Community Engagement

Community Engagement

1. Komunitas Pelangi Makassar

Peran aktif kerjasama KPPN Makassar II dengan Komunitas Pelangi Makassar berupa Knowledge Sharing peningkatan kapasitas SDM KPPN Makassar II di bidang literasi ( baca artikel di : Capacity Building KPPN Makassar II “Dengan Meningkatkan Literasi, Kembangkan Potensi Menuju Treasury yang Berintegritas dan Berkualitas” ). Serta peran aktif KPPN Makassar II untuk turut serta mendukung program Komunitas Anak Pelangi di Makassar. ( baca artikel di : Community Service KPPN Makassar II di Komunitas Anak pelangi, Lorong pelangi, dan Perpustakaan Lorong di Parang Tambung )


Komunitas Pelangi Makassar

 

Komunitas Pelangi Makassar Komunitas Pelangi Makassar
Komunitas Anak Pelangi Makassar Komunitas Anak Pelangi Makassar

Peringatan 10 Tahun Komunitas Anak Pelangi

Dalam rangka memperingat Hari Literasi Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September 2020 serta sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada Komunitas Anak Pelangi, KPPN Makassar II menayangkan hasil karya tulisan mereka di Microweb KPPN Makassar II. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan KPPN Makassar II untuk mendukung Pendidikan Literasi kepada generasi muda di Kota Makassar. 

Berikut salah satu hasil karya tulisan anggota Komunitas Anak Pelangi. Literasi Maju, Indonesia Maju.


Pengalaman yang Saya Rasakan Selama Masa Corona

 

Pengalaman saya selama masa corona adalah belajar dari rumah, dan pada saat masa corona kita dapat berkumpul dengan keluarga dan kita belajar online (daring) dirumah telah menjadi bagian dari New Normal. Dan kita sebagai warga Indonesia dalam menjalani kehidupan di tengah pandemi virus corona. Namun kendala infrastruktur dan teknologi membuat adanya kesenjangan pendidikan antar sekolah. 

Saya mengaku ada perbedaan besar dalam aktivitas keduanya saat belajar dirumah karena saya berada dirumah namun berbeda aktivitas, karena sekolah di Makassar tidak sama dengan sekolah swasta. Sekolah yang swasta lebih terorganisasi dan rapi, dan nanti kita diberikan lagi tugas setiap hari dan nanti hasilnya dikirim oleh melalui email atau classroom. Tapi tugas kakak saya dari sekolah tidak menentu dalam 1 minggu hanya ada 2 atau 3 tugas tambahannya. Di dekat rumah saya ada anak dari sekolah lain yaitu anak dari SMP 27 Makassar, dia berkata kepada saya dia lebih suka belajar di sekolah daripada di rumah karena seperti biasa di rumah bosan tidak ada teman. 

Sejak akhir Maret lalu, saya dan kakak saya yang duduk di kelas XI dan VIII belajar di rumah dengan menyaksikan tayangan TVRI. Sesuai instruksi dari sekolah saya dari SMP Negeri 18 Makassar melalui program TVRI bertajuk “Belajar dari Rumah” yang diluncurkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud). Murid-murid seperti Fildza dan Ayu bisa mendengarkan penjelasan tentang suatu topik.

Dan dengan kendala dan keterbatasan yang ada, dan tidak mengherankan jika para orang tua menemui banyak kendala dalam pelaksanaannya. Tengok saja, hampir sebagian besar lama sosial media mengunggah suka dan duka orang tua menjadi guru dadakan untuk membimbing anak-anaknya belajar di rumahnya masing-masing dan kendala karena kita harus membeli kuota untuk belajar

Meski begitu tidak sedikit juga mengalami beberapa kendala sepanjang menjadi pembimbing dan pelaksanaan belajar online di rumah mulai dari kendala eksternal maupun internal. 

Dan setelah kita selesai belajar online, setiap hari sabtu dan minggu saya pergi mengaji dan itu rutinitas sehari-hari kita. 

Dan selama saya tinggal dirumah, saya mendapatkan banyak manfaat yaitu saya dan keluarga bisa banyak waktu bersama, dan saya selama di rumah banyak mendapatkan pelajaran bermanfaat seperti belajar memasak dengan membantu mama di dapur dan membersihkan halaman rumah dan tidak lupa dengan sering juga mencuci tangan apabila selesai memegang sesuatu agar kita terbebas dari kuman atau bakteri.

Dan saya juga tidak lupa mengerjakan sholat 5 waktu dan terus berikhtiar kepada Allah. Memohon perlindungan Allah supaya corona ini cepat pergi dari dunia kita dan negara kita dan supaya kita dapat beraktifitas seperti biasanya lagi dan dapat berteman dengan teman-teman dan guru.

Dan setiap kita ingin keluar rumah, kita jangan lupa memakai masker dan menjaga jarak. Seperti minggu lalu, aku pergi ke sekolah untuk mengambil buku cetak di perpustakaan, dan selama saya dan teman saya berada dalam lingkungan sekolah, kita tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dan setelah saya kembali ke rumah saya tidak lupa mencuci kaki dan tangan. Saya menggunakan sabun agar tidak ada kuman yang menempel di tangan kita, dan selama kita masih dalam keadaan atau situasi corona kita harus tetap berjaga-jaga dan menjaga jarak, dan menjaga kesehatan dan harus memakan makanan yang bergizi, dan tidak juga sembarangan saat keluar rumah.

Dan keesokan harinya, saya melakukan pembelajaran online dan di bimbing oleh mama, dan kadang-kadang saya juga mengerjakannya sendiri karena mama saya harus berangkat kerja, untuk membantu bapak saya memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Harapan saya kedepannya, semoga corona cepat berlalu dan kami para pelajar bisa kembali bersekolah seperti biasanya.

 

Literasi Komunitas Anak Pelangi Makassar Literasi Komunitas Anak Pelangi Makassar Literasi Komunitas Anak Pelangi Makassar

 

Literasi Komunitas Anak Pelangi Makassar Literasi Komunitas Anak Pelangi Makassar

 


2. Merdeka Sinyal Merdeka Belajar MAN Insan Cendikia Gowa

KPPN Makassar II juga turut serta dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pendidikan di masyarakat. Hal tersebut dilaksanakan dengan menyediakan akses internet di lingkungan masyarakat sekitar MAN Insan Cendikia yang berada di kawasan perbukitan yang sebelumnya kesulitan akses internet. Kerjasama KPPN Makassar II, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dalam hal ini Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan sehingga MAN Insan Cendekia Gowa bisa memiliki akses internet. Tidak hanya berguna dalam upaya Implementasi SAKTI, tetapi juga berguna untuk kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar. (baca artikel di: Sosialisasi Aplikasi SAKTI, Layanan Yuskanov19, dan Community Service Bagi Satker Mitra KPPN Makassar II)


Merdeka Sinyal Merdeka Belajar Bantuan Transponder di MAN Insan Cendikia Gowa

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Makassar II
Jl Urip Sumohardjo KM 4 Makassar

Tel: 0411-457932 Fax: 0411-456958

IKUTI KAMI

Search