Berita

Seputar Kanwil DJPb

Pelaksanaan Penyerahan DIPA Petikan Tahun Anggaran 2020 di KPPN Malang

Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diawali dengan disahkannya dokumen pelaksanaan anggaran oleh Menteri Keuangan. Dokumen pelaksanaan anggaran atau dalam hal ini disebut dengan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) merupakan acuan serta dasar hukum pelaksanaan APBN yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga dan Bendahara Umum Negara. Penyerahan DIPA merupakan siklus akhir pada Tahap Penetapan APBN sekaligus merupakan siklus awal pada Tahap Pelaksanaan APBN.

Pada Rabu, 4 Desember 2019, bertempat di Aula Lantai II KPPN Malang, telah dilaksanakan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun Anggaran 2020 kepada Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Kementerian/Lembaga mitra kerja KPPN Malang yang mencakup 5 (lima) Kabupaten/Kota, yaitu wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Batu.

            Agenda Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jatim, Dedi Sopandi. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa untuk Tahun Anggaran 2020 alokasi dana untuk 5 Kabupaten/Kota yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Batu adalah sebesar Rp 8.933.572.623.000,- yang teralokasi dalam 163 DIPA Satuan Kerja K/L sebesar Rp 7.851.688.764.000, Dana Transfer ke Daerah sebesar Rp 300.466.177.000 dan Dana Desa sebesar Rp 781.417.688.000. Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jatim juga menyampaikan bahwa Provinsi Jawa Timur menempati urutan terbesar ke-3 dalam alokasi belanja negara setelah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat. Oleh karenanya, menunjukkan bahwa peran Jawa Timur menempati posisi yang sangat strategis serta mempengaruhi perekonomian di Indonesia secara keseluruhan.

             Sambutan  berikutnya disampaikan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Pada tahun 2020, wilayah Malang Raya, Kota Batu, Kota Pasuruan, serta Kabupaten Pasuruan memperoleh alokasi dana sebesar Rp 8,9 triliun yang akan digunakan untuk membiayai seluruh program pembangunan yang diharapkan telah diselaraskan dengan program ditingkat provinsi serta nasional. Diharapkan alokasi ini dapat digunakan secara efisien serta akuntabel. Sehingga seluruh program pembangunan dapat dilaksanakan dan membawa manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.”

            Dengan Tema “APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia”, pelaksanaan Penyerahan DIPA PetikanTahun Anggaran 2020 secara simbolis di KPPN Malang disampaikan langsung oleh Walikota Malang, Sutiaji, dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Dedi Sopandi, kepada10 (sepuluh) perwakilan satuan kerja Kementerian/Lembaga lingkup KPPN Malang. 10 (sepuluh) satuan kerja perwakilan tersebut adalah: Divif-2Kostrad,KejaksaanNegeri Kota Malang, PengadilanNegeriKabupaten Malang, Balai Diklat Keuangan Malang, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Malang, Politeknik Negeri Malang, RRI Malang, Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, dan Kantor Kementerian Agama Kota Malang.

           Pengesahan APBN TA 2020 dilaksanakan lebih  awal, sehingga Penyerahan DIPA juga dapat diserahkan lebih dini. Skenario ini didesain dengan harapan instrumen APBN akan menjadi stimulanguna mendorong belanja negara yang efektif, inklusif, terukur, dan memiliki dampakl angsung kepada masyarakat dan ekonomi, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

           “Pengesahan APBN tahun 2020 ini lebih cepat satu bulan dari jadwal sehingga penyerahan DIPA juga dapat diserahkan lebih awal. Hal ini tentu sangat baik karena satuan kerja pengelola dana APBN sudah dapat melaksanakan kegiatan lelang pengadaan barang dan jasa pemerintah jauh sebelum tahun anggaran dimulai” tutur Kepala Kanwi lDitjen Perbendaharaan Provinsi Jatim, Dedi Sopandi. Dengan dilaksanakannya kegiatan penyerahan DIPA yang lebih awal, satuan kerja Kementerian dan daerah dapat segera membuat perencanaan kegiatan,  sehingga dapat mengaplikasikan penyaluran dana tersebut dalam kegiatan tugas pokok fungsi satker.

               Rangkaian lain yang juga tidak kalah penting dalam agenda Pelaksanaan Penyerahan DIPA Petikan Tahun Anggaran 2020 di KPPN Malang adalah pemaparan terkait Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2020 yang disampaikan langsung oleh Kepala KPPN Malang, Teddy, sebagaimana amanat Surat Menteri Keuangan Nomor S-837/MK.05/2018 tanggal 22 Nopember 2019. Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran tersebut meliputi Percepatan Pelaksanaan Program/Kegiatan, Percepatan Proses Pengadaan Barang/Jasa, Peningkatan Kualitas Belanja, Penyesuaian Perencanaan dan Pelaksanaan Anggaran, Peningkatan Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan, Peningkatan Kepatuhanterhadap Regulasi, dan Peningkatan Efisiensi Pelaksanaan Kegiatan.

            Terakhir, selain agenda Penyerahan DIPA Petikan TA 2020 kepada Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Kementerian/Lembaga, dilaksanakan juga Penandatanganan Pakta Integritas antara KPA Satuan Kerja, Kepala KPPN Malang, dan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jatim dalam upaya menjaga komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan good government dan good governance dalam pelaksanaan APBN sekaligus dalam upaya mengawali Implementasi Zona Integritas Wilayah Bersih Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search