Berita

Seputar Kanwil DJPb

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah & Bengkulu Treasury Award 2019

Pada hari Selasa, 18 Juni 2019 diselenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah serta Bengkulu Treasury Award 2019 oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bengkulu. Acara ini mengambil tema Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah mengawal Fiskal Mandiri menuju Bengkulu Sejahtera.
 
Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Bengkulu Ismed Saputra dalam laporannya menyampaikan:
Perlunya sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mengelola dana yang dialokasikan di Provinsi Bengkulu agar dapat disalurkan dengan tepat dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat, serta cepat direalisasikan agar tidak mengendap di akhir tahun anggaran.
 
 
Direktur Pelaksanaan Anggaran dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, R. Wiwin Istanti dalam kesempatan yang sama menyampaikan perlunya satker segera menindaklanjuti persiapan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah, mengingat batas awal implementasinya tanggal 1 Juli. Untuk DAK Fisik dan Dana Desa batas-batas waktu dan persyaratan penyaluran harus diantisipasi dengan baik dengan tetap menjaga akuntabilitasnya.
 
 
Sementara itu dalam arahannya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Pimpinan Pemerintah Daerah dan Kepala Satuan Kerja dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehubungan dengan pengelolaan keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah.
 
 
Dana APBN harus digunakan dan dikelola daerah dengan tepat mengingat besarnya perhatian Pemerintah Pusat kepada daerah.
 
Disampaikan pula perlunya meningkatkan kualitas perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan belanja. Perlu komitmen tinggi dalam melanjutkan kebijakan efisiensi disertai upaya percepatan pelaksanaan dan penyerapan anggaran sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.
 
Dalam hal Pelaporan Keuangan, LKPD lingkup Provinsi Bengkulu semakin banyak ( meningkat 75% ) yang mendapatkan opini WTP. Hal ini menggambarkan semakin baiknya pengelolaan dan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran oleh pemerintah daerah.
 
Penghargaan terhadap kinerja instansi pemerintah pusat maupun daerah seperti Bengkulu Treasury Awards ini diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, kualitas pengelolaan keuangan, serta kualitas pelaporan pertanggungjawaban keuangan 
negara di masa yang akan datang.
 
 
Gubernur berharap melalui acara ini sinergi dan koordinasi yang telah terjalin secara aktif dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah dapat dipertahankan. Dihimbau juga agar anggaran digunakan dengan sebaik-baiknya. Semua pihak perlu bersama-sama melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan penggunaan anggaran dari pusat hingga ke daerah dan desa, terus memperbaiki sistem pengendalian internal serta menyediakan layanan pengaduan.
 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search