Profil

Sejarah Kanwil DJPb

Sejarah

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Makale atau disingkat KPPN Makale dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan tanggal 23 Juli 2001 Nomor 442/KMK.01/2001. KPPN Makale merupakan salah satu instansi vertikal dibawah Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan dan mulai efektif beroperasi pada bulan September 2002.

Pada awal pembentukannya, KPPN Makale yang masih bernama Kantor Pelayanan Kas Negara (KPKN) Makale masih menggunakan fasilitas gedung yang dipinjamkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja yaitu eks Kantor Kementerian Penerangan Kabupaten Tana Toraja di Jalan Pongtiku No. 35 Kota Makale.

Pembentukan KPPN Makale merupakan respon Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk meningkatkan pelayanan kepada satuan kerja di wilayah Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara. Seluruh satker di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara sebelum berdirinya KPPN Makale masih dilayani oleh KPPN Palopo yang jaraknya sekitar 70 kilometer dan harus melalui perjalanan darat yang cukup sulit karena melewati pegunungan. Selain memberikan kemudahan bagi satker di wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara, pembentukan KPPN Makale juga diharapkan akan mengurangi beban kerja yang relatif besar di KPPN Palopo.

Keberadaan KPPN Makale juga diharapkan menjadi salah satu faktor pendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara yang merupakan daerah tujuan wisata di Indonesia. Pada tahun 2004, seiring dengan selesainya pembangunan gedung KPPN di Jalan Pongtiku Poros Makale-Rantepao Km. 13, kegiatan operasional kantor dipindahkan ke gedung baru terhitung mulai tanggal 1 April 2005, dan secara resmi digunakan dengan peresmian oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada tanggal 14 Maret 2006.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search