Berita

Seputar KPPN Makassar II

Sosialisasi Aplikasi SAKTI, Layanan Yuskanov19, dan Community Service Bagi Satker Mitra KPPN Makassar II

Makassar, Minggu, 26 Juli 2020 Pukul 10.00 WITA, KPPN Makassar II menyelenggarakan acara sosialisasi SAKTI dan layanan Yuskanov kepada Satuan Kerja mitra KPPN Makassar II, serta community service di lingkungan MAN Insan Cendekia, Desa Belapungranga, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.

Acara dilaksanakan secara daring bertempat di KPPN Makassar II sebaga host dan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kabupaten Gowa (MAN IC Gowa) sebagai co-host yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai KPPN Makassar II, para pengelola keuangan Satker mitra KPPN Makassar II. Pada kesempatan ini, Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan berkenan memberikan sambutan. Selanjutnya  Kasubdit Pengelolaan Sistem Informasi Eksternal, Kasubdit Pengelolaan Transformasi Teknologi Informasi dan Tim SAKTI Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan berkesempatan berinteraksi selama sesi diskusi dan tanya jawab.

Sosialisasi Aplikasi SAKTI, Layanan Yuskanov19, dan Community Service bagi Satker KPPN Makassar IIDipilihnya MAN IC Gowa, salah satu mitra kerja KPPN Makassar II,  sebagai co-host acara tersebut terkait dengan penyampaian bantuan transponder dari BLU BAKTI dengan difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam rangka implementasi SAKTI. Alhamdulillah, sekarang MAN IC Gowa yang semula sulit mendapatkan akses internet, sekarang dapat mengakses internet dengan lancar dalam rangka pengelolaan keuangan negara khususnya implementasi SAKTI, ujar Ibu Supiana sebagai Kepala Sekolah MAN IC Gowa. Maklum lokasi MAN IC Gowa ada di perbukitan. Saat ini, internet di MAN IC Gowa juga dmanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Terima kasih banyak kepada Kepala KPPN Makassar II, Bapak Adi Setiawan beserta jajarannya yang telah membantu teralisasinya transponder di MAN IC Gowa, imbuhnya.

Dalam acara tersebut, Bapak Adi Setiawan sebagai Kepala KPPN Makassar II didampingi oleh tim melakukan acara daring sosialisasi SAKTI dan layanan Yuskanov berlokasi di MAN IC. Beliau menyampaikan acara ini sengaja dilaksanakan di MAN IC Gowa untuk menguji coba penggunaan dan kemanfaatan transponder yang baru diterima oleh MAN IC Gowa. 

Kepala KPPN Makassar Bapak Adi Setiawan menyampaikan terima kasih Bapak Sudarmanto (Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan), Bapak Saiful Islam (Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan) beserta Bapak Eko Sulistijo (Kasubdit Pengelolaan Transformasi Teknologi Informasi), Bapak Ali Hanafiah (Kasubdit Pengelolaan Sistem Informasi Eksternal), Bapak Rintok (Kepala KPPN Watampone) yang telah mendukung acara ini. Termasuk juga kepada seluruh Satker mitra KPPN Makassar II yang juga bisa bergabung dalam acara ini.

Dalam acara sosialisasi SAKTI, Bapak Saiful Islam menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Perbendaharaan senantiasa akan membantu untuk memfasilitasi bagi Satker yang kesulitan mendapat akses internet, seperti MAN IC Gowa. Apalagi terdapat perubahan implementasi SAKTI berbasis dekstop menjadi SAKTI berbasis web yang membutuhkan akses internet yang baik. Kami sangat mengapresiasi acara sosialisasi SAKTI ini dengan menggunakan transponder di MAN IC Gowa yang sekaligus mengujicoba akses internet.

Sosialisasi Aplikasi SAKTI, Layanan Yuskanov19, dan Community Service bagi Satker KPPN Makassar II

Kasubdit Pengelolaan Transformasi Teknologi Informasi menjelaskan Direktorat Jenderal Perbendaharaan akan berupaya memfasilitasi bagi Satker yang kesulitan mendapat akses internet dengan BLU BAKTI. Selanjutnya, Kasubdit Pengelolaan Sistem Informasi Eksternal menyampaikan bahwa SAKTI memiliki 6 (enam) modul. Saat ini 6 modul tersebut telah digunakan oleh Satker-satker di lingkungan Kementerian Keuangan dan beberapa Satker di Jakarta. Implementasi SAKTI untuk seluruh Satker telah dilakukan mulai bulan Juni 2020 dalam rangka penginputan data RKAKL Tahun 2021. SAKTI terus dikembangkan sesuai kebutuhan Satker. Oleh karena itu, pengembangan SAKTI tentunya senantiasa melibatkan Kementerian Negara/Lembaga.  

Acara selanjutnya, paparan layanan Yuskanov19 (Layanan untuk Satker di Masa Pandemi Covid-19) oleh Muhamad Yusuf Hamka CSO KPPN Makassar II. Layanan ini digunakan untuk konsultasi secara on-line. Layanan Yuskanov dapat diakses melalui perangkat elektronik, sebagai media untuk bimbingan dan konsultasi online berbasis daring. Layanan ini melengkapi akses layanan yang telah ada sebelumnya. Kelebihan dari layanan Yuskanov19 ini salah satunya adalah fasilitas sharing screen oleh penanya/ satker sehingga memudahkan komunikasi permasalahan khususnya yang terkait dengan penggunaan aplikasi pendukung layanan perbendaharaan.

Sesi diskusi dapat berjalan dengan lancar, dengan partisipasi aktif peserta sosialisasi moderator dan naras umber dalam sesi tanya jawab bersama oleh Tim SITP. Diharapkan dengan acara ini, Satker Mitra Kerja KPPN Makassar II dapat lebih paham dan siap menjalankan Aplikasi SAKTI untuk menunjang kegiatan Pelaksanaan Anggaran di masing - masing kantor, serta lebih dapat terbuka kepada KPPN Makassar II bila menghadapi permasalahan terkait implementasi Aplikasi SAKTI.

Pada kesempatan ini juga dilakukan kegiatan Community Service melalui penyerahan bantuan berupa masker, face shield, dan Hand Sanitizer oleh Bapak Adi Setiawan (Kepala KPPN Makassar II) kepada masyarakat sekitar MAN IC Gowa yang diwakili oleh Ketua RW, Ketua RT, Imam Masjid dan tokoh masyarakat. Sedikit bantuan ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi antara KPPN Makassar II dan MAN IC Gowa sebagai institusi publik yang dalam mengemban tugas dan fungsi layanan banyak didukung oleh masyarakat sekitar. Diharapkan melalui aktivitas ini, dapat juga meningkatkan kepedulian masyarakat dalam aktivitas dan kegiatan khususnya yang terkait dengan pencegahan perluasan pandemi COVID-19. Di samping itu, masyarakat sekitar juga semakin mengetahui peran dan upaya pemerintah dalam menghadirkan sendi pembangunan di sekitarnya, salah satunya melalui kemudahan akses informasi.  

Khususnya melalui bantuan alat transponder dalam konteks implementasi aplikasi SAKTI, sekaligus menjadi bukti bahwa Pemerintah concern terhadap isu pendidikan. Pemerintah perlu untuk mendorong anak - anak untuk mendapatkan opportunity atau kesempatan belajar yang seluas - luasnya. “Studi menunjukkan bahwa meningkatkan pendidikan selama satu tahun lamanya dapat meningkatkan pendapatan 10%. Karena itu perlu untuk mendorong anak - anak kita untuk mendapatkan opportunity atau kesempatan belajar yang seluas - luasnya. Meningkatkan pendapatan akan menurunkan angka kemiskinan, membuat masyarakat semakin kuat dan akan membuat masyarakat lebih sejahtera", demikian disampaikan Saiful Islam, Direktur SITP. Sebelum mengakhiri sambutannya, Direktur SITP menyampaikan terimakasih kepada KPPN Makassar II karena telah menyampaikan hal ini kepada kami (SITP) sehingga kondisi MAN Insan Cendekia dapat segera ditindaklanjuti. “Apabila ada hal - hal yang menyebabkan satker mengalami Digital Divide (kesenjangan digital -red) atau hal yang menyebabkan koneksi terhambat, untuk dapat diprioritaskan untuk diatasi”, demikian imbuhnya. 

Acara diakhiri dengan Kata Penutup dan Ucapan Terimakasih dari Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Gowa atas perhatian dan bantuan dari KPPN Makassar II dan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dalam hal ini Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan sehingga MAN Insan Cendekia Gowa bisa memiliki akses internet. Tidak hanya berguna dalam upaya Implementasi SAKTI, tetapi juga berguna untuk kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah.

Cukup membanggakan bahwa selama berlangsungnya acara, pera Co-Host selama sesi acara daring yang dilakukan melalui lokasi remote (yang semula kesulitan terhadap akses internet) dapat berjalan lancar. Hal ini tentunya menjadi pengalaman berharga bagi KPPN Makassar II untuk terus menumbuhkan komitmen dan kapasitas layanan sebaik-baiknya bagi segenap Satker/ mitra kerja. Merdeka Sinyal dan Merdeka Belajar yang akhir-akhir ini menjadi perhatian kita semua akan menjadi keniscayaan. Sedikit kontribusi KPPN Makassar II dari kegiatan ini semoga dapat meningkatkan semangat dan kepercayaan untuk mewujudkan harapan masyarakat atas pengelolaan keuangan yang professional dan akses pendidikan yang memadai bagi masyarakat Indonesia.

 

 DJPb_MANTAP !!!

Merdeka Sinyal, Merdeka Belajar !!!

 Sosialisasi Aplikasi SAKTI, Layanan Yuskanov19, dan Community Service bagi Satker KPPN Makassar II

 

Sosialisasi Aplikasi SAKTI, Layanan Yuskanov19, dan Community Service Bagi Satker Mitra KPPN Makassar III

 

Sosialisasi Aplikasi SAKTI, Layanan Yuskanov19, dan Community Service Bagi Satker Mitra KPPN Makassar III

Sosialisasi Aplikasi SAKTI, Layanan Yuskanov19, dan Community Service bagi Satker KPPN Makassar II

 
Sosialisasi Aplikasi SAKTI, Layanan Yuskanov19, dan Community Service bagi Satker KPPN Makassar II

 

Pamflet Pencegahan Penyebaran Covid19 Community Service KPPN Makassar II

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search