligus, atau campuran. Sedangkan untuk persayaratan yaitu laporan realisasi penyerapan dana dan capaian output kegiatan DAK Fisik Tahun Anggaran sebelumnya dipersyaratkan telah di reviu oleh APIP. Dengan adanya reviu dari APIP ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan laporan sehingga akuntabilitasnya dapat dipertanggungjawabkan.

Hartana juga mengharapkan Pihak BPKAD/BPPKAD agar dapat melakukan koordinasi dengan OPD yang terkait, sehingga terjalin sinergi yang baik, yang pada akhirnya dapat meminimalisir terjadinya kendala dalam penyaluran DAK Fisik TA 2019.

Diakhir acara disampaiakan simulasi upload data persyaratan melalui Aplikasi OM-SPAN oleh Sudiro (Staf KPA Penyaluran DFDD). Simulasi ini dilakukan agar para pihak yang terkait penyaluran DAK Fisik dan APIP bisa memahami alur proses bisnis dalam penyaluran DAK Fisik TA 2019.

Dengan diselenggarakannya Fokus Group Discussion (FGD) Persiapan Penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik ini diharapkan terwujud sinergi antara KPPN sebagai Penyalur DAK Fisik, BPKAD/BPPKAD sebagai penerima DAK Fisik, dan APIP sehingga penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2019 dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

-Tarsini-

 

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search