Berita

Seputar Kanwil DJPb

Implementasi SAKTI Web Full Modul

Implementasi SAKTI Web Full Modul

Apa itu SAKTI?

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan hingga Pertanggungjawaban Anggaran. Selain itu, SAKTI menerapkan konsep single database. Aplikasi SAKTI digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik.

Modul dalam aplikasi SAKTI

Berbagai modul yang ada di SAKTI: Modul Penganggaran, Modul Komitmen, Modul Pembayaran, Modul Bendahara, Modul Persediaan, Modul Aset Tetap, Modul Pelaporan dan Modul Administrator.

Fitur Unggulan Aplikasi SAKTI

  1. Integrasi Database
  2. Single Entry Point
    • Single Entry Point menjelaskan bahwa suatu transaksi cukup sekali diinput dan apabila dibutuhkan oleh modul terkait data tersebut akan di panggil tanpa harus dilakukan penginputan ulang oleh modul yang membutuhkan.
  3. Konsep MAKER, CHECKER, APPROVER
  4. Tracing Jurnal
    • Tracing Jurnal adalah Proses penelusuran dari jurnal ke sumber transaksi dengan double click jurnal terkait sehingga akan masuk dalam traksaksinya. (Contoh Proses Pembelian Aset)
  5. Penerapan ACL
    • Access Control List (ACL) adalah Pengelompokan Paket Menu berdasarkan kategori sehingga Administrator bisa menentukan menu transaksi ataupun izin akses menu transaksi tersebut apakah boleh rekam/ubah/hapus
  6. Penerapan Closing Period
    • Closing Period merupakan proses tutup buku saat periode transaksi dinyatakan berakhir. Pada saat Modul Akuntansi dan Pelaporan melakukan closing period maka modul lainnya secara otomatis melakukan tutup buku pada periode berkenaan
  7. Penerapan 14 Periode
    • Terdiri dari 12 periode normal, periode unaudited dan periode audited.

Tantangan Implementasi SAKTI Web Full Modul

  1. Pengembangan sistem
  2. Infrastruktur IT
  3. Kesiapan pengguna sistem

Sosialisasi Implementasi SAKTI Web Full Modul oleh KPPN Masohi 

Dalam rangka meningkatkan pemahaman calon pengguna/operator Satker terhadap perluasan Aplikasi SAKTI Web, KPPN Masohi telah melaksanakan Sosialisasi Aplikasi SAKTI Web Full Modul kepada seluruh satker mitra kerja KPPN Masohi pada hari Kamis, 18 Maret 2021 yang dimulai dari pukul 09.00 s.d. 11.00 WIT. Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah :

  1. Memberikan pemahaman dasar kepada Satker terhadap Aplikasi SAKTI Web Full Module.
  2. Memberikan penjelasan terkait fitur MonSAKTI terkait monitoring aplikasi SAKTI full module,
  3. Menginformasikan penggunaan OTP (One Time Password) sebagai pengganti PIN pada Aplikasi SAKTI Web,
  4. Menjelaskan timeline dalam persiapan implementasi roll out aplikasi SAKTI Web Full Module.

Untuk mencapai hasil yang maksimal yaitu mensukseskan implementasi SAKTI Web full module, KPPN masohi akan terus memberikan informasi terbaru dan melakukan pendampingan kepada seluruh satker mitra kerja KPPN Masohi.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search